Serpong Garden 2, Cisauk, Tangerang Selatan

  • Boy Leonard
  • 31 Agustus 2018

YPT. Harapan Inti Persada Indah atau dikenal dengan “Hipiland” telah berpengalaman mendirikan sejumlah proyek properti di area Tangerang dan Depok. Serpong Garden menjadi proyek keempat yang diproyeksikan memiliki nilai investasi baik dalam beberapa tahun ke depan. Dikembangkan di atas lahan seluas 75 hektar, Serpong Garden dikelilingi oleh ruko komersial dan fasilitas publik yang lengkap.

Nama Proyek: Serpong Garden 2

Alamat: Jalan Cisauk-Cibadak, Suradita, Cisauk, Tangerang Selatan, Banten

Luas Area: 75 Hektar

Tipe Unit

Tipe

Luas Bangunan (Start From)

Harga Mulai

Silviana

33.00

Rp595 jt

Vivaldi

45.00

Rp796 jt

Saint Paulia

70.00

Rp1,0325 M

 

Spesifikasi Teknis

Pondasi: Batu Kali, telapak*

Struktur Dinding: Batu Ringan, diplester, dan dicat

Atap: Rangka atap baja ringan

Penutup Atap: Genteng beton

Plafond: GRC / Gypsum

Pintu & Jendela

  • Kusen jendela depan dan pintu utama Aluminium Powder Coating
  • Kusen pintu belakang dan pintu kamar kayu kruing
  • Pintu utama panel multiplex
  • Pintu kamar, pintu belakang multiplex finish cat

Dapur

  • Meja dapur keramik 20 x 20
  • Tempat cuci piring Zink

Kamar Mandi

  • Lantai dan dinding keramik 20 x 20
  • Sanitair kloset duduk
  • Tempat sabun

Carport: Rabat Beton

Listrik: 1300 Watt dan 2200 Watt (rumah 2 lantai)

Analisis

Ulasan Properti Serpong Garden, Cisauk, Tangerang Selatan

Bagian dari arena rekreasi keluarga Pulo Saiji yang dilengkapi dengan pemancingan, kafetaria dan gubuk untuk tempat makan.

Bila diperhatikan secara seksama, harga rumah di kawasan Cisauk memang sudah bersaing dengan yang ada di BSD dan Ciputat. Untuk rumah tipe 45/84 saja misalnya sudah ada di kisaran Rp500 juta ke atas. Terlebih untuk perumahan yang punya akses dekat ke Kawasan Intermoda BSD City, dimana terdapat stasiun kereta, terminal shuttle bus dan pasar modern yang terintegrasi.

Serpong Garden 2, sebagai proyek terbaru dari PT Hipiland menawarkan hunian yang dikelilingi fasilitas umum dan lingkungan yang ramai.

Menawarkan tiga tipe hunian dengan kisaran harga Rp595 juta sampai Rp1 miliar, perumahan ini punya nilai tambah dari segi fasilitas. Selain kompleks ruko komersial yang berjumlah total 250 unit, di dalam perumahan juga ada kolam renang, tempat bermain anak, lapangan tenis, jaringan internet dan objek wisata keluarga Pulo Saiji.

Nama Perumahan

Tanggal

Tipe

Harga

Harga permeter persegi

Serpong Garden 2

Maret 2017

45/84

Rp725 juta

Rp11,2 juta

Serpong Garden 2

Juli 2018

45/84

Rp800 juta

Rp 12,4 juta

Griya Mulia Cisauk Cluster D

Oktober 2017

50/83

Rp485 juta

Rp7,2 juta

Griya Mulia Cisauk Cluster D

Juli 2018

50/83

Rp500 juta

Rp7,5 juta

Pergerakan harga yang terjadi pada perumahan di Serpong Garden 2 juga terbilang cukup positif. Contohnya, untuk tipe Vivaldi (45/84), kenaikan harga dalam rentang waktu satu tahun adalah Rp75 juta atau sekitar 10 persen. Mengingat sebagian besar rumah sudah siap huni, maka nominal kenaikan harga umumnya tidak terlalu banyak.

Sementara itu, ada perumahan lain yang juga bercokol di kawasan Suradita, Cisauk. Sekitar 2,4 kilometer dari Serpong Garden 2 ada Perumahan Griya Mulia Cisauk Cluster D. Perumahan yang berdiri sejak tahun 2014 ini mengadopsi sistem pembayaran syariah, dengan cicilan flat dari awal hingga pelunasan.

Fitur tersebut bisa menjadi keunikan tersendiri bagi Griya Mulia Cisauk sebab belum banyak perumahan yang memilih sistem syariah sebagai pilihan metode pembayaran.

Dilihat dari pemilihan bahan bangunan, desain denah dan fasad bangunan, unit rumah di Griya Mulia Cisauk hampir mirip dengan Serpong Garden. Hanya saja, Griya Mulia Cisauk tidak memiliki fasilitas di dalam lingkungan selengkap Serpong Garden. Maka, tidak heran jika harga jualnya lebih rendah, yakni Rp7,5 juta per meter persegi.

Kenaikan harganya juga tidak terlalu banyak, yakni Rp15 juta per tahun atau sekitar 3 persen. Hal ini mungkin dipengaruhi oleh tingginya suplai perumahan baik sekunder (seken) maupun primer (baru) yang sekitaran area Cisauk.

Peluang investasi dari rumah sewa juga cukup menjanjikan, dengan keberadaan sejumlah pabrik industri di kawasan Cisauk. Rental yield untuk satu unit rumah berkisar 4 persen dari harga jual rumah. Jadi, apabila harga rumah Rp1 miliar, maka harga sewanya sekitar Rp40 juta per tahun. Harga sewa bisa lebih mahal apabila dilengkapi perabot dan fitur unggul lainnya (misalnya dekat clubhouse, menghadap taman).

Rumah.com Property Index mencatat kenaikan sebesar 9,1% per tahun untuk pasar properti apartemen pada kuartal kedua 2018 dibandingkan kuartal kedua 2017. Tertarik membaca analisis pasar yang lain? Lihat di sini!

 

Selengkapnya

Detail Properti

Ulasan Properti Serpong Garden, Cisauk, Tangerang Selatan

Kiri: Tampilan depan pintu masuk perumahan Serpong Garden. Kanan: di dalam perumahan Serpong Garden yang ditumbuhi pepohonan dan taman hijau yang rapi.

Bagi mereka yang tinggal di sekitaran BSD, nama Serpong Garden tentu akrab ditelinga karena perumahan ini sudah berdiri sejak tahun 2007. Area pengembangan seluas 75 hektar menciptakan lingkungan tempat tinggal yang besar dan lengkap dengan berbagai fasilitas.

Setelah Serpong Garden 1 di Desa Cibogo, kini dipasarkan unit baru di Serpong Garden 2 di Desa Suradita yang berjarak sekitar 1,5 kilometer.

Sebagai sebuah supercluster modern, unit rumah di Serpong Garden 2 didesain dengan gaya arsitektur modern minimalis. Penggunaan rangka atap baja ringan dan kusen alumunium menjadi pilihan bahan bangunan.

Selain proyek residensial, di sisi depan pintu gerbang juga dibangun kompleks ruko sebanyak 250 unit. Tujuannya adalah untuk mempermudah warga yang tinggal di Serpong Garden 2 untuk berbelanja dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Dari depan pintu gerbang, Anda akan disambut oleh gapura megah yang dicat warna warni cerah. Pada bagian kiri terdapat tulisan Serpong Garden dan sisi lainnya diisi oleh pos satpam.

Masuk ke dalam areal perumahan, terdapat pedestrian (jalur pejalan kaki) yang dihiasi pepohonan dan rumput hijau yang rapi. Setiap klaster hanya memiliki satu gerbang sebagai akses masuk, itu pun diberi pengamanan oleh pos satpam.

Perumahan ini dilengkapi oleh beberapa fasilitas unggulan seperti Club House,  Arena rekreasi keluarga “Pulo Saiji Water Park” , Gedung Serbaguna, Tempat Ibadah, Lapangan Tenis, Jaringan Internet, Tv Cable, Phone Fixed Selular, CCTV  dan Children Playground.

Ulasan Properti Serpong Garden, Cisauk, Tangerang Selatan

Kiri: Taman bermain yang ada di depan perumahan. Kanan: Interior ruangan tipe Vivaldi (45/84).

Sebagian besar unit di Serpong Garden 2 merupakan unit siap huni dan dibagi ke dalam tiga tipe. Pertama, tipe 33/60 Silviana, tipe 45/84 Vivaldi, dan tipe 70/84 Saint Paulia. Ketiganya dibanderol harga mulai dari Rp595 juta sampai dengan Rp1 miliar per unit.

Ulasan Properti Serpong Garden, Cisauk, Tangerang Selatan

Kiri: Rumah tipe 32 yang merupakan tipe terkecil di perumahan Serpong Garden.
Kanan: Terdapat dua kamar tidur dan sisa lahan kosong di belakang rumah yang ideal ditempati pengantin baru/keluarga muda.

Ulasan Properti Serpong Garden, Cisauk, Tangerang Selatan

Kiri: Fasad bangunan dengan model plafon berundak yang merupakan ciri khas perumahan minimalis modern. Kanan: Denah ruang tipe 45 lebih luas pada bagian pekarangan dan ruang komunal, dimana ada area khusus untuk dapur.

Ulasan Properti Serpong Garden, Cisauk, Tangerang Selatan

Kiri: Rumah tipe 70 mengadopsi model arsitektur bangunan kontemporer, dengan tekstur batu alam dan atap sandar (skilion) yang unik. Kanan: Interior ruangnya membagi tiga kamar tidur dan dua kamar mandi di lantai satu dan dua. Sementara itu ada sisa ruang yang cukup banyak untuk pekarangan di belakangan rumah.

Serpong Garden 2 menawarkan kawasan hunian terpadu skala menengah, sebagai alternatif bagi Anda yang mendambakan hunian skala besar di Serpong, BSD, Tangerang Selatan. Serpong Gaden 2 memberikan fasilitas rekreasi yang beragam, mulai dari danau, taman bermain, sarana olahraga, dan lain-lain.

Selengkapnya

Lokasi

Ulasan Properti Serpong Garden, Cisauk, Tangerang Selatan

Cisauk berada tepat di sebelah Serpong dan direncanakan sebagai perluasan kota mandiri BSD. Ini membuat Cisauk patut diperhitungkan prospek investasinya.

Nama Cisauk mungkin belum populer untuk dipilih sebagai lokasi tempat tinggal. Padahal, kawasan ini punya akses strategis dan potensi investasi yang menjanjikan. Cisauk bersebelahan dengan kawasan kota mandiri BSD City, Paramount dan Gading Serpong. Di tengah padatnya area Serpong, Cisauk mulai diserbu oleh para pengembang untuk mendirikan infrastruktur dan proyek properti baru.

Namun pengembang PT Harapan Inti Persada Indah (Hipiland) telah lebih dulu memprediksi prospek kawasan ini. Mereka mendirikan perumahan Serpong Garden sejak tahun 2007 dan terus diperluas seiring dengan bertambahnya minat dari konsumen.

Serpong Garden berada di wilayah Desa Cibogo, yang punya akses ke stasiun kereta api, pintu tol dan perbelanjaan modern di kawasan BSD City.

Lebih dari itu, sekitar 1 kilometer dari perumahan sedang dibangun jaringan transportasi terpadu lewat Kawasan Intermoda BSD City di atas lahan seluas 25 hektar.

Di dalam terminal Intermoda tersebut, pengguna jasa transportasi di Stasiun Kereta Cisauk akan terhubung langsung dengan tranportasi bus (shuttle bus internal dan Trans BSD) ke kawasan BSD City hingga sekitar kawasan Kabupaten Bogor.

Kawasan Intermoda BSD City juga akan dilengkapi terminal bus layang yang berada di lantai 1 dan terkoneksi langsung dengan pintu masuk dan keluar Pasar Modern.

Proyek ini dirancang sebagai commercial mixed-used development untuk memenuhi kebutuhan masyarakat penyangga Jakarta yang sehari-hari beraktivitas di pusat Ibukota.

Selain itu, Desa Sampora Cisauk juga akan menjadi area yang dilewati jalan tol Serpong-Balaraja. Jalan tol ini akan dibangun 2 x 3 lajur dengan luas 437,57 hektare dan dengan panjang ruas 39,82km. Proyek infrastruktur ini ditargetkan mulai beroperasi pada awal tahun 2019.

Ulasan Properti Serpong Garden, Cisauk, Tangerang Selatan

Rute jalan dari Senayan (SCBD Sudirman) ke Serpong Garden 2 yang bisa ditempuh dengan kendaraan pribadi maupun Shuttle Bus Trans BSD. Gambar: Google.

Menuju Lokasi: Serpong Garden berada di Jalan Raya Serpong-Cisauk yang bisa diakses melalui jalan tol dari Bundaran HI (Jakarta Pusat). Anda dapat menggunakan rute JORR (Jakarta Outer Ring Road) dan keluar di pintu tol BSD. Lanjutkan perjalanan dengan mengambil jalur paling kanan, lalu berputar naik ke arah Giant BSD.

Pada perempatan di mana terdapat Giant BSD di salah satu sudutnya, berbeloklah ke arah kiri ke arah mall AEON atau ICE BSD. Selepas jembatan, belok ke Jalan BSD Raya Barat menuju ICON. Teruskan perjalanan sampai menjumpai bundaran Avani. Belok kanan menuju Jalan Raya Cisauk-Legok.

Dari titik tersebut kemudian ikuti jalan utama sampai berjumpa Puskesmas Cisauk, Kantor Kecamatan Cisauk dan Stasiun KA Cisauk. Lurus Terus hingga sampai di pertigaan kemudian belok kiri ke jalan Cisauk-Cibadak (Jalan Lingkar Selatan). Sekitar 700 meter ke depan, gerbang masuk Serpong Garden 2 ada di sebelah kanan jalan.

Ulasan Properti Serpong Garden, Cisauk, Tangerang Selatan

Tampilan jalan di depan perumahan Serpong Garden 2/Jalan Cisauk-Cibadak yang cukup lebar dan ditanami pepohonan rindang.

Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa menumpang transportasi umum seperti bus. Ada shuttle bus Trans BSD yang menjangkau sejumlah titik di pusat ibukota seperti Senayan, Pondok Indah dan Mangga Dua. Anda bisa menumpang bus modern ini dengan membayar tarif Rp16.000 untuk sekali perjalanan.

Pilihan lain yang lebih mudah adalah menggunakan Kereta Api Commuter Line. Sebab, ada Stasiun Kereta Api Cisauk yang jaraknya 2,5km dari Serpong Garden 2. Stasiun ini melayani perjalanan dari Tanah Abang ke Maja dan sebaliknya.

Setelah turun di stasiun Cisauk, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan angkot D12 berwarna putih oranye ke Serpong Garden. Sejumlah ojek atau transportasi berbasis online juga sudah banyak beroperasi di kawasan ini.

Fasilitas Umum

Hunian yang ideal adalah yang relatif dekat ke sejumlah fasilitas umum yang memudahkan aktivitas sehari-hari. Mulai dari sekolah, rumah sakit dan pusat perbelanjaan. Sebagai lingkungan perumahan yang berdiri sejak 2007, terdapat sekolah, perbelanjaan dan tempat rekreasi di area Serpong Garden.

Untuk prasekolah, ada TK Permata Hati Serpong Garden yang jaraknya hanya 800 meter dari Serpong Garden 2. Sekolah ini mengajarkan 5 kurikulum dasar mencakup Practical Skills (Kehidupan sehari-hari), sensori, berbahasa, matematika dan budaya. Sama seperti prasekolah lainnya, TK ini juga mengadakan acara seperti perayaan kebudayaan, field trip (kunjungan sekolah) dan parenting untuk orang tua.

Selain itu ada juga TK Briliant Stars yang berjarak 1,8 kilometer dari hunian. Di TK ini, kelas dibagi ke dalam tiga kelompok usia yakni usia 2 tahun, 3 tahun dan 4-6 tahun. Uniknya, disini terdapat program pendidikan Story Telling atau sesi mendongeng untuk anak-anak.

Untuk pendidikan jenjang Sekolah Dasar, ada beberapa sekolah negeri dan swasta yang bisa dipilih orang tua, diantaranya:

  • Sekolah MI Nurul Falah Cisauk (2,7km)
  • MTs Nurul Islam Cisauk (2,9km)
  • SMP Plus Darul Hikmah Cisauk (5,8km)
  • SMA Negeri 28 Cisauk (1,2km)
  • SMK Ruhul Bayan (5,5km)

Lain halnya jika orang tua menginginkan sekolah internasional sebagai pilihan. Di area BSD City terdapat sekolah Sinarmas World Academy (7,3km), IPEKA Plus (7,8km), dan Jakarta Nanyang School (8km).

Selain sekolah, di kawasan Cisauk juga sudah berdiri beberapa perguruan tinggi ternama seperti Kampus 3 Universitas Atmajaya Cisauk (5km), Prasetya Mulia (5,5km) dan International University Liaison Indonesia (6,5km)

Berbeda dengan kampus sebelumnya, Gedung Kampus ketiga milik Atmajaya ini didesain 6,5 meter per orang lebih besar dari kampus. Berdiri di atas lahan seluas 20 hektar, terdapat beberapa program studi yang bisa dipilih. Mulai dari Fakultas Teknik, Teknobiologi, dan Hospitality and Tourism Management.

Rumah Sakit

Selain pendidikan, fasilitas kesehatan juga menjadi pertimbangan seseorang ketika mencari sebuah hunian. Di sekitar Serpong Garden 2, ada beberapa fasilitas kesehatan. Yang paling terdekat ada Puskesmas Cisauk yang berada di Jalan Raya Cisauk-Lapan. Dari hunian, jaraknya kurang lebih 1,9km yang bisa ditempuh dalam waktu 10-15 menit.

Untuk rumah sakit rujukan, ada Rumah Sakit Selaras yang berjarak hanya 1,8 kilometer dari perumahan. RS ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, dari UGD, apotek, laboratorium, dan fasilitas ambulans, yang tersedia 24 jam.

Sedangkan untuk fasilitas spesialisasi terdapat poli penyakit dalam, anak, kandungan, saraf, bedah, gigi, dan jantung. Di RS Selaras ini juga tersedia fasilitas hemodialisis atau cuci darah.

Selain RS Selaras, ada rumah sakit lain yang juga menyediakan fasilitas lengkap dan tersedia 24 jam. Misalnya Eka Hospital BSD (8.8km) dan Rumah Sakit Medika BSD (13km). Meski demikian, jaraknya yang cukup jauh bisa menghabiskan waktu tempuh lebih dari 30 menit apabila lalu lintas terhambat.

 Perbelanjaan

Bagi keluarga muda, khususnya ibu-ibu, keberadaan pusat perbelanjaan yang dekat dari hunian adalah ‘kemewahan’ tersendiri. Untungnya, di dekat Serpong Garden 2 ada Pasar Modern BSD Cisauk (2,5km).

Pasar modern dua lantai ini baru beroperasi pada awal tahun 2018. Dengan luas 2,6 hektar, pasar ini menampung 539 kios retail dan 220 lapak. Karena masih bagian dari Kawasan Intermoda BSD City, pasar ini terhubung langsung dengan jalur kendaraan pribadi, terminal shuttle bus dan KA Cisauk.

Ulasan Properti Serpong Garden, Cisauk, Tangerang Selatan

Kiri: Tampilan pasar modern yang didesain ramah lingkungan dan memaksimalkan cahaya masuk. Kanan: Lapak penjual buah yang mengisi pasar modern BSD Cisauk.

Selain pasar, keberadaan swalayan tentunya diperlukan untuk berbelanja bulanan. Salah satu swalayan terdekat ialah Giant BSD Tangerang (8,4km).

Jika ingin berbelanja barang branded, menonton film, atau menghabiskan akhir pekan bersama keluarga, ada dua supermall populer di kawasan BSD. Yang pertama ialah AEON Mall (6km) dan Q Big BSD City (7,3km). AEON Mall adalah mall yang tepat untuk Anda pecinta budaya Jepang, karena desain interior dan tenant yang mengisinya didominasi ala Jepang.

Sementara itu, kalau ingin berbelanja pakaian dan elektronik dengan harga yang terjangkau boleh melipir ke ITC BSD. Meski jaraknya 9,6 kilometer dari perumahan Serpong Garden, namun tempat ini dikenal menjadi favorit warga BSD untuk berbelanja barang murah dan berkualitas.

Tempat Penting

Selain perbelanjaan, Perumahan Serpong Garden 2 juga relatif dekat dari tempat acara dan pameran International Convention Exhibition (ICE) BSD. Sejumlah acara besar pernah mengambil tempat ICE BSD untuk pagelaran, sebut saja bazar buku Big Bad Wolf, Pekan Raya Indonesia dan Konser penyanyi asal California, Katy Perry.

Ulasan Properti Serpong Garden, Cisauk, Tangerang Selatan

Kiri: Kolam renang dan wahana air yang ada di Pulo Saiji. Kanan: Terdapat area bermain anak-anak di luar kolam renang.

Selain ICE BSD, di area Serpong Garden 1 juga terdapat pusat rekreasi keluarga Pulo Saiji yang menjadi fasilitas unggulan. Pulo Saiji Water Adventure (900 meter) dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti kolam renang, wisata danau, pemancingan, outbound, lapangan tenis, gedung serbaguna, dan restoran.

 

Selengkapnya

Ringkasan

Tertarik membeli rumah yang dekat dengan stasiun kereta? Simak dulu tipsnya berikut ini!

Tingginya harga properti yang ada di kawasan Serpong dan Rawabuntu membuat daerah sekitarnya menjadi alternatif pilihan berburu hunian. Cisauk menjadi salah satu daerah yang menjadi buruan pengembang untuk mendirikan perumahan baru, salah satunya PT Hipiland.

Serpong Garden 2, proyek terbaru dari PT Hipiland merupakan perumahan seluas 75 hektar yang dilengkapi fasilitas unggulan seperti Objek Wisata Keluarga Pulo Saiji, Gedung Serbaguna dan Lapangan Tenis. Dengan harga mulai dari Rp600 jutaan sampai Rp1 miliar, sebagian besar unitnya siap untuk ditempati.

Yang menarik, Cisauk punya beberapa proyek infrastruktur yang tengah dikembangkan. Selain menjadi area yang dilewati proyek jalan tol Serpong-Balaraja, Cisauk juga akan memiliki Kawasan Intermoda BSD City. Proyek commercial mixed-used seluas 25 hektar ini menggabungkan Stasiun KA Cisauk dengan terminal bus layang dan akses langsung ke Pasar Modern.

Kemudahan transportasi tentu membuat harga jual hunian meningkat secara signifikan dan menguntungkan untuk rencana investasi. (Isnaini Khoirunnisa)

Tertarik melihat review properti lain di sekitar Tangerang Selatan? Lihat pilihannya di sini! 

 Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan seputar membeli rumah, temukan jawabannya di Panduan Rumah.com. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Tanya Properti.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda semua bisa punya rumah.

 

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Hubungi Pemasang Iklan

Hubungi Pemasang Iklan

Ketentuan Layanan: Pemasang iklan bertanggungjawab sepenuhnya atas semua informasi yang ditayangkan

Masukan