Review Apartemen Casablanca East Residences, Jakarta Timur

  • Boy Leonard
  • 6 November 2019

Binakarya Agung Propertindo merupakan pengembang yang berpengalaman selama 15 tahun dalam membangun property di Indonesia. Secara keseluruhan property yang dibangun sudah tersebar di kawasan Jabodetabek, Bandung dan juga Bali.

Kini PT. Binakarya Agung Propertindo membangun kembali hunian vertikal yang bertajuk Casablanca East Residence. Hunian ini berada di lokasi strategis yang terletak dijalan Pahlawan Revolusi, Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Nama proyek: Casablanca East Residences

Alamat: Jl. Pahlawan Revolusi No. 2 Pondok Bambu, Jakarta Timur

Tipe: Apartemen

Luas: 2,2 Ha2

Jumlah: 1.078 unit

Tipe unit

  • Studio. Full furnish. Luas 22,54 Harga Rp523 Juta
  • 2 Bedrooms. Tanpa furnish. Luas 42 Harga Rp726 Juta
  • Tipe 2+1 Tanpa furnish. Luas 58m2. Harga Rp986 Juta

Spesifikasi Teknis

  • Lantai: Keramik 60x60cm (ruang utama), keramik 40x40cm (kamar mandi)
  • Dinding: Plaster atau paint wall (ruang utama), keramik 40x40cm (kamar mandi)
  • Ceiling: Paint gypsum board (ruang utama), water resistant ceiling board (kamar mandi)
  • Pintu: Solid frama + architrave, engineering
  • Jendela: Alumunium + kaca
  • Sanitair: Toilet, washtafel, shower TOTO atau setara

Analisis

Ulasan Properti Casablanca East Residences, Jakarta Timur

Tampak area Casablanca East Residences, yang sedikit menjorok ke dalam dari pinggir jalan Pahlawan Revolusi.

Kawasan Jakarta Timur ini masih minim pasokan hunian vertikal dibandingkan dengan kawasan Jakarta lainnya, padahal tingkat kebutuhan di disini cukup tinggi. Inilah yang menjadi alasan Bina Karya Group membangun Casablanca East Residences dikawasan ini.

Hunian dengan harga yang masih terjangkau, serta cukup lengkapnya fasilitas menjadi keunggulan tersendiri bagi Casablanca East Residences. Lokasi hunian ini awalnya adalah pabrik handuk, tetapi oleh Bina Karya Group lahan ini dibeli untuk dibangunn hunian vertikal.

Pada grand launching tahun 2015 lalu, untuk tipe 2 kamar dengan luas 42m2 dibandrol dengan harga sekitar Rp500 jutaan. Sekarang harga unit tersebut sudah naik menjadi Rp726 juta dalam kurun waktu selama 4 tahun. Capital gain hunian ini selama 4 tahun adalah kurang lebih 50%, atau rata-rata pertahunnya adalah kurang lebih 12,5%.

Kenaikan harga nilai investasi hunian ini cukup tinggi, mengingat lokasinya yang berada di kawasan cukup strategis Jakarta Timur. Dikelilingi oleh berbagai fasilitas umum, baik pusat perbelanjaan hingga dikelilingi oleh beberapa perguruan tinggi.

Menurut pengembang, hunian ini cukup potensil untuk disewakan. Untuk harga sewa unit dengan tipe 2 kamar menurut mengembang dibandrol dengan harga Rp4-5 juta perbulannya tergantung furnish yang disediakan.

Pihak pengembang membidik pasar kalangan menengah yang beraktifitas dikawasan bisnis Jakarta Selatan dan Jakarta Timur yang menginginkan hunian dengan harga terjangkau. Selain lokasinya yang cukup strategis, kawasan ini juga dilalui oleh tol Becakayu, sehingga makin memudahkan mobilitas penghuninya untuk beraktivitas.

 

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Ulasan Properti Casablanca East Residences, Jakarta Timur

Gerbang masuk apartemen Casablanca East Residences.

Berdiri diatas lahan seluas luas 2,2 ha2, Casablanca East Residences berada tepat dijalan Pahlawan Revolusi No. 2 Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Pembangunan Casablanca East Residences dimulai sejak tahun 2015 lalu. Sebanyak 4 tower yang dibangun, termasuk salah salah satunya adalah tower bersubsidi. Untuk ketiga tower nonsubsidi diberi nama tower Dallas, Casablanca, dan La Primera.

Kendati tower subsidi dibangun di lahan yang sama, tetapi untuk fasilitasnya dan pintu masuk tower subsidi terpisah dengan ketiga tower nonsubsidi.

Ketiga tower Dallas, Casablanca, dan La Primera ini dibangun dan dipasarkan sebanyak 1.078 unit, dengan ketinggian 18 lantai masing-masing towernya. Saat ini untuk tower Dallas dan Casablanca sudah rampung dan sudah dihuni.

Untuk tower La Primera awalnya dibangun untuk hotel. Tetapi pihak pengembang tidak mengantongi izin tersebut, akhirnya tower terakhir ini dijual untuk umum dengan fasilitas full furnish dengan desain hotel.

Ulasan Properti Casablanca East Residences, Jakarta Timur

Kiri : Lobi tower La Primera. Kanan: Design lorong dengan ukuran yang tidak terlalu lebar.

Untuk tower Dallas dan Casablanca, tersedia unit ready stock, bahkan sebagian besar sudah banyak dihuni. Sementara itu, tower terakhir, La Primera, pengerjaanya masih dalam tahap finishing, pihak pengembang menargetkan akan selesai dan siap huni pada 2020 mendatang.

Dari segi interior, kualitas bangunan sesuai dengan harga yang dipasarkan. Untuk tinggi langit-langit sekitar 2 meter. Sementara fasilitas yang disediakan adalah satu kolam renang dengan ukuran sedang. Sementara itu, slot parkir yang tersedia adalah 1:5, artinya ada satu slot parkir untuk setiap 5 unit.

Casablanca East Residences sendiri berstatus strata title, di mana tanah di mana apartemen berdiri menjadi hak milik bersama para pemilik unit yang dibagi secara proporsional.

Ulasan Properti Casablanca East Residences, Jakarta Timur

Dari pintu masuk terlihat layout contoh unit dengan tipe studio full furnish, luas 22,54m2.

Layout studio yang diaplikasikan pada unit ini cukup generik. Melewati pintu masuk, Anda akan menjumpai kamar mandi. Sederet dengan kamar mandi terdapat kitchen set satu tungku dengan lebar sekitar 1,5 meter.

Kamar mandi tidak terlalu besar namun memiliki layout yang cukup nyaman. Di sini terdapat washtafel, shower, dan closet duduk.

Ulasan Properti Casablanca East Residences, Jakarta Timur

Setelah melewati pintu masuk, di sebelah kiri terdapat kamar mandi.

Ulasan Properti Casablanca East Residences, Jakarta Timur

Setelah melewati kamar mandi dan area dapur, terdapat tempat tidur dengan ukaran besar. Serta tv yang di letakan didepannya dan persis menempel didinding untuk menghemat ruangan.

Di tipe studio ini, Anda masih bisa menempatkan lemari pakaian berukuran sedang serta nakas untuk menyimpan pakaian dan peralatan lainnya. Layout tipe studio ini hampir sama dengan layout kamar hotel.

Jika Anda menginginkan unit yang lebih besar, tak ada salahnya melirik tipe dua kamar tidur. Tipe ini memiliki akses menuju balkon dengan pintu kaca, sehingga menimbulkan kesan ruangan yang lebih lapang sekaligus memperlancar sirkulasi udara.

Ulasan Properti Casablanca East Residences, Jakarta Timur

Dari pintu masuk terlihat layout tipe unit dengan 2 kamar yang luasnya 42m2. Terlihat ruang utama dengan area dapur ukuran sedang.

Memasuki tipe dua kamar tidur, Anda akan tiba di ruang tengah dengan area dapur. Counter top yang tersedia cukup untuk memuat satu sink dan kompor satu tungku. Di belakang area dapur ini terdapat kamar mandi.

Ulasan Properti Casablanca East Residences, Jakarta Timur

Setelah melewati pintu masuk, sebelah kanan terdapat 2 kamar tidur dengan ukuran sedang.

Tipe dua kamar tidur layak dipertimbangkan bagi Anda yang telah berkeluarga dan mencari hunian dengan harga yang relatif terjangkau, dengan akses baik di Jakarta.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Ulasan Properti Casablanca East Residences, Jakarta Timur

Pembangunan infrastruktur dan sarana transportasi umum baru membuat Jakarta Timur makin dilirik pengembang hunian.

Jalan Pahlawan Revolusi, kelurahan Pondok Bambu, berada di wilayah kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur. Keluarahan ini berbatasan dengan Keluarahan Klender di sebelah utara, Keluarahan Cipinang Muara di sebelah barat, dan Keluarahan Cipinang Melayu di sebelah selatan.

Pondok Bambu ini merupakan sebuah perkampungan yang sangat ramai di wilayah Jakarta Timur. Dulu, kawasan ini adalah perkebunan yang banyak ditumbuhi pohon bambu, maka tak heran kawasan ini di beri nama Pondok Bambu.

Kawasan ini sangat ramai, seolah jalannya tak pernah mati selama 24 jam. Meski jalan raya ini terbilang kecil, tetapi hiruk pikuk kendaraan tak pernah surut. Mulai dari angkot (angkotan kota), kendaraan pribadi, hingga kendaraan truk bermuatan besar selalu melintas di jalan ini. Maka tak heran, kawasan ini merupakan kawasan paling padat dan ramai di antara kawasan Jakarta Timur.

Pembangunan sarana transportasi umum Lintas Raya Terpadu (LRT), transportasi komuter yang menghubungkan sejumlah kawasan di Bekasi dan Jakarta Timur, membuat pamor Jakarta Timur makin cemerlang. Kehadiran tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu mengurangi beban transportasi di ruas-ruas jalan antaranya, sehingga mengurangi kemacetan di wilayah antara Bekasi hingga Kampung Melayu.

Menuju Lokasi

Ulasan Properti Casablanca East Residences, Jakarta Timur

Casablanca East Residences terletak di jalur strategis, di antara Bekasi dan pusat bisnis Jakarta. Gambar: Google.

Casablanca East Residences mudah dijangkau, baik dari Kota Bekasi maupun dari kawasan bisnis di Jakarta, terutama Sudirman-Thamrin dan Mega Kuningan.

Jika menggunakan kendaraan pribadi dari arah Thamrin, bisa melalui jalan DR Satrio hingga jalan Casblanca, lurus terus ambil jalur fly over Kampung Melayu. Setelah itu, ambil jalur bawah ke kiri, jalan Klender atau Pulo Gadung. Sampai di sini, Anda telah memasuki jalan Pahlawan Revolusi tepat dimana Casablanca East Residences berada.

Kawasan ini sangat padat dilintasi oleh kendaraan, kemacetan terjadi pada jam-jam sibuk. Dari jalan Pahlawan Revolusi ini tidak sulit untuk menemukan Casablanca East Residences, karena berada tepat dipingir jalan raya.

Jika menggunakan alternatif transportasi umum, Kereta Api Commuterline (kereta api) merupakan pilihan yang tepat. Turun di stasiun Klender (kereta tujuan Bekasi). Lokasi stasiun Klender menuju ke Casablanca East Residences jaraknya hanya 1,8km atau 7 menit dengan ojek.

Ulasan Properti Casablanca East Residences, Jakarta Timur

Suasana jalan Pahlawan Revolusi yang cukup padat pada siang hari.

 

Fasilitas Sekitar

Duren Sawit merupakan kawasan hunian sejak dulu. Karenanya, berbagai fasilitas umum mudah di jumpai. Mulai dari fasilitas kesehatan, pusat perbelanjaan, hingga di sekolah dan perguruan tinggi.

Berikut beberapa fasilitas kesehatan yang berada cukup terjangkau dengan hunian, yakni :

  • RS Bunda Aliyah Pediatrics and Women (1,4km atau 5 menit berkendara)
  • Puskesmas Pondok Bambu (2,5km atau 8 menit berkendara)
  • RS Yadika Pondok Bambu (2km atau 6 menit berkendara)
  • Duren Sawit Hospital (2,6km atau 7 menit berkendara)
  • Sam Marie Basra Clinik (6km atau 13 menit berkendara)

RSIA Bunda Aliyah merupakan rumah sakit yang lokasinya paling dekat dengan hunian. RSIA Bunda Aliyah merupakan rumah sakit khusus ibu dan anak tipe B, yang berada dalam badan hukum PT. INsani Graha Medika.

Dibangun sejak tahun 2004 lalu, dan pertama kali mulai mengadakan kegiatan kesehatan sejak tahun 2008 lalu. Berbagai fasilitas yang tersedia, mulai dari NICU, rawat jalan, rawat inap, laboratorium, radiologi, IGD dan lainnya.

Salah satu keunggulan bagi kawasan ini adalah dikelilingi oleh berbagai sekolah mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Lokasinya pun sangat mudah dijangkau. Berikut pilihan sekolah yang bisa menjadi refrensi.

Baru-baru ini Pemerintah memberlakukan sistem zonasi sekolah, sehingga murid-murid hanya bisa bersekolah di zona yang sesuai tempat tinggalnya. Hal positif dari kebijakan ini adalah sekolah-sekolah unggulan kini hanya diperebutkan oleh murid-murid yang berada di zona yang sama. Sementara murid lain, terlepas dari prestasinya di jenjang sebelumnya, tidak boleh lagi mendaftar ke sekolah unggulan yang berada di luar zonanya.

Beruntung jika Anda tinggal di Casablanca East Residence. Ada beberapa sekolah unggulan yang berada dekat dengan lokasi. Untuk jenjang SMP, misalnya, ada SMPN 255. SMP negeri terbaik di Jakarta Timur ini berjarak hanya 4km dari apartemen.

Untuk SMA negeri, ada SMAN 81  dan SMAN 61, sekolah unggulan di Jakarta Timur, yang jaraknya tak sampai 5km dari lokasi apartemen.

Tingkat Sekolah Dasar

  • SDN Pondok Bambu 13 Pagi (1,1km atau 4 menit berkendara)
  • SDN Pondok Bambu 02 Pagi (1,5km atau 5 menit berkendara)
  • Nurul Iman Islamic Primary School (2,9km atau 9 7 menit berkendara)
  • SDK 4 Penabur (3,2km atau 9 menit berkendara)

Tingkat Sekolah Menengah Pertama

  • SMP Perguruan Rakyat 3 (900m, 3 menit berkendara atau 12 menit berjalana kaki)
  • SMPN 117 Jakarta (2,3km atau 7 menit berkendara)
  • SMPN 51 Jakarta (2,6km atau 7 menit berkendara)
  • SMPN 255 Jakarta (4km atau 12 menit berkendara)

Tingkat Sekolah Menengah Atas

  • SMA St. Alexius (700m, 4 menit berkendara atau 11 menit berjalan kaki)
  • SMA Pusako (1,5km atau 5 menit berkendara)
  • SMAN 61 Jakarta (2,3km atau 8 menit berkendara)
  • SMAN 81 Jakarta (4,6km atau 15 menit berkendara)

Tingkat Perguruan Tinggi

  • Akademi Administrasi Keuangan Jakarta (1,7km atau 5 menit berkendara)
  • Universitas Kristen Indonesia (7,5km atau 14 menit berkendara)

Untuk berbelanja kebutuhan rumah tangga, swalayan dengan pilihan yang beragam dapat Anda kunjungi. Bahkan salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jakarta pun, bisa Anda kunjungi dengan jarak tak lebih dari 10km

  • Tip top Pondok Bambu (2,9km atau 8 menit berkendara)
  • Pasar Jatinegara (7,1km atau 18 menit berkendara)
  • Pusat Grosir Cililitan (8,5km atau 17 menit berkendara)
  • Mall Kota Kasablanka (9,6km atau 23 menit berkendara)

Ulasan Properti Casablanca East Residences, Jakarta Timur

Kota Kasablanka adalah salah satu mal terlengkap di Jakarta. Begitu luasnya, mal ini menampung tenant dari berbagai segmen, mulai kelas menengah hingga menengah atas.

Untuk berbelanja yang super lengkap, mall Kota Kasablanka bisa jadi pilihan yang cocok. Atau disingkat Kokas yang berdiri sejak tahun 2012 ini merupakan salah satu mall mewah yang cukup digemari.

Menjelajahi tiap-tiap lantai di Kokas, dapat ditemui berbagai shopping tenant, restoran dan kafe yang menawarkan variasi harga untuk kalangan menengah hingga atas. Tersedia juga beragam fasilitas-fasilitas hiburan, tempat makan, dari tempat nonton (bisokop XXI) , pusat olahraga, hingga hiburan anak-anak.

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Sebelum membeli apartemen, ada beberapa pertimbangan yang harus Anda pikirkan. Apa saja? Simak tipsnya berikut ini!

Selama ini kawasan Jakarta Timur memang sempat dianggap kurang prospektif untuk wilayah pemukiman. Hal ini disebabkan daerah Jakarata Timur sudah di persepsikan sebagai kawasan Industri.

Casablanca East Residences yang berada kawasan paling ramai Jakarta Timur ternyata merupakan hunian vertikal yang cukup menjadi incaran para pembeli kelas menengah. Harganya yang masih terjangkau, serta lokasi yang cukup dekat dengan pusat bisnis CBD (Central Business District) selatan kota Jakarta menjadi keunggulan tersendiri.

Maraknya pembangunan dikawasan ini tak lepas dari makin meningkatnya infratrusktur terkait transportasi. Maka tak heran, kawasan Jakarta Timur sekarang makin berkembang, terbukti dengan banyaknya pembangunan hunian vertikal maupun rumah tapak.

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan