Sawangan Residence Ideal, Depok

  • Boy Leonard
  • 2 Agustus 2017

PT Buana Alam Megah Sentosa merupakan bagian dari Buana Estate yang dikenal sebagai pemilik Universitas Mercubana. Selain itu, Buana Estate juga bergerak di bisnis agrowisata dan hotel seperti hotel Le Meridien dan Vila Hambalang Sentul. Saat ini lewat PT Buana Alam Megah Sentosa, Buana Estate menghadirkan proyek perumahan pertamanya di lokasi strategis Depok yang diberi nama Sawangan Residence Ideal.

Nama proyek: Sawangan Residence Ideal

Alamat: jalan raya Bojongsari, Depok, Jawa Barat

Tipe: rumah

Luas area: 7,1 hektar

Tipe unit:

Tipe 64. Luas tanah 90m2. Luas bangunan 64m2. Harga Rp895 juta

Tipe 36. Luas tanah 82m2. Luas bangunan 36m2. Harga Rp640 juta

Pondasi: batu kali

Struktur: beton bertulang

Atap: baja ringan

Plafon: rangka metal furing, gypsum, kalsiboard

Dinding: bata ringan

Pintu dan jendela: UPVC, engineered wood door

Lantai: homogeneous tile 60×60

Sanitair: American standard atau setara

Listrik: 2200 VA

Analisis

Jalan raya Bojongsari menuju Ciputat dan Parung digadang-gadang akan menjadi Margonda 2 di masa depan, sehingga properti di kawasan ini diramalkan berpotensi di masa depan oleh karena itu cukup banyak perumahan baru yang bermunculan di sepanjang jalan Bojongsari. Salah satu perumahan besar yang berada tepat di sisi jalan raya Bojongsari adalah Sawangan Residence Ideal.

Perumahan seluas 7,1 hektar ini memberikan Anda dua pilihan hunian tipe satu dan dua lantai, perumahan ini juga memiliki lingkungan yang sudah hidup dan deretan ruko berisi minimarket yang dapat mengakomodasi keperluan harian.

Hunian yang ditawarkan oleh Sawangan Residence Ideal pun memiliki desain minimalis modern yang memberikan rasa bangga dan nyaman didukung oleh speksifikasi yang bagus, di antaranya kusen UPVC, dinding hebel, atap baja ringan, dan septictank biotech.

Tipe 64 di Sawangan Residence Ideal dipasarkan dengan harga Rp895 juta dan Rp640 juta untuk tipe 36, harga keduanya masih terbilang terjangkau untuk ukuran rumah satu dan dua lantai.

Untuk mencari rumah seharga Rp600 jutaan di kawasan ini ternyata cukup sulit, satu unit rumah di Green Land yang berlokasi di dekat Sawangan Residence Ideal dijual 781 juta rupiah. Menurut penelusuran, ketika dimulai perumahan ini memiliki harga Rp669 juta.

Perumahan

Tanggal

Luas bangunan

Harga

Green Land

12/2/2016

56

Rp669 juta

Green Land

15/7/2017

56

Rp781 juta

Sawangan Residence Ideal

15/7/2017

64

Rp895 juta

Tabel di atas menunjukan nilai investasi perumahan di kawasan Bojongsari Sawangan, kenaikan investasi di kawasan ini bisa mencapai Rp121 juta per tahunnya untuk rumah di atas Rp600 jutaan.

Namun di Sawangan Residence Ideal masih memberikan harga yang sama dalam kurang lebih dua tahun terakhir, kondisi ini memberikan keuntungan tersendiri untuk Anda yang ingin memiliki hunian berkualitas di Bojongsari namun dengan harga yang terjangkau sebelum kenaikan tinggi terjadi.

Kenaikan harga perumahan di kawasan Bojongsari nantinya berpotensi naik pesat ketika rencana pemerintah kota Depok untuk menjadikan sepanjang jalan Bojongsari menjadi Margonda dua, terutama ketika akses tol Depok-Antasari dan Cinere-Jagorawi rampung.

 

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Direncanakan untuk menjadi Margonda kedua, kawasan Sawangan kini sedang kencang-kencangnya berkembang.

Terutama dalam urusan properti, berbeda dengan Margonda pertama yang saat ini mengarah kepada hunian high rise building, Sawangan memang menyasar kepada hunian landed.

Semenjak pertama kali memasuki kawasan Sawangan Anda akan disambut banyak proyek perumahan baru, desain dan harganya bermacam-macam sehingga dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Namun, jika bicara soal proyek perumahan besar, maka Sawangan Residence Ideal salah satu pilihannya. Terletak di jalan raya Bojongsari, perumahan ini memiliki posisi yang strategis, artinya Anda dapat akses menuju kota Depok lewat jalan raya Sawangan dan akses Jakarta lewat jalan Ciputat.

Gerbang masuk Sawangan Residence Ideal pun terletak di sisi jalan raya Bojongsari dengan jalan masuk yang luas, mutahil rasanya bila Anda melewatkannya.

Sawangan Residence Ideal, Depok

Gerbang Sawangan Residence Ideal, lokasinya strategis tepat di sisi jalan raya Bojongsari.

Sebelum masuk lebih jauh ke dalam kawasan Sawangan Residence Ideal, Anda akan menemukan deretan ruko yang sudah terisi. Di antara deretan ruko ini terdapat minimarket tempat bimbingan belajar Kumon, dan juga kantor pemasaran Sawangan Residence Ideal.

Saat ini Sawangan Residence Ideal masih memasarkan unit tipe satu lantai dan dua lantai, keduanya terbagi di dua cluster berbeda yaitu Tectona dan Cinamon.

Satu hal yang Anda sadari ketika memasuki perumahan ini adalah adanya unit-unit lama di lokasi unit baru, hal ini dikarenakan proyek Sawangan Residence Ideal pernah mengalami pergantian pengembang dari sebelumnya bermitra kini sudah jalan dengan pengembang sendiri yaitu Buana Alam Megah Sentosa.

Rumah.com berkesempatan untuk melihat lebih dalam ke tipe 64 yang berada di cluster Tectona, ini merupakan unit rumah dua lantai yang sedang dipasarkan oleh Sawangan Residence Ideal.

Tipe ini dikelilingi oleh unit lama yang merupakan rumah tipe satu lantai sehingga terlihat begitu berbeda dengan sekitarnya, ada kesan gagah melekat erat di tipe ini.

Sawangan Residence Ideal, Depok

Gerbang masuk menuju cluster Tectona di Sawangan Residence Ideal.

Sawangan Residence Ideal, Depok

Di dalam lingkungan cluster Tectona masih terdapat unit 1 lantai sisa dari pengembang terdahulu.

Melihat lebih dalam ke tipe 64, pertama Anda akan menemukan carport berkapasitas satu mobil dan taman kecil di pekarangan rumah sebelum masuk melalui pintu depan.

Dari segi desain, tipe ini memiliki desain minimalis modern dengan sentuhan mewah dan alami lewat aksen batu alam di dinding luar. Tipe 64 memiliki dinding hebel dan beratapkan baja ringan, pada bagian kusen sudah memakai UPVC yang mana lebih baik ketimbang aluminium.

Di bagian dalam, tepatnya di lantai satu, terdapat satu kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, kamar mandi, dan dapur yang berada di bagian belakang. Pada bagian belakang, dekat dapur, masih berupa area terbuka dengan pekarangan belakang yang cukup luas.

Naik ke lantai dua, terdapat dua kamar yang salah satunya merupakan kamar tidur utama dengan akses menuju balkon depan. Di lantai dua ini juga terdapat satu kamar mandi, letaknya berada di luar.

Sawangan Residence Ideal, Depok

Kiri: Tampak muka tipe 64. Tengah: Ruang tengah. Kanan: Kamar depan.

Ruang tengah memiliki luas kurang lebih 3×3,65 meter. Ruangan ini dapat dibagi antara area tamu dan makan. Kamar pada lantai satu dengan akses jendela berbentuk kotak dan lantai Homogeneous tile 60x60cm.

Sawangan Residence Ideal, Depok

Kiri: Dapur pada tipe 44 berada di bagian belakang. Kanan: Taman belakang pada tipe 64, untuk septictank sudah menggunakan biotech.

Sawangan Residence Ideal, Depok

Kiri: Kamar mandi menggunakan sanitair American Standard. Kanan: Tangga ke lantai dua.

Sawangan Residence Ideal, Depok

Kiri: Jendela di area tangga. Tengah: Kamar tidur utama dengan pintu menuju balkon. Kanan: Balkon dengan railing minimalis.

Sawangan Residence Ideal, Depok

Denah Tipe 64 dengan tiga kamar tidur dan dua kamar mandi.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Sawangan nantinya akan menjadi Margonda kedua, arah ini sudah mulai terlihat saat ini mengingat kawasan Sawangan merupakan kawasan yang strategis dan berpotensi besar di Depok.

Coldwell Banker Commercial Indonesia mengatakan bahwa kawasan ini menjadi salah satu destinasi favorit orang untuk membeli atau berinvestasi di bidang peroperti perumahan atau apartemen, termasuk properti komersial seperti ruko dan ritel.

Pembangunan dan perkembangan infrastruktur tol yang bakalan hadir di Depok menjadi pemicu perkembangan pesat di Sawangan.  Tol Depok-Antasari (Desari) rencananya akan membujur hingga Sawangan. Tol ini ditargetkan siap beroperasi pada 2019.

Sawangan jadi kawasan paling prospektif untuk berkembang di Depok.

Sawangan jadi kawasan paling prospektif untuk berkembang di Depok.

Meski pun begitu, perlu diakui jika Sawangan masih butuh stimulasi untuk menumbuhkan sektor tersebut, contohnya pemindahan perusahaan besar dari kota lain ke Sawangan yang nantinya akan mendorong bisnis lain untuk tumbuh.

Saat bisnis ini semakin tumbuh maka tidak menutup kemungkinan hotel akan hadir di kawasan ini. Diprediksi saat akses tol sudah rampung, harga tanah perumahan bisa melonjak di angka 20-30% dalam kurun waktu 10 tahun.

Menuju lokasi: Sawangan Residence Ideal dapat Anda akses dari Lebak Bulus melalui jalan Dewi Sartika, dari jalan Anda langsung masuk jalan RE Martadinata sampai jalan raya Bojogsari. Jarak akses ini adalah 16km atau dapat Anda tempuh 36 menit dalam kondisi jalan normal.

Pada jam sibuk akses Lebak Bulus sampai ke Bojongsari dipadati oleh kendaraan sehingga dalam waktu tersebut mungkin saja waktu tempuh Anda menjadi lebih lama dari yang semestinya.

Sawangan Residence Ideal, Depok

Akses Lebak Bulus merupakan akses terdekat menuju Jakarta dari Sawangan Residence Ideal yaitu 16km melalui jalan Martadinata dan Dewi Sartika. Gambar: Google.

Angkutan umum menuju Sawangan Residence Ideal pun terbilang bervariasi, tergantung dari mana Anda berasal. Kalau Anda berasal dari Lebak Bulus, naiklah angkutan umum 106 trayek Lebak Bulus-Parung dan turun tepat di depan gerbang Sawangan Residence Ideal. Bila Anda berasal dari Depok, terdapat angkutan 03 Sawangan-Depok. Turunlah di McD pertigaan jalan Mucthar Raya-jalan Raya Bojongsari.

Dari sana Anda bisa menyeberang dan melanjutkan dengan angkutan 106 atau pun 29 hingga menuju Gerbang Sawangan Residence Ideal. Gerbang Sawangan Residence Ideal cukup besar dan berada tepat di sisi jalan raya Bojongsari, Anda tidak akan melewatkannya.

Perumahan: kawasan Bojongsari Depok memiliki potensi akan fasilitas umum lantaran lokasinya yang dekat tidak hanya dekat dari Depok namun juga dari Lebak Bulus, hal ini membuat fasilitas umum yang tersedia pun merupakan campuran dari kedua wilayah tersebut dan memperkaya fasilitas umum yang tersedia untuk Anda.

Seperti apa fasilitas yang tersedia? Ada baiknya Anda menyimak penjabaran berikut ini:

  • 2,7km menuju RSUD Depok
  • 9km menuju RSU Tangerang Selatan
  • 200 meter menuju Giant Bojongsari
  • 50 meter menuju sekolah alam kebun tumbuh
  • 27km menuju JIMS international school Jakarta
  • 12km menuju UIN Syarif Hidayatullah

Rumah sakit umum daerah Depok, tersedia di dekat Sawangan Residence Ideal dengan jarak 2,7km atau tujuh menit berkendara dalam kondisi jalan normal. Sebagai sebuah rumah sakit umum pastinya rumah sakit ini memiliki berbagai macam layanan kesehatan yang lengkap untuk Anda dan keluarga.

Pada ulang tahun kota Depok yang ke 18 pada 27 April lalu, rumah sakit ini melaksanakan kegiatan seminar yang mengambil tema gizi seimbang menuju keluarga sehat. Selain itu rumah sakit ini juga mengadakan sunatan massal dan donor darah.

Sawangan Residence Ideal, Depok

Kiri: Giant Ekspres. Kanan: RSU Depok.

Untuk fasilitas berbelanja keperluan sehari-hari pun tersedia di Sawangan Residence Ideal, hanya berjarak kurang lebih 200 meter melalui gerbang belakang Sawangan Residence Ideal melalui jalan Mawar terdapat Giant Ekspres.

Supermarket ini menyediakan segalam macam keperluan sehari-hari Anda, hampir tidak ada bedanya dengan pasar tradisional. Misalnya, Giant Ekspres juga menyediakan berbagai macam daging ikan laut segar dan juga ikan air tawar dan belut dalam keadaan hidup sehingga terjamin kesegarannya saat Anda membelinya. Sama seperti yang Anda temui di pasar tradisional, bedanya Giant Ekstra menawarkan suasana yang bersih dan nyaman untuk Anda dan keluarga.

Jika Anda ingin berbelanja sembari menghabiskan waktu makan bersama keluarga, terdapat Depok Town Center berjarak 7km atau 9 menit berkendara dalam kondisi jalan lancar. Dari arah Ciputat terdapat Ciputat Mall berjarak 13km.

Lalu ada fasilitas pendidikan, yang terdekat untuk si kecil adalah sekolah alam kebun tumbuh. Sekolah ini terdiri dari kelompok belajar sampai SD. Sekolah ini hanya berjarak kurang lebih 50 meter dari Sawangan Residence Ideal melalui pintu belakang.

Dengan luas area 12.000m2 ini menawarkan konsep belajar yang kembali ke alam. Belajar dan mengajarnya diselenggarakan di saung tradisional dalam lingkungan yang rindang oleh pepohonan, sekolah ini juga mengadakan Berkuda, Renang, memanah, Flying Fox minimal sebulan sekali.

Fasilitas sekolah lainnya yang terdapat di Sawangan Residence Ideal di antaranya JIMS International School Jakarta berjarak 27km atau dapat ditempuh dengan 20 menit berkendara dalam kondisi jalan normal, atau fasilitas universitas UIN Syarif Hidayatullah yang berjarak 12km dan berkendara 30 menit dari Sawangan Residence Ideal dalam kondisi jalan normal.

Sawangan Residence Ideal juga dekat dengan fasilitas lainnya seperti lapangan terbang Pondok Cabe (7km atau 15 menit berkendara dalam kondisi jalan normal) dan Sawangan Golf (berjarak 3km).

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Perkembangan Sawangan nantinya akan merangkak naik seiring dengan rencana pembangunan akses tol, dan wacana perubahan kawasan ini menjadi Margonda 2. Tentunya para investor dan pencari rumah pertama semakin banyak membidik kawasan ini, sehingga saat ini adalah kesempatan yang baik untuk memiliki rumah idaman di kawasan ini.

Sawangan Residence Ideal merupakan satu dari sekian proyek perumahan strategis di kawasan Sawangan, perumahan ini menyediakan unit satu dan dua lantai dengan kualitas spesifikasi bangunan baik yang dapat Anda sesuaikan dengan keinginan.

Soal harga pun terbilang terjangkau yaitu Rp700 jutaan untuk rumah satu lantai dan Rp800 jutaan untuk rumah dua lantai.

Prospek kawasan Sawangan yang bagus di masa depan tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja terutama bagi Anda yang tengah mencari rumah idaman dengan lokasi yang strategis dan nilai investasi yang mengungtungkan. (Ade Igama)

Tertarik melihat review properti lain di Depok? Lihat pilihannya di sini!

 

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan