Safira Town House, Sukoharjo, Jawa Tengah

  • Isnaini Khoirunisa
  • 27 Januari 2016

Griya Bambu Kuning adalah pengembang yang berdiri sejak tahun 1994. Dengan skala pembangunan di area Sukoharjo, hingga kini sudah ada 11 kompleks perumahan dengan total hunian lebih dari 650 rumah. Selain itu, sebagai bukti eksistensi developer terpecaya, Griya Bambu Kuning telah bergabung dengan Asosiasi Properti REI –Real Estate Indonesia dengan nomor keanggotaan 02.00545.

Alamat: Jalan Mangesti Raya, Mayang Gatak (area Gentan), Sukoharjo, Jawa Tengah

Tipe: Rumah

TIPE UNIT

Type 50 Luas tanah: 133 m2 Luas bangunan: 50 m2

Harga: Rp570 juta

Type 60 Luas tanah: 133 m2 Luas bangunan: 60 m2

Harga: Rp600 juta

Type 70 Luas tanah: 171 m2 Luas bangunan: 70 m2

Harga: Rp878,5 juta

SPESIFIKASI BANGUNAN

Struktur Bangunan: Beton bertulang
Pondasi: Foot plate
Plafon: Gypsum
Dinding: Pasangan Batu Bata Merah di plester, di aci dan di cat
Atap: Rangka atap baja ringan
Penutup atap: Genteng beton berwarna
Genteng: Pres beton
Kusen: Kayu Jati
Pintu: Kayu jati kombinasi
Lantai: Keramik 40 x 40 (utama)
Keramik 20 x 20 (lantai kamar mandi/ 20 x 25 dinding kamar mandi)
Sanitair:  Monoblock
Kaca: Clear
Carport:  Rabat beton
Air Bersih:  Sumur bor
Listrik : PLN 1300 Watt

 

Analisis

Pasar rumah satu lantai di Solo Raya masih cukup ramai dan menjanjikan untuk investasi. Salah satunya bisa ditemukan di kawasan Gentan Sukoharjo. Ragam developer melirik Gentan karena prospeknya yang strategis di masa depan.

Sebut saja pelebaran jalan yang akan dilakukan sepanjang jalan Mangesti Raya. Selain itu kawasan ini juga dekat dengan beberapa pusat perbelanjaan di kawasan Solo Raya. Dengan harga tanah di kisaran Rp2,5 jutaan, harga ini relatif terjangkau dan menjadi buruan para pengembang untuk mendirikan klaster perumahan baru.

Salah satu yang bisa dilihat adalah Safira Town House. Meskipun lokasinya diapit oleh perumahan lain, Puri Artha Sentosa dan Celesta Mayang Estate, namun Safira Town House memiliki daya tarik tersendiri.

Selain bangunan yang tinggi dan bebas banjir, tiap unit rumahnya juga memiliki sisa lahan yang lebih besar, sekitar 40 persen dari luas keseluruhan. Desain rumahnya juga bisa didesain sesuai keinginan konsumen, namun akan ada biaya tambahan yang disesuaikan.

Perumahan Tanggal Luas Bangunan + Tanah (/2) Harga Per meter persegi
Puri Artha Sentosa 15/05/13 74,5 Rp280 juta Rp3,7 juta
Puri Artha Sentosa 14/01/16 74,5 Rp445 juta Rp5,9 juta
Safira Town house 27/01/16 91 Rp570 juta Rp6,2 juta
Celesta Mayang Estate 14/01/16 110 Rp500 juta Rp4.5 juta

Bila membandingkan harga jual Safira Town House dengan perumahan baru disekitar, harganya memang relatif lebih tinggi. Hal ini karena spesifikasi bangunan dan desain tiap unitnya yang dirancang bebas banjir dan tahan lama. Dibandingkan Puri Artha Sentosa, Safira Town House juga memiliki arena playground sebagai fasilitas umum. Tidak heran jika harganya dibanderol sedikit lebih tinggi.

Menurut informasi dari staf pemasaran Safira Town House, sejauh ini sudah terjual 14 unit rumah dari 46 total unit yang dipasarkan. Para pembelinya juga datang dari kalangan lokal sampai luar daerah. Perbandingannya sekitar 60 persen untuk masyarakat lokal, dan 40 persen dari pembeli luar daerah.

Melihat dari prospek kawasan Gentan yang semakin subur menjadi daerah pemukiman kelas menengah, Safira Town House bisa menjadi andalan Anda untuk bertempat tinggal sekaligus berinvestasi di masa depan.

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Memperhatikan sepanjang jalan Mangesti Getan, Anda akan menemukan ragam perumahan baru dengan tampilan modern, salah satunya adalah Safira Town House.

Perumahan ini cukup mudah diidentifikasi dar pinggir jalan Mangesti Raya. Papan nama bertuliskan Safira Town House berwarna keperakan terlihat mencolok dengan latar belakang marmer hitam. Letak huniannya sendiri sedikit menjorok ke dalam, sekitar 200 meter dari gerbang.

Dengan tata letak seperti ini, penghuni tidak akan terganggu oleh bisingnya kendaraan yang lalu-lalang di Jalan Mangesti Raya.

Satu hal yang menjadi nilai tambah hunian ini adalah jalan lingkungannya yang cukup lebar, sekitar 8,5 meter.

Safira Town House

Di bagian depan Anda akan disambut oleh plat bertuliskan Safira Town house

Perumahan ini juga dilengkapi arena bermain dan gazebo yang berada di hamparan taman di sudut site plan. Tak hanya mempercantik perumahan, dengan adanya area taman seluas 260 meter persegi ini, anak-anak bisa memiliki tempat bermain di luar rumah yang aman, tanpa harus keluar dari perumahan.

Anda tak perlu khawatir soal keamanan karena Safira Town House telah dilengkapi oleh fasilitas kamera CCTV dan pos yang dijaga oleh sekuriti.

Selain itu, pengembang mengklaim perumahan ini juga berada di lingkungan bebas banjir di area Gentan. Klaim tersebut diperkuat dengan permukaan jalan lingkungan yang lebih tinggi 30cm dari permukaan jalan Mangesti Raya.

Safira Town House

Denah unit perumahan di Safira Town house, unit yang dicentang merah menandakan sudah terjual

Bila memperhatikan produk yang ditawarkan oleh Safira Town House, terdapat tiga tipe perumahan yang bisa dipilih. Yang pertama ialah rumah tipe T-50/133 dengan harga Rp570 juta. Selanjutnya ada tipe T-60/133 yang ditawarkan seharga Rp570juta. Terakhir Tipe T-70 dengan luas 171 meter persegi ditawarkan seharga Rp878,5 juta.

Saat ini, tipe 50 sudah laku terjual sehingga pemasarannya kini fokus ke tipe 60 dan tipe 70 dengan total 46 unit.

Safira Town House

Lebar jalan mencapai 8,5 meter, memberi kemudahan untuk berkendara dan memarkir mobil di area perumahan.

Safira Town House

Selain jogging track, para penghuni juga dimanjakan oleh area bermain anak dan bale gazebo untuk bersantai

Saat memasuki unit perumahan, Anda akan menyadari bahwa lantai seluruh unit di Safira Town House dibuat lebih tinggi 60cm dari jalan perumahan. Posisi lantai yang tinggi ini tidak hanya bertujuan untuk meminimalisasi potensi air masuk ke rumah, tetapi juga membuat dinding rumah aman dari rembesan air dari bawah sehingga tembok tidak lembab.

Soal pengamanan di dinding eksterior, Perumahan Safira Town House dilapisi oleh cat dinding weathershield. Cat jenis ini bisa melindungi dari cuaca hujan yang ekstrim dan mencegah rembesan halus pada dinding.

Terakhir, di penutup atap, developer menggunakan genteng beton dengan sudut elevasi minimal 30 derajat. Genteng beton terkenal kuat, memiliki presisi yang baik dan deformasi yang kecil.

Setelah melakukan prosesi serah kunci, penghuni rumah juga bisa menikmati fasilitas berupa pengairan dari PDAM dan saluran televisi, telepon, dan internet serat optik (fiber optic). Dengan fiber optic, siaran televisi, sambungan telepon, serta koneksi internet bisa lebih lancar tanpa gangguan.Safira Town House

Perumahan tipe 60, dengan model minimalis modern, fondasi dibentuk tinggi agar sirkulasi udara menjadi lebih sejuk. Perpaduan variasi fasad Nampak ceria dengan sentuhan warna oranye

Safira Town House

Ilustrasi perumahan tipe T-60/133 beserta denah lokasi. DIlengkapi oleh dua tempat tidur dan satu kamar mandi.

Safira Town House

Sistem drainase terintegrasi sedemikian rupa sehingga menambah estetika hunian.

Safira Town House

Ruang terbuka hijau yang cukup untuk daerah resapan air.

Safira Town House

Ilustrasi perumahan tipe T-70/171 beserta denah lokasi. Kapasitas dua kamar tidur dan satu kamar mandi menjadi lebih leluasa dengan kehadiran lahan sisa sekitar 30 persen.

Safira Town House

Pada tipe 70, unit rumah dikelilingi oleh lahan hijau yang membuat rumah terkesan luas. Fondasi juga didesain tinggi dengan kombinasi jendela di beberapa sisi.

Safira Town House

Interior rumah tipe T60/133, bagian depan rumah bisa difungsikan sebagai ruang keluarga dan ruang makan

Safira Town House

Interior rumah tipe T60/133 yang menyambungkan pada dua kamar tidur dan kamar mandi

Safira Town House

Bagian eksterior belakang rumah tipe T60/133, terdapat dapur dan sisa lahan hijau yang bisa diperlebar menjadi ruangan baru.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Sukoharjo adalah nama sebuah kabupaten di Jawa Tengah. Lokasinya sekitar 10km di sebelah selatan Kota Solo. Nama Sukoharjo mencerminkan harapan penghuninya. Kata Sukoharjo berasal dari bahasa Jawa yang berarti tanah yang dapat memberikan kesejahteraan.

Harapan ini tak meleset. Sukoharjo berkembang menjadi sentra industri batik dan tekstil. Begitu besarnya kegiatan industri ini di Sukoharjo, kabupaten ini mendapat julukan Kota Batik dan Tekstil. Batik Keris adalah salah satu merk batik ternama yang membuka pabriknya di Sukoharjo.

Menyusul sektor industri yang kian stabil, properti-properti baru kini bermunculan di Sukoharjo, baik untuk hunian maupun komersial. Salah satu perumahan baru yang dibangun adalah Safira Townhouse.

Safira Town House

Denah lokasi menuju perumahan Safira Town house, hanya sekitar 10 menit (3,7km) dari Tugu Lilin Pajang.

Menuju Lokasi:

Jalan Mangesti Raya bisa ditempuh melalui jalan utama Surakarta-Semarang menuju Jalan Brigjen Slamet Riyadi. Tiba di pertigaan Brigjen Jalan Surakarta-Semarang dan Slamet Riyadi, berbeloklah ke kiri. Setelah melewati perlintasan kereta api, ambil arah putar balik dan ikuti jalur kiri ke Jalan Transito di samping rel kereta.

Susuri Jalan Transito ini hingga tiba di pertigaan Dr Radjiman lalu berbeloklah ke kiri hingga bertemu Tugu Lilin Panjang, ambil arah kanan. Anda akan tiba di persimpangan Mangesti Raya sekitar 2km dari Tugu Lilin Panjang. Berbeloklah ke arah kanan di persimpangan ini. Safira Townhouse terletak sekitar 2,3km setelah persimpangan ini, letaknya di sebelah kiri jalan.

Sayangnya, untuk mencapai Safira Townhouse dengan kendaraan umum butuh usaha ekstra. Misalnya dari area Kertasura, Anda bisa menumpang Batik Solo Trans (BST) koridor 4 (Kartasura-Solo Baru) yang berakhir sampai di jalan Veteran, Lotte Wholesale Solo, sekitar 6km dari Safira Town house. Dari sini, Anda bisa melanjutkan dengan ojek.

Bila ingin berkendara keluar kota tanpa macet, Anda bisa memilih kereta api sebagai alternatif transportasi. Stasiun Purwosari berjarak 6 kilometer dari perumahan. Stasiun yang terdapat di jalan Slamet Riyadi No.502 ini melayani percabangan jalur kereta api antara Surabaya dengan Wonogiri. Stasiun ini juga menjadi pemberhentian kereta api yang melewati jalur selatan setelah stasiun Solo Jebres dijadikan cagar budaya oleh Pemerintah Surakarta.

Selain Purwosari, stasiun Gawok berjarak lebih dekat dengan perumahan. Jaraknya hanya sekitar 2 km atau setara dengan berkendara mobil dengan waktu 7 menit.

Safira Town House

Fasad bandara Adi Soemarmo yang menyambut ketika Anda memasuki area bandara. (Foto: http://adisumarmo-airport.com/)

Safira Town house juga tak jauh dari bandar udara internasional Adi Soemarmo. Jarak tempuhnya sekitar 11,5 kilometer atau sekitar 35 menit menggunakan mobil jika lalu lintas lancar.

Perumahan: Jika memperhatikan area Gentan, Anda akan menemukan beberapa kompleks perumahan dengan model klaster. Ya, tren perumahan klaster memang sudah banyak ditemui di kawasan Sukoharjo. Ini tak lepas dari adanya sejumlah fasilitas umum dan sosial yang diperlukan warganya.

Untuk sekolah, Anda bisa menyekolahkan buah hati di beberapa pusat pendidikan yang ada di sekitar perumahan. Di jenjang taman kanak kanak, Anda bisa menyekolahkan mereka di TK Islam Kanita Tiara. TK ini menerima murid berusia mulai dari 4 sampai 6 tahun. Jarak dari perumahan ke sekolah ini sekitar 2,5 kilometer atau sekitar 10 menit berkendara mobil.

Sementara untuk sekolah usia dini, TK Islam Kanita Tiara, juga menyediakan pendidikan kelompok bermain Fatimah yang menerima murid mulai dari usia 2,5 sampai 4 tahun. Soal fasilitas, sekolah ini menyediakan mainan penunjang kreatifitas anak, alat tulis dan lukis, ruang gedung dengan pendingin udara, dan mendapatkan makanan ringan.

Safira Town House

Murid-murid SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo mulai tahun pelajaran 2015/2016 menempati gedung baru. (Foto: http://ar-risalah.org/index.php/smpit-ar-risalah)

Untuk sekolah dasar, ada beberapa sekolah negeri Gentan yang terdapat di sekitar hunian. Sedangkan jika ingin mencari institusi swasta untuk tahap SD dan SMP, sekolah Islam masih menjadi unggulan di kawasan ini. Salah satunya adalah Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ar- Risalah.

Sekolah yang baru selesai direnovasi pada bulan Agustus 2015 ini terletak di kawasan Gambiran, Cermani. Berjarak sekitar 3,6 kilometer dari perumahan, SMPIT ini menyediakan program unggulan seperti terjemah Al Qur’an, Tahsin dan Tahfizh, elektronika, dan menjahit.

Sekolah islam swasta lainnya ialah Al Azhar 21 Solo Baru yang jaraknya sekitar 6,3 kilometer dari hunian. Sekolah ini menyediakan fasilitas seperti ruangan kelas berpendingin udara, laboratorium komputer, IPA dan ruang seni, sampai dengan Unit Kesehatan Sekolah dan Perpustakaan.

Sedangkan untuk pendidikan menengah keguruan, Anda bisa memilih SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo. Sekolah ini terletak sekitar 2,3 km dari perumahan. Jadi, Anda hanya butuh waktu tak sampai 10 menit untuk mencapainya. SMA lain yang bisa menjadi pilihan ialah SMA Al Islam 1 Surakarta yang berjarak sekitar 7,4 kilometer dari rumah.

Jika Anda ingin putra-putri Anda menjadi santri, SMP-SMA Insan Cendekia Al Mujtaba yang berjarak 6,8 kilometer dari hunian bisa menjadi pilihan. Untuk kurikulum pendidikan, boarding school ini menerapkan nilai IPTEK dan IMTAK untuk memperkaya ilmu pengetahuan para santrinya.

Safira Town House

Gedung Yayasan Majlis Pengajian Islam Assalaam (Foto: wikimapia)

Sekitar 5,5 kilometer dari perumahan juga terdapat Pesantren Islam bernama Ma’had Ilm Al- Madinah di kawasan Jalan Brigjen Slamet Riyadi. Sekolah ini menyediakan pendidikan Islami dan Akademik untuk siswa siswi pada tingkat SMA.

Ada juga Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam yang berlokasi sekitar 5,8 kilometer dari Safira Townhouse. Pesantren ini terbilang populer di kalangan wali murid karena fasilitas dan kapasitas gedungnya yang cukup luas.

Beberapa perguruan tinggi ternama di Solo juga berjarak relatif dekat dengan Safira Townhouse. Bagi Anda yang berencana ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, pilihannya antara lain Universitas 11 Maret (14,6 km) dan Universitas Muhammadiyah Solo (5,1 km). Keduanya menyediakan pendidikan sarjana sampai jenjang pascasarjana.

Selain sekolah, lokasi rumah sakit yang dekat hunian juga menjadi pertimbangan awal bagi keluarga muda ketika mencari rumah. Beberapa rumah sakit terdekat bisa menjadi pilihan keluarga. Sebagai contoh Rumah Sakit Islam Surakarta yang lokasinya sekitar 4,9 kilometer dari perumahan.

RSI yang sudah berdiri sejak 25 tahun lalu ini menyediakan kapasitas ruang inap sebanyak 214, dengan 67 dokter spesialis. RSI Surakarta juga menjadi anggota dari The TEMOS International Network dan The Global Hospital Guide dengan kelengkapan alat medis yang mereka miliki.

Safira Town House

Ruang pelayanan di gedung Kwee Han Tiong di RS Dr. Oen Solo Baru (Foto: http://www.droensolobaru.com/lain2/galeri-foto/fasilitas-pelayanan)

Rumah sakit Dokter Oen Solo Baru juga terletak hanya 6,7 kilometer dari perumahan. Soal pelayanan, RS ini sudah lama dikenal lengkap dengan ragam pemeriksaan penunjang seperti endoskopi, CT Scan USG dan radiologi.

Yang menarik, rumah sakit ini awalnya merupakan lahan hibah seluas 12 hektar dari pemilik Batik Keris, Bapak Tjokrosaputro. RS ini juga mengoleksi tanaman langka di sekitar lingkungan seperti Pohon sosis, pohon bodhi dan lain lain.

Rumah sakit lainnya yang berada dalam jarak terjangkau adalah Rumah Sakit Kasih Ibu. Rumah sakit ini hanya sekitar 6 km atau bisa Anda jangkau menggunakan mobil dalam waktu 17 menit jika lalu lintas lancar.

RS Kasih Ibu memiliki empat layanan unggulan yaitu Klinik Diabetes Terpadu, Laparoskopi, Fakoemulsifikasi dan Hemorroidal Arteri Ligation (HAL) untuk penanganan wasir.

Untuk sarana hiburan dan pusat perbelanjaan, Anda tak perlu khawatir. Safira Townhouse berada di kawasan strategis di Solo Baru yang lengkap dengan ragam mal dan perbelanjaan modern lainnya. Sebagai contoh yang paling dekat adalah The Park Solo yang terletak sekitar 7,3 kilometer dari Safira Town house.

Mal ini tidak hanya dilengkapi oleh apartemen dan kompleks ruko disekitarnya, namun juga tenant yang lengkap. Mulai dari bioskop Cineplex21, departemen store Metro, ragam restoran ternama sampai dengan outlet kecantikan dan Lotte Mart swalayan.

Berjarak sekitar 500 meter dari The Park, terdapat pusat perbelanjaan modern lain bernama Hartono Lifestyle Mall. Pusat perbelanjaan ini lebih menyasar kelas menengah dengan ragam tenant kuliner, fashion dan hiburan. Sebut saja Hartono Platinum Cineplex, Crown Pool Cafe dan Matahari Departement Store.

mal solo supermarket

The Park Solo adalah salah satu mal yang baru dibuka di kawasan ini, sebagai bagian dari perkembangan kawasan Solo Baru.

Safira Town House

Fasad depan Hartono Lifestyle Mal (Foto: Wikipedia)

Sementara itu, juga ada Solo Grand Mall yang berjarak 6,9 km dari hunian. Mal dengan tujuh lantai ini terbilang lengkap dengan beberapa tenant menengah. Mulai dari Grand Cinema 21, Hypermart, BreadTalk, Matahari Dept Store, Timezone dan beberapa restoran cepat saji lainnya. Pilihan belanja lainnya juga bisa Anda temukan di Solo Paragon dan Carrefour Solo Baru.

Safira Town House

Belanja Batik murah di perbelanjaan Pusat Grosir Solo (Foto: http://pusatgrosirsolo.com/)

Jika punya waktu lebih untuk menghabiskan akhir pekan, Anda bisa menuju ke arah Alun Alun Lor untuk berbelanja di Pasar Klewer, Beteng atau pusat grosir PGS (Pusat Grosir Solo). Di PGS, Anda bisa berburu beragam batik hingga malam hari. Ya, pasar malam menjadi daya pikat pusat perbelanjaan ini, selain pertunjukan live music, zona kuliner dan permainan.

Di Alun-alun Lor Anda juga bisa menyicipi jajanan pasar yang beraneka ragam serta berkeliling dengan menumpang angkutan tradisional becak.

Stadion sepakbola Manahan Solo juga hanya berjarak sekitar 8 kilometer dari Safira Townhouse. Sempatkan waktu untuk berolahraga di tengah kesibukan beraktivitas. Anda bisa berlari mengelilingi lingkungan luar stadion atau sekedar jogging ringan dan bermain badminton bersama keluarga.

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Kawasan Sukoharjo terus dikembangkan sebagai daerah bertempat tinggal yang ideal. Digempur oleh ragam pusat perbelanjaan modern dan moda transportasi beragam, daerah Solo Raya ini perlahan tumbuh sebagai area investasi yang menjanjikan. Pembelinya pun tak hanya datang dari kawasan sekitar, namun juga dari luar daerah.

Salah satu perumahan yang menarik untuk dilirik ialah Safira Town house. Meski sudah terdapat beberapa  perumahan baru di jalan Mangesti Raya, Safira tampil berbeda dengan menawarkan perumahan dengan material berkualitas dan banderol harga Rp600 jutaan.

Selain lengkap dengan fasilitas lingkungan seperti arena bermain anak dan kawasan perumahan yang bebas banjir, Anda juga dimanjakan dengan pekarangan yang luas, yang bisa dimodifikasi untuk memperluas bangunan.

Dengan harga yang bersaing di kawasan potensial, Safira Town House bisa menjadi pilihan Anda yang mencari perumahan strategis di kawasan Solo Raya.

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Isnaini Khoirunisa

Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

Masukan