Review Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan

  • Boy Leonard
  • 7 Desember 2022

Vertihome Serpong dikembangkan oleh pengembang perumahan berskala kecil. Beberapa proyek yang tengah dibangun oleh pengambang ini  yang berada dikawasan penyangga Jakarta, seperti Depok dan Tangerang. Vertihome Serpong yang kini tengah dipasarkan berada di kawasan Tangerang Selatan.

Nama proyek: Vertihome Serpong

Alamat: Jl. H. Nilan No.74-126, Serpong, Kec. Serpong, Kota Tangerang Selatan

Tipe: Rumah

Luas: 1.600m2

Jumlah: 30 unit

Tipe unit:

Tipe

Luas tanah/bangunan (m2)

Harga (mulai dari)

Amarilis

40m2/47m2

Rp576 juta

Ashoka

32m2/ 45m2

Rp450 juta

 

Spesifikasi Teknis

Struktur

Beton bertulang

Pondasi

Cakar ayam

Dinding

Hebel, plaster, aci dan cat

Atap

Baja ringan, alumunium foil, atap bitumen onduline

Plafond

Gypsum

Pintu & jendela

Alumunium tampak luar, panel (pintu utama), double triplek (pintu kamar)

Lantai

Granit 60 x 60 cm

Sanitasi

Kloster duduk dan shower

Air

Semi jetpump

Listrik

1300 watt

Analisis

Ulasan Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan - 13

Desain atap flat roof seolah seperti tanpa genteng menandai tren rumah minimalis masa kini.

Serpong dikenal dengan kawasan premium yang telah mapan dan tertata rapi. Berbagai fasilitas yang mengelilingi kawasan ini membuat penghuni disekitar dapat dengan mudah beraktifitas. Harga hunian di kawasan terpadu ini terbilang tinggi. Di kawasan hunian terpadu, harga hunian bisa mencapai Rp20 juta per meter persegi.

Dengan stok lahan yang semakin langka dan menyesuaikan daya beli pasar, sejumlah pengembang berskala kecil membangun hunian berkonsep kompak dengan harga terjangkau. Salah satunya adalah hunian Vertihome Serpong.

Ulasan Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan - 04

Ada beragam pilihan hunian dengan harga di bawah Rp500 juta di Serpong. Temukan yang terbaik untuk Anda hanya di Rumah.com.

Rumah yang dibandol dengan harga mulai dari Rp450 jutaan ditawarkan dengan luas tanah mulai 32 meter persegi dan luas bangunan 45 meter persegi. Secara kasar, harga unitnya berada pada kisaran Rp12 juta per meter persegi. Masih lebih terjangkau ketimbang hunian di kawasan terpadu.

Kelebihannya, karena dekat dengan kawasan terpadu, Anda tidak akan kesulitan mendapatkan fasilitas umum berkualitas dalam jarak dekat, mulai dari pusat perbelanjaan, kesehatan, hingga pendidikan anak.

Data Rumah.com Property Market Index menunjukkan bahwa harga rumah di Serpong mengalami kenaikan antara 10-20% per tahun. Ini bisa menjadi pertimbangan Anda dalam mengambil keputusan, terutama jika Anda menginginkan hunian di kawasan Serpong namun dengan anggaran terbatas.

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Ulasan Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan - 06

Rumah contoh Vertihome Serpong dengan desain compact house.

Vertihome Serpong merupakan rumah terjangkau yang cocok dihuni oleh keluarga muda atau kaum milenial. Berdiri di atas lahan seluas 1.600m2, di dalamnya akan terdapat kurang lebih 30 unit rumah.

Konsep hunian Vertihome Serpong mengusung desain compact house atau rumah kompak, dengan luas tanah di bawah 50m2. Konsep rumah seperti ini sudah mulai banyak dijumpai terutama di kota-kota besar yang lahannya mulai terbatas. Desain rumah mungil yang minimalis ini menjadi solusi di tengah mahalnya harga tanah dan minimnya stock lahan.

Desain compact house  menjadi salah satu konsep yang tengah digandrungi oleh kaum muda dan generasi mellinial. Pasalnya harga rumah dengan desain minimalis ini rata-rata dibandol dengan harga yang masih sangat terjangkau.

Ulasan Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan - 07

Pintu Gerbang utama Vertihome Serpong yang telah selesai dibangun.

Saat artikel ini dibuat (November 2022), perkembangan Vertihome Serpong sudah dalam tahap pengembangan lahan dan infrastruktur, seperti perataan jalan, kavling, gerbang perumahan, dan rumah contoh.

Rumah ini dipasarkan dengan cara inden sehingga unit-unitnya baru akan dibangun setelah terjadi akad jual beli.

Ulasan Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan - 08

Lahan proyek klaster Vertihome Serpong dalam tahap pengembangan.

Ulasan Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan - 09

Kondisi lingkungan di depan perumahan Vertihome Serpong.

 Rumah Vertihome di bangun dengan desain yang tegas, layaknya hunian compact house pada umumnya.  Fasad depan yang dibangun seperti kotak atau kubus, dengan atap datar seperti tanpa genteng. Pintu yang berwarna coklat muda dengan corak garis-garis putih, membuat tampilan fasad depan rumah menjadi lebih menarik dan estetik.

Rumah compact memang dikenal dengan minimnya ornament. Konsep pembangunannya lebih memaksimalkan ketinggian atau vertikal. Seperti rumah Vertihome Serpong memiliki bangunan yang mengedepankan fungsional.

Ulasan Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan - 10

Unit contoh tipe Amarilis. Luas tanah 40m2. Luas bangunan 47m2.

Bangunan Vertihome Serpong yang modern dan minimalis memiliki jendela kaca disetiap lantainya. Fasad lantai dua didominasi oleh jendela kaca, menjaga asupan cahaya alami di siang hari sehingga menghemat penggunaan listrik.

Vertihome Serpong dengan bangunan rumah berbentuk ramping setinggi dua lantai menawarakan dua tipe, yakni Amarilis dengan luas tanah/bangunan 40m2/47m2 yang memiliki 3 kamr tidru dan 2 kamar mandi. Sedangkan tipe Ashoka dengan luas tanah/bangunan 32m2/45m, memiliki 2 kamar tidur dan 1 kamar mandi.

Ulasan Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan - 11

Denah masing-masing tipe dan spesifikasi unit.

Ulasan Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan - 12

Dari denah perumahan di atas, pengembang tampak mengoptimalkan lahan untuk unit rumah.

Pada Layout lantai satu, terdiri dari ruang tengah, area dapur, serta akses ruang belakang yang masih memiliki kelebihan tanah dengan ukuran sangat kecil. Dan untuk layout lantai dua, terdapat  kamar tidur dan kamar mandi.

Sementara itu, jika melihat denah perumahannya, tampaknya pengembang tidak mengalokasikan lahan untuk fasilitas warga seperti taman bermain anak atau taman hijau kecuali di gerbang masuk perumahan.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Ulasan Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan - 01

Hingga kini, orang masih menjadikan Serpong sebagai salah satu kawasan hunian favorit di sekitar Selatan Jakarta.

Kawasan Serpong, khususnya Bumi Serpong Damai (BSD) awalnya dikembang oleh Ciputra, sebelum dilepas ke Sinar Mas Land. Dulu, orang enggan bermukim di Serpong karena dianggap terlalu jauh dari Jakarta. Seiring dengan menipisnya stok lahan di wilayah Ibu Kota, kini Serpong menjelma menjadi salah satu kawasan hunian premium di Tangerang Selatan.

Sejak dibukanya akses tol BSD, perkembangan kawasan ini semakin pesat. Serpong menjadi salah satu lokasi hunian favorit bagi mereka yang bekerja di sekitar selatan Jakarta. Keberadaan kawasan hunian terpadu berskala raksasa di Serpong dan sekitarnya, seperti BSD City dan Bintaro Jaya, membuat penghuni disekitar kawasan tak akan kesulitan menemukan beragam fasilitas umum dan komersial lainnya.

