Synthesis Residence Kemang, Jakarta Selatan

  • Fathia Azkia
  • 28 Oktober 2016

Gaung Synthesis Development mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Pengembangan proyeknya terbagi menjadi properti ritel, apartemen dan perumahan, superblok, gedung perkantoran dan hotel.

Didirikan pada tahun 1992, Synthesis mengawali diri sebagai konsultan properti spesialis perencana anggaran belanja dan manajemen.

Kemudian sebuah terobosan baru terjadi di 1991 di mana pengembang mulai berani membangun sendiri proyeknya, dan lahirlah bangunan ikonik di pusat kota Jakarta: Plaza Semanggi.

Alamat: Jalan Ampera Raya No. 1A, Kemang, Cilandak Timur, Ps. Minggu, Jakarta Selatan, 12560

Jenis properti: Apartemen

Luas area: 2 hektar

Total unit: 1.188

Tahun selesai: 2019

Status tanah: Hak milik

Status sertifikat penghuni: Strate title

Tipe unit

1 bedroom (32 m2) Rp1,3 Miliar

2 bedroom (54 m2 – 73 m2) Rp2,2 Miliar

3 bedroom (102 m2 – 107 m2) Rp3,2 Miliar

Spesifikasi bangunan

Lantai: Homogenous tile 60cm x 60cm (ruang keluarga dan ruang makan), parket (kamar tidur utama), keramik (kamar mandi), homogenous tile (koridor)

Fasilitas:

  • MA TV
  • Alarm kebakaran
  • Air Conditioner (1 unit untuk Studio, 2 unit untuk one BR, 3 unit untuk two BR, 4 unit untuk three BR)
  • Air panas (1 unit untuk Studio, one BR, dan two BR, 2 unit untuk three BR)
  • Backup genset 100%

Saniter: Toto (kloset dan wastafel), Grohe

Listrik: 3500 watt (Studio dan 1 BR), 5500 watt (2 BR), 7040 watt (3 BR)

Analisis

Perubahan yang terjadi di sekujur jalan TB Simatupang memberi imbas yang cukup signifikan bagi pertumbuhan properti di sekitarnya. Tak terkecuali Ampera yang secara letak berhimpitan langsung dengan koridor ini.

Rata-rata gedung perkantoran yang hadir di TB Simatupang diisi oleh perusahaan sektor minyak dan gas. Dan biasanya, perusahaan ini mengundang banyak pekerja asing untuk berkarir di sini. Jika diamati mendalam, pekerja asing yang menetap di Jakarta pasti membutuhkan tempat tinggal.

Ekspatriat atau pekerja asing cenderung lebih menyukai tinggal di apartemen ketimbang rumah tapak. Soal lokasi, mereka mengutamakan kedekatan dengan sarana hiburan seperti mal, bar, atau restoran.

Melihat peluang ini, Synthesis Development melalui Synthesis Residence Kemang langsung ikut ke dalam arena persaingan. Ya, pesaing terdekat apartemen ini bisa dikatakan salah satunya adalah 45 Antasari yang dikembangkan Cowell Development.

Apartemen Tahun Luas unit (SG) Harga Jual Nilai bangunan
45 Antasari Oktober 2016 29 Rp1,57 Miliar Rp54 Juta
Synthesis Oktober 2016 32 Rp1,3 Miliar Rp41 Juta

Makin mahal dan langkanya tanah di kawasan ini, membuat hunian vertikal menjadi pilihan paling logis saat ini.

Menurut GM Sales and Marketing Synthesis Residence Kemang, Imron Rosyadi, profil pembeli apartemen di sini adalah warga Kemang itu sendiri dengan radius 10 kilometer.

“Ada juga sebagian eksekutif yang bekerja di bilangan TB Simatupang dan CBD Sudirman. Sementara sebagian berasal dari kota-kota besar seperti Surabaya, Medan, dan Bandung,” ia mengaku.

Salah satu keunggulan Synthesis Residence Kemang adalah harganya yang kompetitif.

“Tower Sadewa dan Nakula ditawarkan dengan kisaran harga Rp 1 Miliar hingga Rp 4 Miliar per unit. Kisaran harga ini tergolong langka untuk kawasan seperti Kemang. Mengingat, sulitnya cari rumah di kawasan ini dengan harga di bawah Rp 5 miliar,” tambahnya.

Selengkapnya

Detail Properti

Synthesis Residence Kemang sudah cukup ternama sejak kemunculannya yang dimulai dari berdirinya gedung marketing office nya yang berkarakter. Saat siapapun melintas, pasti tak lupa dengan gedungnya yang berlapis tanaman rambat. Terlihat teduh dan sejuk.

Karateristiknya tidak cuma berlaku untuk kantor marketing, namun juga konsep apartemen secara keseluruhan. Mengadopsi tema batik Kawung, Synthesis menawarkan sisi budaya Indonesia yang begitu lekat.

Berasal dari Pulau Jawa, motif Kawung dianggap mampu mewakili loyalitas dan dedikasi yang tak terbatas dari ‘Abdi Dalem’ untuk keluarga kerajaan.

Pejabat kerajaan yang mengenakan batik motif kawung mencerminkan pribadinya sebagai seorang pemimpin yang menjaga hati nurani agar ada keseimbangan dalam perilaku kehidupan. Representasi inilah yang ingin disajikan pengembang kepada calon penghuninya.

Melihat rancangan desainnya, area drop off sangat kental dengan nuansa seni dan taman lanskap. Desain lobinya sendiri dibuat serupa rumah Joglo, sementara kolam dan taman akan bertema Tirta Astana.

Ditambah lagi kehadiran patung penari Bancak Doyok tepat di depan area lobby seolah menunjukkan bahwa karya seni bisa menyatu dengan desain bangunan. Bancak Doyok sendiri mewakili sifat kejujuran.

synthesis residence kemang-5

Karya seni pertama, patung Bancak Doyok, akan menyambut Anda saat menuju area lobby

 

Joglo adalah rumah tradisional Jawa yang biasanya diperuntukkan bagi aristokrat, taman Tirta Astana memiliki arti Istana Air, dan Bancak Doyok merupakan seni tari Jawa yang menggambarkan tokoh punakawan kesayangan dari Daha bernama Bancak dan Doyok.

Perpaduan komprehensif inilah yang memberikan kesan ‘bangsawan’ pada Synthesis Residence Kemang. Patung Bancak Doyok yang akan diaplikasi di Synthesis Residence Kemang adalah karya Wahyu Sentosa, pematung gaya realis asal Jawa Tengah.

Untuk arsitektur bangunannya digambar langsung oleh PT Airmas Asri, firma ternama di Indonesia yang telah berdiri sejak Oktober 1988. Sedangkan desain interiornya dirancang oleh tangan Hadiprana dan lighting oleh Hadikomara.

synthesis residence kemang-10

Tiga tower di Synthesis Residence Kemang dibangun diatas lahan seluas 2 hektar

Imron Rosyadi, GM Sales and Marketing Synthesis Residence Kemang menuturkan, apartemen strata title di lahan seluas dua hektar ini memiliki tiga tower dan total 1.188 unit dengan nama yang diambil dari tokoh perwayangan, yaitu Nakula, Sadewa, dan Arjuna.

“Dengan total 60% ruang terbuka hijau, proyek ini mengedepankan konsep desain arsitektur bangunan rumah joglo dan batik kawung. Synthesis Residence Kemang juga menghadirkan fasilitas sangat unik, yaitu Tirta Astana (taman air) yang akan mewujudkan imajinasi dan impian akan hadirnya sebuah taman indah dan elok khas kediaman para raja,” katanya.

Sebagai penunjang gaya hidup penghuni, pengembang menghadirkan Main Gazebo Astaka, Dining Pavilion Samboga, Barbeque Area Nismara dan Reading Pavilion Aksara.

Bagi pasangan yang memiliki putra-putri, Synthesis Residence Kemang juga menyediakan fasilitas Children Swimming Pool Pranala dan Children Playground Dewari.

Kendati konsepnya lebih kuat ke unsur tradisional, apartemen tetap tidak menghilangkan gaya modern, terutama dari segi fungsi, seperti fitness Center, sauna, jogging track, lapangan tenis, cafe, laundry, minimarket, salon, dan berbagai fasilitas lainnya yang umum ditemui pada hunian kelas atas.

Synthesis Kemang

Synthesis Kemang

Kolam renang di Synthesis Apartment.

Synthesis Kemang

Tipe unit

synthesis residence kemang-siteplan

Siteplan Synthesis Residence Kemang

Sebagaimana namanya, Tower Nakula dan Sadewa merupakan dua menara apartemen identik setinggi 29 lantai dengan total 700 unit apartemen. Tersedia beberapa tipe unit: 1 bedroom (32 m2), 2 bedroom (54 m2 – 73 m2), dan 3 bedroom (102 m2 – 107 m2).

Berikut kami tampilkan denah ruang di tiap unitnya.

synthesis residence kemang-tipe one bedroom

Tipe satu kamar tidur jelas hanya terdiri dari satu ruang tidur, kamar mandi, dapur, dan ruang makan minimalis

synthesis residence kemang-tipe 2 BR

Sementara di tipe dua kamar tidur, satu kamar jauh lebih lega (utama) sementara satu kamar lagi lebih sempit. Di tipe ini, penghuni bisa menikmati nyamannya ruang keluarga berukuran sedang.

synthesis residence kemang-tipe 3 BR

Tinggal di unit tipe tiga kamar tidur relatif mirip dengan rumah tapak. Malah di tipe ini penghuni akan menemukan sebuah ruang servis alias kamar khusus Asisten Rumah Tangga (ART).



 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selengkapnya

Lokasi

infografis properti kemang

Mempunyai hunian dekat kawasan prestise, Kemang, adalah impian yang tidak murah. Mengapa demikian? Lumrah bahwasanya harga rumah di sekitaran Kemang seperti Ampera, Antasari, Pejaten, dan Cipete sudah melonjak tajam.

Contoh nyata di Ampera, rumah baru seluas 355 meter persegi (bangunan) dibandrol kisaran Rp6,6 Miliaran. Itu baru di Ampera. Jika di Kemang-nya sendiri, harga bakal lebih tinggi sedikit dibanding area sekitar.

Bila bujet kurang dari itu tapi tetap menginginkan kedekatan dengan Kemang, tinggal apartemen bisa dikatakan solusi terbaik. Mengingat harga apartemen relatif lebih terjangkau namun fasilitasnya lebih eksklusif.

Apartemen di Kemang maupun di sekitaran Kemang kini mudah ditemui. Ada banyak opsinya, tapi salah satu yang patut dipertimbangkan adalah Synthesis Residence Kemang.

Bukan terletak persis di Kemang, melainkan di Ampera, namun apartemen menjanjikan waktu singkat menuju lokasi hiburan favorit penggila lifestyle.

Menuju lokasi: Akses menuju Synthesis Residence Kemang sebenarnya relatif mudah. Apalagi jika Anda memang penduduk wilayah Jakarta Selatan. Sayang kepadatan yang rutin terjadi di sini menyebabkan waktu tempuh menjadi semakin panjang.

Pada pagi dan sore hari, jangan heran Anda bisa menghabiskan waktu hampir satu jam sendiri untuk terbebas dari kemacetan.

Baik itu dari arah Antasari, Pejaten, bahkan terkadang Kemang. Sedangkan menuju TB Simatupang kondisinya cenderung ramai lancar.

Berbeda jika Anda datang dari kota lain seperti Bekasi. Anda bisa mencapai apartemen dengan berkendara melintasi Tol Lingkar Luar Jakarta dan exit di Mampang Prapatan-Cilandak. Setelah itu, arahkan kendaraan Anda menuju Jalan Ampera Raya.

Lokasinya persis berada di hook jalan (lampu merah pertigaan) setelah Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Sementara dari Depok, Jawa Barat, penghuni bisa tiba di apartemen tanpa melewati jalur tol sama sekali. Rute yang harus dilintasi adalah Sawangan-Margonda-Lenteng Agung-TB Simatupang-Ampera.

Namun ke depannya atau beberapa tahun mendatang, akses antara apartemen dengan Kota Depok bakal dimudahkan karena kehadiran Tol Depok-Antasari. Posisi pintu tol terdekatnya sekitar 2,6km.

Synthesis Residence Kemang juga bisa diakses dari beberapa lokasi ternama di Jakarta, seperti Kuningan dan Sudirman.

Saat lalu lintas sepi tanpa hambatan, waktu tempuhnya cuma dari 45 menit dari Jalan Jendral Gatot Subroto dan 50 menit dari Jalan Jendral Sudirman. Tetapi jika Anda terjebak kepadatan, perjalanan antara apartemen dengan kedua lokasi ini bisa menyita waktu Anda hingga satu setengah jam.

lokasi synthesis residence kemang

Fasilitas publik sekitar apartemen: Berdempetan dengan kawasan ternama dan strategis, Kemang, memberikan sebuah ‘kemewahan’ tersendiri bagi penghuni apartemen Synthesis Residence Kemang.

Serangkaian fasilitas penunjang gaya hidup bisa Anda jangkau dalam waktu singkat. Coffee shop, misalnya. Dengan berkendara sekitar 10 menit saja, Anda bisa menemukan deretan kedai kopi di Jalan Kemang Raya yang menawarkan citarasa dan konsep interior berbeda.

Salah satu referensi menarik yang wajib Anda datangi adalah Anomali Coffee. Letaknya hanya 2km dari apartemen.

Di sini Anda bisa mencicipi aneka sajian kopi terbaik nusantara. Dengan desain café minimalis, Anomali menyajikan konsep gudang kopi dua lantai yang cozy dan nyaman bagi pengunjungnya.

Dekorasi yang dihadirkan juga cukup unik seperti sofa bergaya retro, kursi-kursi kayu, serta lantai dan dinding yang natural.

Mencari pasta khas Italia yang lezat untuk makan siang? Mamma Rosy yang berada 2,4km dari Synthesis Residence Kemang patut dikunjungi. Eksterior restoran ini mengkombinasikan tema budaya timur dan barat dengan membagi dua area di dalamnya.

Sisi outdoor yang memiliki lahan cukup luas didominasi oleh dekorasi kayu dan sofa panjang. Sedangkan area indoor lebih kental akan nuansa minimalis dengan aksen vintage dari beberapa bingkai foto.

Synthesis Residence Kemang

Karena letaknya tak jauh dari Kemang, maka penghuni tidak akan kesulitan saat ingin kongkow atau sekadar makan siang dengan keluarga. (Google)

Pusat pendidikan: Lingkungan sekitar apartemen pun cukup lengkap dalam urusan sarana pendidikan, mulai dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai SMA.

Sekolah Cikal yang hanya berlokasi 3,2km menerapkan Program Primer Tahun IBO (International Baccalaureate Organization), serta kurikulum transdiciplininary yang dirancang untuk membantu perkembangan anak secara keseluruhan.

Sementara Australian International School dapat dijadikan opsi utama bagi Anda yang ingin memberikan pendidikan kelas dunia bagi si kecil. Letaknya berada di Jl. Kemang Timur No.81, sehingga hanya butuh waktu 5 menit untuk tiba di sana.

Berkendara lebih jauh sekitar 20 menit, Anda akan menemukan sekolah bernuansa Islam yakni Al-Azhar Syifa Budi Jakarta. Terdapat jenjang pendidikan yang lengkap di sini, mulai dari TK, SD, SMP, dan SMA.

Sementara untuk sekolah tingkat menengah atas yang unggul di sekitar apartemen adalah Kolese Gonzaga (750 meter).

Sekolah yang berdiri sejak tahun 1987 ini dikelola oleh para Pater Jesuit, dengan segudang fasilitas keren di dalamnya.

Terdiri dari lapangan olahraga, laboratorium, ruang loker, lab komputer, papan pengumuman yang disiarkan melalui televisi, climbing wall, student lounge, kapel, mini soccer hall, hingga hotspot area.

Synthesis Kemang Residence

Al-Azhar Syifa Budi Jakarta yang berlokasi di Jalan Kemang Raya No. 7 bisa ditempuh dalam waktu ± 20 menit dengan mobil. (foursquare.com)

Pusat kesehatan: Soal akses ke sarana kesehatan Anda tak perlu khawatir. Pusat kesehatan dengan beragam pilihan tersedia di sekitar apartemen seperti Kemang Medical Care, Mayapada Hospital, Siloam Hospital, RSUP Fatmawati, dan Brawijaya Women &Children Hospital.

Mayapada Hospital (5,7km) yang berlokasi di Jl. Lebak Bulus I kav 29, Jakarta Selatan, dapat dituju dengan melintasi Jl. TB Simatupang, Jl. RS Fatmawati, dan Jl. Lebak Bulus I. RS berstandar internasional ini dibangun di atas lahan seluas 3,8 Ha, dan terdiri dari 10 lantai (termasuk 3 lantai basement).

Dengan konsep Center of Excellence, yaitu pusat layanan dan konsultasi dalam “one stop service” yang meliputi pendaftaran, pemeriksaan pasien, pembayaran, dan penerimaan obat yang dilakukan dalam satu area.

Mayapada Hospital juga dilengkapi dengan helipad untuk memudahkan dan mempercepat pertolongan pada pasien, baik dari dalam kota dan luar kota.

Sama seperti Mayapada, Siloam Hospital juga dilengkapi dengan landasan helikopter (helipad) yang berfungsi sebagai ambulans udara untuk kasus emergency dan membutuhkan evakuasi cepat. Jarak apartemen dengan rumah sakit sekitar 5,3km.

Synthesis Residence Kemang

Mayapada dan Siloam Hospital sama-sama dilengkapi dengan helipad untuk memudahkan dan mempercepat pertolongan pada pasien, baik dari dalam kota dan luar kota. (Google Maps)

Swalayan: Untuk memenuhi kebutuhan dapur, satu supermarket yang berjarak sangat dekat dengan apartemen adalah Jason’s. Saking dekatnya, Anda bahkan bisa berjalan kaki ke sini dalam waktu lima menit saja.

Tempat belanja lain yang dapat dijadikan destinasi tiap minggunya adalah Kem Chicks atau Ranch Market.

Di samping menyediakan produk retail impor yang berkualitas, Kem Chicks juga menyajikan produk home made bakery khas Eropa yang dibuat fresh setiap harinya.

Sementara Ranch Market yang merupakan supermarket bagi kalangan the Have menghadirkan koki khusus untuk memberikan kelas memasak bagi pelanggan, dengan menggunakan produk yang tersedia di sana.

Synthesis Residence Kemang

Kedua supermarket kalangan elite yakni Ranch Market dan Kem Chicks, bisa ditempuh dengan berkendara selama 20 menit dari Synthesis Residence Kemang. (Google)

Hiburan: Anda takkan kekurangan hiburan jika tinggal di Synthesis Residence Kemang. Selain sejumlah resto dan bar ternama, apartemen juga tak seberapa jauh dari Mal Pejaten Village (1,8km).

Di sini terdapat Matahari Department Store dan sejumlah gerai pakaian lain seperti Levi’s, Giordano, The Executive, Wakai, Et Cetera, dan lainnya. Selain itu, di sini juga tersedia sejumlah gerai makanan seperti J.Co dan Eat n Eat, serta bioskop Cinema XXI.

Synthesis Residence Kemang

Pejaten Village telah menjadi pusat perbelanjaan terkemuka (Sumber: lippomalls.com)

Pilihan lainnya, Anda bisa menuju Lippo Mal Kemang yang berjarak 3 kilometer. Mal fesyen dan gaya hidup ini dilengkapi 208 tenants, beberapa diantaranya Debenhams Department Store, Cinema XXI, Debenhams, Best Denki, Fitness First Platinum and ACE Hardware.

Selain itu juga ada beberapa tenant besar seperti Marks and Spencer, Timezone, iBox and Eatery Food Court.

Sebagai alternatif, Cilandak Town Square juga tak kalah seru dipilih sebagai tempat hangout karena rutin menggelar event tiap minggunya.

Selengkapnya

Ringkasan

Lokasi berperan besar terhadap harga sebuah properti. Rumus baku ini nampaknya tak bisa ditepis lagi. Jadi, jika Anda mengingkan hunian di area strategis dan prestis, maka ada harga lebih yang harus dibayar. Apalagi jika incaran lokasinya adalah sekitaran Kemang seperti Ampera.

Suplai hunian yang terbatas di sana pun memicu timbulnya harga kompetitif. Tak ayal harga rumah seken jarang dibandrol dibawah Rp5 Miliar. Bila ada, pasti sudah jadi bahan rebutan.

Ketimbang menunggu rumah dijual, tidak ada salahnya mengalihkan dana yang ada saat ini untuk sebuah unit apartemen. Ini boleh jadi berlaku jika Anda seorang investor yang gemar memutarkan uang di Kemang dan sekitarnya.

Sementara untuk Anda yang memang membutuhkan tempat tinggal segera (end user) namun dana terbatas, unit-unit di Synthesis Residence Kemang masih terjangkau untuk dicicil.

Apalagi dengan kehadiran tipe one bedroom yang dibandrol mulai Rp1,3 Miliaran. Perkiraan kasar cicilan Kredit Pemilikan Apartemen (KPA) untuk tipe ini sekitar Rp3,9 Jutaan. Masih terjangkau bagi si pemilik gaji Rp10 Jutaan, kan?

Selengkapnya
Eric Wong

Fathia Azkia

Penulis adalah Editor di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke:Fathiaazkia@rumah.com atau melalui Twitter: @fathianyaaa

Hubungi Pemasang Iklan

Hubungi Pemasang Iklan

Ketentuan Layanan: Pemasang iklan bertanggungjawab sepenuhnya atas semua informasi yang ditayangkan

Masukan