Sentra Timur Residence, Jakarta Timur

  • Isnaini Khoirunisa
  • 10 November 2015

Bakrieland Development, Tbk merupakan pengembang properti yang telah mengembangkan sejumlah proyek seperti: Rasuna Epicentrum, Bogor Nirwana Residence, serta Bali Nirwana Resorts. Pengembang ini juga menggarap proyek unggulan dari Perum Perumnas antara lain Perumnas Helvetia Medan, Perumnas Depok, Perumnas Tamalanrea Makassar dan Perumnas Monang-Maning Bali. Kini keduanya bekerjasama merilis proyek apartemen Sentra Timur Residence sebagai bagian dari Sentra Timur Superblok.

Alamat                    : Jalan Sentra Primer Timur, Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, DKI Jakarta

Tipe                         : Apartemen

Luas Bangunan      : Tipe Studio luas 30 meter persegi Harga Rp300 jutaan

Tipe 2 Bedroom luas 36 meter persegi Harga Rp500 jutaan

Spesifikasi Bangunan

Pondasi                            : Bore pile

Kolom dan balok              : Beton bertulang

Lantai                               : Cor beton bertulang

Atap                                 : Beton bertulang dan water proofing

Dinding internal               : Bata ringan, partisi gipsum, plester aci dan finishing cat

Dinding eksternal         : Bata ringan, plester aci, finishing cat

Dinding kamar mandi   : Dinding bata ringan lapis keramik

Keramik 20×20 cm dan cat akrilik (emulsion paint)

Lantai unit                   : Keramik 40×40 cm

Lantai kamar mandi    : Keramik 20×20 cm

Koridor dan lobby      : Homogeneous tile 40×40 cm dan 60×60 cm

Plafon                        : beton expose cat dan gipsum rangka alumunium

Pintu dan jendela      :

Pintu utama dan kamar tidur: pintu kayu dan finishing cat

Pintu balkon: alumunium dan kaca 5 mm (sliding)

Jendela: rangka alumunium dan kaca clear 55 mm

Kamar mandi: pintu PVC kualitas bagus

 

Sanitair        : Kloset duduk, jet shower, hand shower dan kran air = ex Amstad/setara

Dapur         : Keran menggunakan zink alumunium, meja finishing keramik 20×20 cm

Antena        : UHF/VHF

Listrik          : 1.300 hingga 2.200 watt

Air bersih    : PDAM

Antisipasi kebakaran      : Alarm kebakaran menggunakan pendeteksi asap dan panas

Instalasi tambahan          : Sprinkle, kamera CCTV, dan emergency speaker.

Analisis

Perkembangan area timur Jakarta yang semakin pesat patut diperhitungkan dalam berburu tempat tinggal baru. Anda bisa dengan mudah mencari apartemen dengan bujet di kisaran Rp 300 juta. Selain jumlah hunian vertikal yang masih terbilang jarang, belum banyak orang yang terpikir akan berinvestasi di kawasan ini.

Padahal, Sentra Timur Residence bisa menjadi hunian tepat bagi masyarakat menengah yang ingin bermukim di pusat kota. Sentra Timur bersebelahan dengan proyek Jakarta Garden City dan di himpit oleh area komersial Kelapa Gading dan Bekasi. Dalam dua atau tiga tahun mendatang, di sini akan terbangun area properti favorit yang terintegrasi dengan baik dengan akses penunjang yang lengkap.

Tidak hanya letak geografis yang menguntungkan, sederet fasilitas umum seperti sekolah, perkantoran, dan pertokoan hanya selangkah dari hunian. Hunian ini juga strategis dengan adanya terminal Pulo Gebang dan pintu tol Sentra Timur. Tak ayal jika sejak awal peluncurannya di tahun 2008 hingga sekarang telah mengalami kenaikan harga nilai jual unit.

Mengenai harga sewa, apartemen ini memiliki kisaran harga sekitar Rp22 juta hingga Rp25 juta per tahun untuk unit studio. Biaya ini juga seringkali belum termasuk dalam biaya listrik, air, dan biaya service charge bulanan.

Apartemen Tanggal Luas Bangunan Harga Per meter persegi
Sentra Timur Residence Oktober 2008 30 90.000.000 3.000.000
Sentra Timur Residence Oktober 2015 30 300.000.000 30.000.000
Apartemen Delta Cakung Oktober 2011 21 105.000.000 5.000.000
Apartemen Delta Cakung Oktober 2015 21 167.000.000 8.000.000

Selain Sentra Timur Residence, apartemen lain yang sekelas di daerah yang sama adalah Delta Cakung, yang digarap bersama oleh PT Delta Pinang Mas, PT Patal Indomahon dan PT Dulima. Dengan lokasi yang dekat menjangkau Kelapa Gading dan terminal Pulogadung, Rusunawa subsidi pemerintah ini menawarkan harga jual mulai dari Rp 167 juta untuk unit studionya.

Dari tabel di atas terlihat bahwa rata-rata kenaikan harga unit di Sentra Residence berada pada kisaran 18,3 persen per tahun. Peningkatan juga dialami Delta Cakung dengan rata-rata kenaikan per tahun sekitar 11,8 persen.

Kenaikan harga yang lebih pesat di Sentra Timur Residence tak lepas dari lokasinya yang lebih strategis.

 

Selengkapnya

Detail Properti

Bagi kaum urban yang aktif, bertempat tinggal di pusat kota merupakan opsi yang paling relevan untuk menghemat waktu menuju titik aktivitas. Meski begitu, harga rumah tapak yang terus meningkat dari waktu ke waktu perlahan mendorong orang beralih melirik hunian vertikal untuk di tempati. Jakarta Timur menjadi alternatif kawasan tempat tinggal yang tepat bagi mereka yang memiliki bujet terbatas.

Setelah menara apartemen menyerbu kawasan CBD areal pusat dan selatan Jakarta, kini kawasan Timur mulai unjuk gigi. Meski masih jarang, namun perkembangan apartemen baru terbilang cukup agresif, bersamaan dengan permintaan pasar. Salah satunya ialah Apartemen Sentra Timur Residence.

Terletak di kelurahan Pulo Gebang, Sentra Timur Residence merupakan bagian dari Sentra Timur Superblock. Di bangun di atas lahan seluas 40 hektar, superblok ini terdiri dari hunian vertikal, shopping mall, hotel dan covention, hingga gedung perkantoran setinggi 30 lantai. Untuk memenuhi kebutuhan penghuni, di sekitar superblok juga telah dilengkapi sarana publik seperti sekolah dan rumah sakit.

Mengusung konsep “live, play and work”, pengembang berusaha menjadikan Sentra Timur sebagai pusat pertumbuhan bisnis, hunian dan MICE (Meeting, Incentive, Conference, Exhibition) di area timur Jakarta.

 Sentra Timur Residence

Sentra Timur Residence di lihat dari pemandangan udara (Foto: developer)

Superblok ini akan terdiri dari tiga bagian. Yang pertama adalah Sentra Timur Centre Business District 1. Bagian ini terdiri dari Sentra Timur Hotel & Convention, Luxurious Apartment, Sentra Timur Walk (shopping mall), Sentra Timur Commercial Plaza (kantor toko), hypermarket, function hall serta office building grade A, Perumnas Tower). Kemudian ada Sentra Timur Central Business District 2, yang terdiri dari Office Park, Office tower 30 lantai, apartemen, rumah sakit, sarana pendidikan. Terakhir adalah Sentra Timur Residence & Sentra Timur Commercial Park.

 Sentra Timur Residence

Salah satu akses pintu menuju apartemen Sentra Timur Residence (Foto: Google Earth)

Sentra Timur Residence dibangun di atas lahan seluas delapan hektar. Dengan perencanaan total 11 tower, kini sudah berdiri sekitar lima tower siap huni. Sentra Timur Residence merupakan hunian vertikal yang cocok bagi mereka yang memiliki gaya hidup aktif di pusat kota.

Mengusung konsep bangunan cheerfull, dinamis dan elegan, warna cat dinding tiap-tiap gedungnya dibuat berwarna-warni. Selain itu, apartemen ini juga dilengkapi oleh fasilitas kolam renang dan permainan anak untuk para pemukim. Anda juga tak perlu jauh-jauh mencari restoran karena tersedia pertokoan di area komersial untuk memenuhi selera kuliner dan perbelanjaan keluarga.

Fasilitas lain yang tersedia di apartemen Sentra Timur Residence antara lain lapangan basket, children playground, dan jogging track untuk berolahraga. Soal keamanan, Anda akan bisa tenang dengan penerapan sistem access card dan kamera CCTV. Shuttle bus juga siap mengantar hingga Stasiun Buaran, sehingga Anda bisa bepergian dengan mudah dan cepat.

 Sentra Timur Residence

Kolam renang, sebagai fasilitas pemukim Sentra Timur Residence (Foto: Developer)

Bertempat tinggal di Sentra Timur, Anda tak perlu khawatir akan legalitas hak kepemilikan unit. Apartemen ini di lengkapi dengan Sertifikat Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun (SHMSRS) sebagai apartemen menengah pertama di Jakarta Timur. Jarak yang cukup lapang antar-tower menjaga privacy antarpenghuni, sementara keberadaan pepohonan di area dalam apartemen membuat suasana sejuk dan nyaman.

 Sentra Timur Residence

Salah satu kantin yang tersedia di areal Sentra Timur Residence.

Enam tower pertama sudah berdiri saat ini dengan total 2.357 unit apartemen di dalamnya. Keenam tower tersebut adalah Grey Tower (28 lantai), Yellow Tower (23 lantai), Green Tower (23 lantai), Orange tower (23 lantai), Ruby Tower (28 lantai) dan Tosca Tower (23 lantai). Sentra Timur Residence memiliki 10 tipe kamar, antara lain tipe 30 dengan satu kamar tidur dan tipe 36 untuk dua kamar tidur. Sedangkan untuk pilihan view terdiri atas beberapa bagian, seperti: pool view, plaza viewkids poolplayground view, basketball court, garden view dan city view.

 Sentra Timur Residence

Interior unit tipe one bedroom, di lengkapi oleh balkon dan kamar tidur berdesain minimalis.

 Sentra Timur Residence

Denah floor plan untuk tipe one bedroom. Dengan luas 30 meter persegi, unit ini terbilang luas dan fungsional dengan ruang keluarga dan dapur yang terpisah.

 Sentra Timur Residence

Denah floor plan untuk unit two bedrooms, multifungsi dengan adanya sisa ruang di sudut unit.

 Sentra Timur Residence

Interior unit tipe two bedrooms, ideal untuk keluarga dengan satu hingga dua anak.

 Sentra Timur Residence

Pemandangan dari atas menara apartemen

 

Selengkapnya

Lokasi

Mungkin Anda sudah jarang melihat keberadaan pohon Gebang di kawasan Pulo Gebang, Jakarta Timur. Pohon dengan nama latin Corypha Utan ini masih sejenis dengan pohon palem dan memiliki daun serupa daun lontar. Dahulu kala, penduduk setempat banyak menanam dan membudidayakan pohon ini di sekitar hunian. Itulah sebabnya kelurahan ini diberi nama Pulo Gebang, yang berarti daratan atau pulau yang banyak ditumbuhi oleh pohon Gebang.

Menjadi bagian dari kecamatan Cakung, Pulo Gebang berbatasan langsung dengan Kota Bekasi di bagian Timur. Sempat terlambat berkembang dibandingkan kawasan lain di Timur Jakarta, Pulo Gebang kemudian dipilih Pemerintah sebagai area bisnis strategis. Diberi nama Sentra Primer Baru Timur, atau disingkat SPBT, Pulo Gebang kini semakin maju dengan dikembangkannya sejumlah aksesibilitas dan infrastruktur.

 Sentra Timur Residence

Kondisi jalan di Jalan Cakung Cilincing (Foto: Developer)

Mulai dari terminal modern Pulo Gebang, akses tol Sentra Timur, dan Sentra Timur superblok, kawasan ini dapat menjadi alternatif masyarakat Jakarta mencari lokasi hunian dan aktivitas sehari-hari. Jika Anda membutuhkan hunian dengan harga relatif terjangkau, apartemen Sentra Timur Residence, yang ada di kawasan superblok bisa menjadi pilihan. Kebutuhan sehari-hari Anda bisa terpenuhi dengan mudah karena lokasinya dikelilingi oleh pusat bisnis, komersial dan fasilitas publik lainnya.

Menuju lokasi: Sentra Timur Superblock terletak di tepi jalan protokol Cakung Cilincing Timur. Untuk tiba di lokasi, Anda bisa melintasi jalan tol Lingkar Luar Timur dan keluar di pintu tol Cakung Cilincing. Pada awal tahun 2016, pintu tol Sentra Timur juga akan mulai beroperasi untuk mempermudah akses menuju apartemen. Sementara itu, Anda juga bisa melintasi jalan Raya Bekasi atau jalan I Gusti Ngurah Rai untuk tiba di apartemen ini dalam waktu kurang lebih 15 menit.

 Sentra Timur Residence

Dari apartemen Sentra Timur menuju tol Lingkar Luar Timur hanya 6 kilometer

Bagi Anda yang ingin bepergian menggunakan transportasi umum, apartemen ini letaknya cukup strategis, dekat dengan terminal Pulo Gebang. Jika Anda datang dari Terminal Rawamangun, Angkot KWK (Koperasi Wahana Kalpika) T25 jurusan Rawamangun siap mengantar hingga Jalan Sentra Primer Timur dan lanjutkan dengan menumpangi angkot merah KWK U01 jurusan Tanjung Priok-Cakung menuju apartemen. Tarif yang diminta sekitar Rp4.000 hingga Rp8.000 tergantung pada jarak perjalanan.

Sementara itu, jika datang dari Tebet, Anda bisa memilih Metromini T52 jurusan Kampung Melayu-Stasiun Cakung. Dengan melintasi jalan I Gusti Ngurah Rai, Anda harus berhenti di jalan Sentra Primer sebelum melanjutkan perjalanan dengan KWK U01. Begitu pula jika datang dari Terminal Blok M, Anda bisa menumpang Mayasari Bakti AC49 turun di Tanjung Priok dan di lanjutkan dengan KWK U01 dan turun di Jalan Raya Cakung Cilincing.

Selain menggunakan angkutan kota, Transjakarta Koridor 11 Jurusan Pulogebang-Kampung Melayu juga sudah mulai beroperasi dan berakhir di terminal Pulogebang. Hal ini akan mempermudah akses transportasi dari Sentra Timur menuju sejumlah titik Ibukota. Transjakarta melintasi stasiun kereta Jatinegara, Jalan I Gusti Ngurah Rai dan berakhir di Pulogebang, bus ini mengenakan tarif yang sama yaitu Rp3500 untuk sekali perjalanan.

Pilihan commuter line jug tersedia untuk menjangkau apartemen ini. Stasiun Cakung hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari hunian vertikal Sentra Timur Residence. Jika tak ingin terjebak dalam kemacetan lalu lintas Ibukota, parkir saja mobil atau mobil setelah berkendara kurang lebih 15 menit menuju stasiun ini. Lanjutkan perjalanan menggunakan kereta listrik dengan waktu tempuh yang lebih mudah diprediksi.

 Sentra Timur Residence

Peta lokasi menuju Sentra Timur Residence

Apartemen: Berada di kawasan berkembang, kita banyak menjumpai ragam tower apartemen di area Pulo Gebang. Sebut saja apartemen Delta Cakung dan apartemen Citra Elok. Meski begitu, Sentra Timur menawarkan lingkungan yang lebih strategis untuk Anda yang mencari apartemen menengah. Dihimpit oleh superblok berfasilitas lengkap, apartemen ini juga dekat dengan fasilitas publik dan titik aktivitas untuk memenuhi kebutuhan esensial keluarga Anda.

Fasilitas utama yang terdekat dari hunian adalah terminal bus. Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang ini disebut-sebut sebagai terminal terbesar se-Asia Tenggara. Selain memiliki daya tampung 2.997 unit bus, terminal ini juga memiliki area parkir kendaraan pribadi seluas 18 ribu meter persegi. Melayani perjalanan angkutan dalam dan luar kota, terminal ini dilengkapi closed circuit television (CCTV), pintu sensor, elevator, lift, dan lainnya yang terdapat di setiap blok.

Terdapat pula ruang istirahat bagai awak bus yang dioperasikan selama 24 jam sehingga sopir dapat mengemudi secara maksimal. Terminal ini mengintegrasikan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), bus dalam kota, dan Transjakarta koridor 11 Kampung Melayu-Pulo Gebang. Hanya berjarak satu kilometer, Anda bisa menuju apartemen dalam waktu kurang lebih lima menit berkendara mobil.

 Sentra Timur Residence

Terminal Bus Terpadu Sentra Timur Pulo Gebang (Foto: Developer)

Ingin berbelanja dan menuju sejumlah titik hiburan terdekat dari hunian? Sentra Timur begitu dekat dengan sejumlah supermal. Sebagai contoh, Anda bisa menuju Buaran Square yang berjarak sekitar tujuh kilometer dari hunian.

Di dalam mal garapan Agung Sedayu Group ini terdapat waralaba supermarket Carrefour, department store Pojok Busana, gerai makanan BreadTalk, J.CO Donuts & Coffee, Solaria, Pizza Hut dan KFC.

Grand Cakung Mall juga bisa menjadi pilihan Anda berbelanja dan kuliner. Disini terdapat The Artist Family Karaoke. Sejumlah tenant seperti gerai elektronik Masterpiece Indonesia serta gerai peralatan rumah dan bangunan Mitra10 dan New Home Centre siap memenuhi keperluan belanja Anda. Sedangkan untuk tenant restoran ada Bakso Lapangan Tembak Senayan, Warung Tekko, Dunkin Donut’s, Gokkana.

Berjarak kurang lebih 4,7 kilometer dari hunian, mal dengan 4 lantai ini juga dilengkapi oleh sentra penjualan batu mulia. Pada tahun 2017 mendatang, AEON Mal di Jakarta Garden City Cakung juga ditargetkan sudah mulai beroperasi dan menambah opsi shopping Anda di sekitar apartemen.

 Sentra Timur Residence

Ilustrasi Grand Cakung Mal (Foto: http://www.grandcakung.com/)

Sementara itu, apartemen ini juga begitu dekat menjangkau Kelapa Gading, dimana terdapat sejumlah pusat perbelanjaan. Contohnya menuju Mall Kelapa Gading, jaraknya sekitar 9,8 kilometer dari hunian. Sebagai salah satu mal terbesar di Indonesia, Anda tidak akan kesulitan mencari ragam ragam merek ternama seperti Guess, Charles & Keith, Andre Valentino, Keds dan Braun Buffel. Sedangkan jika ingin memenuhi hasrat kuliner, terdapat sejumlah food court favorit, mulai dari La Piazza, the Food Sentation, the Food Temptation, Gading Walk dan Gourmet Walk.

Apartemen ini juga tak jauh dari rumah sakit, sehingga Anda tak perlu khawatir jika sewaktu-waktu mengalami gangguan kesehatan. Salah satu yang terdekat ialah Rumah Sakit Islam Pondok Kopi yang beralamat di jalan Raya Pondok Kopi. Berjarak kurang dari lima kilometer dari Sentra Timur Residence, Anda bisa berkendara mobil dengan waktu 20 menit. Rumah Sakit swasta kelas B ini memiliki kapasitas 187 tempat tidur inap dan 102 dokter.

Tak seperti kebanyakan rumah sakit, RSI Pondok Kopi menyediakan fasilitas Spiritual Health Care, Yaitu pelayanan bimbingan rohani dan motivasi sebagai bagian dari upaya pengobatan. Pelayanan spiritual ini mengajak pasien dan keluarga untuk dapat bersabar, ikhlas, dan tetap tenang menghadapi sakit sesuai dengan tuntunan Islam.

 Sentra Timur Residence

Gedung dan ruangan di rumah sakit Islam Pondok Kopi (Foto: http://www.rumahsakitislam.com/)

Anda juga bisa memilih Rumah Sakit Antam Medika untuk alternatif memeriksa kesehatan. Beralamat di Jl. Raya Pemuda No. 1A Pulogadung, rumah sakit ini memiliki empat spesialisasi di empat bidang Ibu dan Anak, Traumatologi dan Ortopedi, Medical Check Up dan Geriatri (terdiri dari fasilitas poliklinik umum dan spesialis, rawat inap, senam lansia, klinik gizi, laboratorium, dan layanan kunjungan rumah).

Untuk mencukupi kebutuhan pendidikan anak-anak Anda, di dekat apartemen ada Kinderfield School yang beralamat di Jl. Raya Rawa Domba No.88, Duren Sawit. Kurang lebih delapan kilometer dari hunian, sekolah ini merupakan preschool untuk anak dari usia dua hingga enam tahun.

Sekolah negeri dari jenjang SD hingga SMA juga cukup banyak terdapat di sini. Ada pula sekolah swasta yang bisa menjadi pilihan orang stua. Misalnya, Sekolah Al-Azhar yang hanya berjarak sekitar 4,4 kilometer dari apartemen Sentra Timur.

Berlokasi di kawasan Sentra Timur, sekolah Islam swasta ini menyediakan pendidikan mulai dari jenjang taman kanak-kanak hingga sekolah dasar dan sekolah menengah pertama. Menerapkan pembelajaran dengan dua bahasa (bilingual), KB/TK Islam Al Azhar 6 Sentra Primer di lengkapi sejumlah fasilitas seperti ruang perpustakaan, laboratorium, ruang musik, lapangan basket dan jaringan internet di lingkungan sekolah.

 Sentra Timur Residence

Aktivitas sekolah yang diadakan dalam memperingati hari besar di SD Islam Al Azhar 19 (Foto: http://alsen.sch.id/sdia-19.html)

Sementara itu, jika Anda ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, ada universitas bisa Anda pilih di sekitar area apartemen. Salah satu contohnya ialah kampus Gunadarma J5 yang terletak di Jl. Stasiun Cakung, Sentra Timur. Bagi Anda yang ingin melanjutkan program pascasarjana, kampus ini menyediakan program pendidikan jurusan Psikologi.

Apartemen ini hanya berjarak 4,5 kilometer dari kantor pemerintahan. Mulai dari Kantor Walikota Jakarta Timur, Badan Pertanahan Negara (BPN) Jakarta Timur, kantor Kelurahan dan Kantor Pengadilan Negeri Jakarta Timur.

Selain pergudangan dan kantor industri, Sentra Timur kini juga diramaikan oleh sejumlah perkantoran swasta yang membuka kantor cabangnya di kawasan ini. Pengembang dan Pemerintah optimistis membentuk kawasan Sentra Timur sebagai “a new CBD in East Jakarta”.

Selengkapnya

Ringkasan

Di tengah padatnya kawasan CBD di Jakarta Pusat dan Selatan, pembangunan properti di Ibukota kini mulai bergeser ke kawasan Timur Jakarta. Dengan dibangunnya kawasan Sentra Timur di area Cakung, Pulo Gebang, Jakarta Timur, Pemerintah berupaya membuat kawasan ini menjadi pusat bisnis baru.

Kehadiran Sentra Timur Residence tak ayal menjadi hunian vertikal yang strategis sebagai tempat tinggal. Terdiri dari total 15 tower, hunian ini menyediakan fasilitas lingkungan yang lengkap. Mulai dari kolam renang, lapangan basket, area komersial dan pengamanan 24 jam.

Dengan harga mulai Rp300juta, biaya ini terbilang sepadan untuk fasilitas lengkap yang ditawarkannya. Ditambah, Anda tak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menjangkau ragam sarana publik seperti sekolah, mal, rumah sakit dan perkantoran untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Nilai investasinya yang berada pada kisaran 18 persen per tahun menjadi bukti bahwa Sentra Timur Residence merupakan aset prospektif yang bisa Anda pilih untuk berinvestasi properti.

Namun, jika Anda memiliki anggaran yang terbatas, tidak ada salahnya untuk Anda melirik Delta Cakung sebagai pilihan.

Secara umum, dengan lokasi yang terus berkembang dan jalur transportasi yang lengkap, memiliki unit apartemen di sekitar Cakung bisa menjadi aset investasi yang menjanjikan untuk beberapa tahun mendatang.

Selengkapnya
Eric Wong

Isnaini Khoirunisa

Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

Masukan