Lengkapnya berbagai fasilitas ini tidak hanya dinikmati oleh para penghuni kawasan terpadu, namun juga bagi penghuni di sekitarnya, termasuk bagi penghuni rumah Vertihome Serpong ini.

Menuju Lokasi

Ulasan Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan - 02

Jarak Vertihome Serpong hanya 5km dari pintu tol Jakarta-Serpong. Gambar: Google.

Jika mengggunakan kendaraan pribadi, bisa memilih jalur JORR dan menyambung ke arah Jakarta-Serpong. Ambil pintu keluar Pamulang-Ciptutat. Dari keluar pintu tol ini kira-kira jarak 5km menuju ke Vertihome Serpong.

Dari pintu keluar tol ini, arah kendaraan menuju ke jalan Boulevard BSD, hingga ke jalan Raya Serpong. Akses menuju ke Vertihome cukup macet, pasalnya kawasan perumahan ini melewati rel kereta stasiun Serpong dan pasar Serpong. Kedua jalan ini cukup ramai dan semrawut, sehingga kerap terjadi kemacetan.

Ulasan Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan - 03

 Kondisi lalu lintas menuju ke Vertihome Serpong melewati rel kereta, di sini kerap macet.

Jarak rumah Vertihome dari jalan raya sekitar 800 meter. Namun, Anda harus bersabar karena jalan akses ini agak sempit, sehingga Anda harus memelankan laju kendaraan saat berpapasan dengan mobil lain.

Untuk transportasi publik, kereta rel listrik jalur komuter (KRL commuter line) bisa menjadi pilihan. Lokasi Vertihome hanya sekitar 2,1km dari Stasiun Serpong. Menggunakan transportasi publik seperti Kereta Commuter Line (KRL) ini dapat memudahkan mobilitas penghuni jika hendak menuju ke Jabodetabek. 

Fasilitas Sekitar

Ulasan Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan - 04

Ada beragam pilihan hunian dengan harga di bawah Rp500 juta di Serpong. Temukan yang terbaik untuk Anda hanya di Rumah.com.

Vertihome berada di kawasan Serpong yang telah mapan. Dengan beragam fasilitas yang hadir, penghuni di sekitar kawasan dapat dengan mudah mengunjungi fasilitas yang diinginkan.

Jika ingin berbelanja kebutuhan, di sekitar vertihome Serpong terdapat pasar traditional yang lokasinya sangat terjangkau. Atau dapat mengunjungi mal-mal megah lainnya.

  • Pasar Serpong (jarak 2,2km atau 4 menit berkendara)
  • Mall Paradise Walk Serpong (jarak 6,2km atau 17 menit berkendara)
  • ITC BSD (jarak 6,9km atau 16 menit berkendara)
  • Pasar Modern BSD City (jarak 7,1km atau 18 menit berkendara)
  • AEON Mall BSD (jarak 7,6km atau 17 menit berkendara)

Pasar Serpong lokasinya paling dekat dri rumah Vertihome. Merupakan pasar traditional pada umumnya. Menjual segala kebutuhan rumah tangga, baik perkakas dapur, sayur mayur, ikan, daging dan kebuthannya dapur lainnya. Sayangnya aktivitas jual-beli berlangsung hingga memakan badan jalan, membuat pasar ini semrawut dan membuat jalanan menjadi macet.

Ulasan Properti Vertihome Serpong, Tangerang Selatan - 05

AEON Mall yang menghadirkan nuansa dengan konsep Jepang.

Jika ingin jalan-jalan dan menghabiskan waktu di mall, pilihan terbaik adalah AEON Mall. Mall yang mengusung konsep tema Jepang, sesuai dengan asal pengembangnya. Pengunjung disuguhkan ratusan tenant dengan pilihan yang lengkap.

Mulai dari produk fashion serta pusat kuliner yang memanjakan hasrat berbelanja. Seperti Mulai Nike, Urban Icon, Best Denki, Daiso, JYSK, Miuji serta Starbucks, Pizza Express, Pop Chop, Shihlin, dan Tokugawa dan lainnya. Bagi pengunjung yang ingin menikmati biskop, terdapat pula Cinema XXI yang memiliki fasilitas Premiere.

Untuk urusan kesehatan, tak perlu khawatir. Di kawasan ini beragam rumah sakit yang relatif mudah dijangkau, di antarannya:

  • Rumah Sakit Hermina Serpong (jarak 4,8km atau 13 menit berkendara)
  • Eka Hospital BSD (jarak 7,1km atau 16 menit berkendara)
  • Rumah Sakit Permata Bunda Dalima (jarak 7,2km atau 16 menit berkendara)
  • Rumah Sakit selaras (jarak 9km atau 21 menit berkendara)
  • Rumah Sakit Medika BSD (jarak 10km atau 20 menit berkendara)

Rumah sakit Hermina Serpong merupakan rumah sakit tipe C, yang memiliki kapasitas 50 tempat tidur. Memberikan layanan medis seperti, klinik tumbuh kembang, gigi spesialistik, PICU, ICU/ NICU, dan lainnya.

Jika lebih memilih rumah sakit dengan standar Nasional dan International,  Eka Hospital bisa menjadi rujukan. Demi kenyamanan pasiennya, serta untuk mengurangi kemungkinan berjangkitnya infeksi dalam rumah sakit, Eka Hospital memiliki ketentuan sendiri. Yakni satu pasien satu kamar, peraturan ini berlaku mulai dari kelas yang terendah.

Untuk masalah pendidikan sekolah anak, disekitar kawasan ini terdapat beberapa pilihan sekolah mulai dari sekolah tinggat nasional hingga tingkat international yang ternama.

  • Global Islamic School (jarak 5,5km atau 15 menit berkendara)
  • Stella Maris School (jarak 5,3km atau 13 menit berkendara)
  • Santa Ursula School (jarak 6,8km atau 17 menit berkendara)
  • SMP Islam Insan Mulia Serpong (jarak 950m atau 10 menit berjalan kaki)
  • SMP Islam Al-Azhar 25 (jarak 6,3km atau 17 menit berkendara)
  • MAN Insan Cendrkia Serpong (jarak 3km atau 8 menit berkendara)
  • SMK 3 Tangerang Selatan (jarak 6,2km atau 15 menit berkendara)
  • Sinarmas World Academy (jarak 4,4km atau 12 menit berkendara)
  • Unika Atma Jaya Kampus 3 (jarak 4,5km atau 12 menit berkendara)
Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Rumah berukuran kecil menuntut penghuninya untuk pandai memanfaatkan ruangan. Perabotan minimalis jadi solusinya.

 

Vertihome Serpong menawarkan kesempatan untuk memiliki hunian di kawasan Serpong dengan harga yang relatif terjangkau. Perumahan ini menawarkan unit kompak dua lantai dengan luas tanah mulai dari 32m2 dan luas bangunan mulai dari 45m2.

Kawasan Serpong menjadi salah satu kawasan bergengsi di wilayah Tangerang Selatan. Keberadaan BSD City membuat kawasan Serpong memiliki ligkungan yang tertata rapi. Kawasannya yang telah mapan, dilengkapi dengan beragam fasilitas umum yang mudah ditemui.

Rumah terjangkau yang membidik kaum milenial ini dibandrol dengan harga Rp400 jutaan saja. Dengan cicilan sekitar Rp2 jutaan perbulannya, Anda dapat memiliki rumah minimalis yang lokasinya cukup terjangkau dari stasiun KRL Serpong.

Tertarik membaca review lain di Tangerang? Lihat pilihannya di sini!

Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan seputar membeli rumah, temukan jawabannya di Panduan Rumah.com. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Tanya Properti.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan