Tera Damai, Tambun, Kabupaten Bekasi

  • Boy Leonard
  • 31 Agustus 2020

Damai Putra Group merupakan pengembang nasional yang telah berpengalaman mendirikan sederet proyek hunian. Proyek terbesarnya ialah Kota Harapan Indah yang berada di Bekasi. Beberapa proyek di Jabodetabek yaitu The Royal Residence, Segara City, dan Greenara Residence. Sedangkan di Yogyakarta dan Sidoarjo ada Casa Grande, Green Hills  dan Graha Tirta Estate.

Nama Proyek: Tera Damai Cluster Asthama

Alamat: Jalan Turi Kelurahan Sriamur, Tambun Utara, Bekasi, Jawa Barat

Tipe Unit

Tipe 32/60. Harga Rp390juta

Tipe 35/60. Harga Rp400juta

Tipe 37/70. Harga Rp440juta

Tipe 40/70. Harga Rp450juta

Spesifikasi Teknis

Pondasi: Batu kali

Struktur: Beton bertulang

Rangka atap: Baja ringan (SNI)

Penutup atap: Genteng beton flat

Plafond: Gypsum 9mm (rangka hollow)

Plafond: GRC 4mm (sisi luar)

Lantai: Keramik ruang utama 40x40cm, toilet 20x20cm

Dinding: Bata merah/bata ringan

Carport: Rabat beton

Sanitari: Kloset duduk. Ex. American Standard/setara

Kusen: Alumunium 3inch

Pintu: Pintu luar Engineering door. Pintu dalam dobel triplek

Cat: Eksterior dan interior. Ex Propan ecoshields

Plint: Cat Minyak. Ex. Ftalite

Air bersih: PDAM

Listrik: PLN daya 1300 watt

Analisis

Ulasan Proyek Tera Damai Cluster Asthama, Tambun, Bekasi

Model fasad bangunan yang ada di Cluster Astama, bergaya minimalis modern dengan dominasi jendela kaca vertikal dan panel kayu yang hangat.

Bila mengacu kepada data yang dimiliki oleh Rumah.com, rata-rata harga bangunan di kawasan Tambun Utara berkisar Rp8juta sampai Rp10juta per meter persegi.  Sementara itu Tera Damai Cluster Astama memiliki harga Rp10,5juta per meter persegi. Dengan nilai ini apa yang ditawarkan oleh perumahan Tera Damai?

Sebagai perumahan yang berada di dalam kawasan mandiri, Cluster Astama membawa kesan prestis tersendiri. Mulai dari akses infrastruktur jalan yang dibuat lebar, trotoar untuk pejalan kaki dan lansekap hijau di sisi jalannya. Selain itu pengembang juga secara serius mendesain lingkungan hunian yang modern tetapi tetap ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Di dalam area perumahan juga dikelilingi oleh sejumlah fasilitas umum yang lengkap seperti ruang terbuka hijau, mushola, lapangan, serta danau. Sedangkan di luar area terdapat ruko komersial yang nantinya diramaikan oleh ritel bisnis dan UMKM yang memudahkan warga mencari kebutuhan sehari-hari.

Untuk unit bangunannya sendiri juga dibuat fungsional dengan luas bangunan rata-rata 36m2 sampai 45m2. Terdapat dua kamar tidur dan satu kamar mandi yang ditambah dengan pekarangan di depan dan belakangan rumah. Bagi keluarga muda, banderol harga dibawah Rp400jutaan masih ramah dikantong sehingga bisa dicicil melalui metode KPR.

Ulasan Proyek De Sweet Home Tambun, Bekasi

Di Rumah.com, ada beragam pilihan rumah dijual baik baru dan bekas dengan harga di bawah Rp400juta di Kawasan Tambun, Bekasi.

Selain Tera Damai, di kawasan Tambun sudah berdiri sejumlah perumahan baru. Salah satunya ialah Velicia Village. Perumahan yang berjarak 3,4km dari Tera Damai ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti danau, kolam renang, lapangan futsal dan masjid.

Akan tetapi, Velicia Village menawarkan hunian dua lantai dengan harga Rp8jutaan per meter persegi. Tentunya dari segi harga tidak bisa dibandingkan dengan Tera Damai yang merupakan bangunan rumah satu lantai.

Di area lain di Tambun Utara juga ada Grand Mahkota yang dijual dengan harga Rp10juta per meter persegi. Namun tidak terdapat fasilitas yang cukup lengkap seperti Tera Damai maupun Velicia Village.

Secara umum, pergerakan harga investasi properti di kawasan Babelan dan Tambun Utara mencapai 15 – 20 persen per tahun. Ini merupakan indikasi bahwa nantinya akan semakin banyak pencari rumah dan investor yang mengincar kawasan ini.

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Ulasan Proyek Tera Damai Cluster Asthama, Tambun, Bekasi

Kiri: Proses pembangunan unit rumah contoh, akses jalan dan pos security. Kanan: Fasad bangunan rumah contoh yang bergaya modern minimalis dengan atap berundak yang khas.

Tera Damai Cluster Astama merupakan pembangunan kota mandiri baru di kawasan Tambun Utara. Area pengembangannya mencapai 100 hektare, sementara Cluster Astama menjadi cluster tahap pertama yang dipasarkan dari total 14 cluster.

Mengambil lokasi di Jalan Sriamur, kawasan ini masih terbilang sepi dari pengembangan proyek besar. Sebagian besar proyek disini merupakan perumahan sederhana atau cluster kecil yang tidak memiliki fasilitas lengkap.

Ulasan Proyek Tera Damai Cluster Asthama, Tambun, Bekasi

Kiri: Proses pembangunan unit rumah contoh, akses jalan dan pos security. Kanan: Fasad bangunan rumah contoh yang bergaya modern minimalis dengan atap berundak yang khas.

Cluster Astama merupakan cluster yang memasarkan rumah tipe satu lantai. Penjualan tahap pertama dibuka dengan 50 unit rumah mulai dari harga Rp390juta. Terdiri dari empat tipe rumah yaitu Tipe 32/60 seharga Rp390juta, Tipe 35/60. Harga Rp400juta Tipe 37/70. Harga Rp440juta dan terakhir Tipe 40/70 dengan Harga Rp450juta

Seperti perumahan pada umumnya, pembangunan rumah dimulai dari pembuatan infrastruktur yaitu pipa air dan akses jalan. Setelah itu dibuat rumah contoh dan kantor pemasaran di dalam area perumahan. Tera Damai sendiri sudah memiliki rumah contoh dengan fasad yang bergaya minimalis modern. Terlihat dari penggunaan kaca vertikal serta pemilihan warna cat eksterior yang sederhana.

Ulasan Proyek Tera Damai Cluster Asthama, Tambun, Bekasi

Kiri dan kanan: Akses jalan lingkungan menuju Tera Damai yang dibuat lebar dan nantinya akan dihiasi oleh pepohonan di sisi kanan dan kiri.

Sebagai pengembang yang telah berpengalaman mendirikan kawasan mandiri, Damai Putra Group mendesain secara serius Tera Damai untuk menjadi hunian berstandar internasional. Mulai dari pembangunan akses jalan yang lebar dan dibuat dua arah, desain lansekap taman serta konsep sustainable atau ramah lingkungan di dalam hunian.

Konsep “Living in Harmony with Nature” ini diimplementasikan dengan pendekatan Water Sensitive Urban Design (WSUD). Maksudnya, lingkungan perumahan akan didesain untuk ramah lingkungan sehingga bebas dari banjir. Pertama dengan menjadikan danau sebagai landmark kawasan, sehingga air hujan bisa dimanajemen dengan baik.

Pengolahan air dilakukan dengan cara menyaring air yang masuk kemudian dimaksimalkan serapan air ke tanah. Baru setelah itu dialirkan ke saluran riol kota atau badan air terdekat dengan kondisi relatif lebih bersih.

Ulasan Proyek Tera Damai Cluster Asthama, Tambun, Bekasi

Kiri: Ilustrasi fasad rumah yang ada di Cluster Astama yang khas dengan warna cat putih dan krem. Kanan: Denah ruang untuk tipe terkecil yakni 32/60 yang berisi dua kamar tidur dan satu kamar mandi.

Kemudian di setiap area perumahan akan disediakan ruang terbuka hijau, serta sirkulasi bagi pejalan kaki dan pesepeda. Tidak hanya itu, kawasan perencanaan Tera Damai juga akan disediakan fasilitas pendukung seperti ruko deret, fasilitas publik dan ruang terbuka hijau yang tersebar di seluruh area.

Untuk semakin ‘memanjakan’ para penghuninya, Tera Damai juga melengkapi fasilitas perumahan dengan rumah peribadatan yaitu masjid, kolam renang, area komersial dan jalan utama yang lebar. Dengan demikian, para penghuni bisa merasa nyaman tinggal dan terpenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Ulasan Proyek Tera Damai Cluster Asthama, Tambun, Bekasi

Kiri: Ilustrasi fasad rumah yang ada di Cluster Astama yang khas dengan warna cat putih dan krem. Kanan: Denah ruang untuk tipe terkecil yakni 32/60 yang berisi dua kamar tidur dan satu kamar mandi.

Ulasan Proyek Tera Damai Cluster Asthama, Tambun, Bekasi

Kiri: Kantor pemasaran yang sedang dalam proses pembangunan akhir. Kanan: Interior ruang yang ada di rumah contoh yang juga masih dalam tahap finishing.

Rumah.com menelusuri salah satu tipe rumah yang ada di Tera Damai. Tipe paling terkecil namun tentunya banyak dicari oleh para pasangan muda yaitu tipe 32/60. Rumah satu lantai ini memiliki luas tanah 60m2 dan luas bangunan 32m2. Meskipun terkesan minim, namun pengembang berupaya membuatnya fungsional.

Terdiri dari dua kamar tidur dan satu kamar mandi, unit rumah ini memiliki ruang tamu dan menyatu dengan dapur dan area makan. Selain itu terdapat taman di depan dan belakang rumah yang cukup lebar untuk mengoleksi tanaman favorit. Di bagian depan rumah masih tersedia carport yang bisa memarkir kendaraan roda empat dan roda dua.

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Ulasan Proyek Tera Damai Cluster Asthama, Tambun, Bekasi

Tambun dan Kabupaten Bekasi pada umumnya mengandalkan geliat industri sebagai penggerak ekonomi.

Tambun menjadi salah satu kecamatan di Bekasi yang terus mengalami pertumbuhan properti. Tidak hanya di kawasan Tambun Selatan, kini area Tambun Utara juga mulai dituju untuk investasi para pengembang. Proyek yang dikembangkan juga tidak melulu perumahan subsidi dan kelas menengah ke bawah. Salah satu contohnya ada Damai Putra Group yang berencana mendirikan kota mandiri seluas 100 hektar di lokasi ini.

Investasi yang datang tentunya bukan tanpa alasan, sebab infrastruktur Tambun terbilang semakin lengkap. Mulai dari rencana pintu gerbang tol Cibitung- Cilincing, sampai dengan pembangunan jalan layang dan LRT. Tambun dinilai belum memiliki area perumahan dengan fasilitas lengkap sehingga konsep kota mandiri bisa menjadi acuan pemukiman skala kota yang lebih baik.

Menuju Lokasi

Ulasan Proyek Tera Damai Cluster Asthama, Tambun, Bekasi

Dari pintu keluar tol Pekayon/Bekasi Barat ke Tera Damai berjarak 15,7km. Foto: Google.

Untuk menuju Tera Damai Cluster Astama, Anda bisa melalui jalan tol Jakarta-Cikampek via lingkar dalam maupun lingkar luar Jakarta. Setelah itu, ambil pintu tol di Pekayon/Bekasi Barat. Lanjutkan ke Jalan Jendral Ahmad Yani kemudian belok kiri untuk mengikuti arah ke Summarecon Bekasi.

Setelah bertemu dua bundaran, belok kiri ke Jalan Perjuangan. Ikuti jalan ke Jalan Merdeka/Jalan Raya Babelan. Setelah 5km kedepan Anda akan tiba di Tera Damai.

Untuk angkutan umum, Anda bisa naik angkot K64B dari jalan RE. Martadinata Cikarang sampai ke jalan Sriamur. Setelah itu Anda bisa turun di depan perempatan Indomaret Turi. Dari titik ini Anda bisa jalan kaki sekitar 150 meter untuk sampai di dalam perumahan Tera Damai.

Untuk para pengguna commuterline, Anda bisa turun di stasiun Bekasi dan melanjutkan perjalanan dengan angkutan 04B kemudian turun di jembatan besi eks Giant dan melanjutkan dengan angkutan 09 menuju Tera Damai.

Fasilitas Umum

Tera Damai berada di kawasan Kota Mandiri Harapan Indah yang sudah lengkap dikelilingi aneka fasilitas umum. Mulai dari sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan kuliner. Maka, Anda tidak perlu khawatir jika ingin beraktivitas dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Ulasan Proyek De Sweet Home Tambun, Bekasi

Di Rumah.com, ada beragam pilihan rumah dijual baik baru dan bekas dengan harga di bawah Rp400juta di Kawasan Tambun, Bekasi.

Untuk fasilitas kesehatan, terdapat rumah sakit Ananda Babelan berjarak 1,4km dari Tera Damai. Sepanjang rekam jejaknya, rumah sakit Ananda Babelanini telah mengatungi beberapa penghargaan.

Beberapa di antaranya adalah penghargaan untuk riset di bidang kesehatan pada tahun 2017. Untuk urusan fasilitas penunjang pelayanan kesehatan, rumah sakit ini memiliki EEG atau Elektroensefalogram untuk mendeteksi kelainan pada otak. Lain itu rumah sakit ini memiliki fasilitas rawat inap, terdapat spesialis anak, spesialis bedah saraf, dan spesialis bedah tulang.

Ulasan Proyek Tera Damai Cluster Asthama, Tambun, Bekasi

Rumah sakit Ananda merupakan RS terdekat dari Tera Damai.

Lalu fasilitas kesehatan lain adalah rumah sakit Tiara yang berada di jalan raya Babelan atau 3km dari Tera Damai. Awalnya rumah sakit ini merupakan klinik dan rumah bersalin Tiara Bunda.

Namun mulai 17 Agustus 2011 klinik ini berubah menjadi rumah sakit yang memberikan pelayanan kesehatan dengan fasilitas yang lengkap seperti ICU, PICU, NICU, ruang rawat inap, dan kamar operasi. Untuk layanan rawat jalan rumah sakit ini dilengkapi dengan poliklinik mata, paru, saraf, dan ortopedi.

Kemudian untuk fasilitas perbelanjaan yang murah dan nyaman ada Superindo Satria Square berjarak 6,5km. Setelah Giant Ekstra di Wisma Asri gulung tikar, Superindo jadi satu-satunya fasilitas supermarket andalan Tambun Utara.

Supermarket ini menyediakan berbagai barang kebutuhan sehari-hari, mulai dari kebutuhan bahan pokok, dapur, dan juga kebutuhan perabotan rumah tangga. Bagi Anda yang tidak sempat masak, Superindo juga menjual berbagai makanan matang siap santap. Namun bila berbelanja di supermarketi ini Anda baiknya bersiap membawa tas belanja sendiri lantaran supermarket ini menerapkan program kantung plastik berbayar.

Bila ingin berbelanja di pasar tradisional, ada pasar Babelan berjarak 900meter dari Tera Damai.

Ulasan Proyek Tera Damai Cluster Asthama, Tambun, Bekasi

Setelah Giant Wisma Asri tutup, Anda masih bisa berbelanja di Superindo Satria Square.

Untuk fasilitas pendidikan, Tera Damai dekat dengan sekolah-sekolah negeri yang dapat Anda pilih untuk memberikan pelayanan pendidikan untuk si kecil. Misalnya SDN Sriamur 02 berjarak 3km dan SDN Srijaya 04 berjarak 1,3km.

Kedua sekolah ini didukung juga dengan sekolah tingkat selanjutnya yaitu SMPN 01 Tambun Utara berjarak 2,5km dari Tera Damai atau sekitar 10 menit berkendara. Sekolah lain adalah SMPN 1 Babelan berjarak 1,5km atau 10 menit berkendara. Ingin fasilitas pendidikan tingkat sekolah menengah atas?

Ulasan Proyek Tera Damai Cluster Asthama, Tambun, Bekasi

Perumahan Tera Damai dikelilingi fasilitas pendidikan, salah satunya SMPN 01 Tambun.

Ada beberapa sekolah menengah atas di sekitar perumahan seperti SMAN 1 Babelan berjarak 2,5KM dan juga SMAN 1 Tambun Utara berjarak 2,7km. Dengan fasilitas pendidikan yang lengkap, tentu Anda tidak perlu khawatir soal kebutuhan pendidikan putra dan putri.

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Ingin tahu berapa nilai pajak hunian yang akan dibeli? Simak cara perhitungannya berikut ini!

 

Tambun dan Cibarusah ke depannya akan berubah jadi kawasan hunian yang strategis di kabupaten Bekasi, para pengembang pun akan semakin ramai hadir dan membanjiri Anda dengan hunian dengan berbagai macam tipe dan design. Salah satunya Tera Damai Cluster Astama yang saat ini tengah mengembangkan hunian berkonsep kota mandiri dengan rumah tipe satu lantai.

Cluster Astama menawarkan sebuah hunian yang lengkap dengan fasilitas seperti danau, mushola, lapangan serta ruang terbuka hijau. Pengembang juga mendesain hunian yang ramah lingkungan serta memiliki infrastruktur jalan yang tertata rapi. Dengan harga yang bersaing yakni Rp10jutaan per meter persegi Anda bisa mendapatkan hunian yang lengkap dan nyaman.

Tren investasi di kawasan ini tentunya akan semakin naik tinggi mengingat di masa mendatang akan hadir akses tol terbaru yaitu tol Jakarta – Cikampek 2 yang akan menghubungkan kawasan utara Jakarta ke akses tol Cikampek.

Proyek ini berdekatan dengan proyek lainnya seperti tol Cibitung – Cilincing yang juga tengah dibangun di kawasan ini. Proyek tol ini digagas setelah sebelumnya commuterline Bekasi diperpanjang hingga stasiun Cikarang sehingga membuat kabupaten Bekasi semakin mudah dalam urusan akses.

Tertarik membaca review perumahan lain di Bekasi? Lihat pilihannya di sini!

Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan seputar membeli rumah, temukan jawabannya di Panduan Rumah.com. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Tanya Properti.

Hanya Rumah.com yang percaya Anda bisa punya rumah!

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Hubungi Pemasang Iklan

Hubungi Pemasang Iklan

Ketentuan Layanan: Pemasang iklan bertanggungjawab sepenuhnya atas semua informasi yang ditayangkan

Masukan