Terrascotta Residence, Tanah Baru, Bogor

  • Boy Leonard
  • 18 September 2017

Salah satu pertimbangan orang mencari tempat tinggal sekarang ini adalah akses yang dekat dengan sarana transportasi publik. Terrascotta Residence adalah salah satunya. Komplek perumahan dibangun oleh Terrascotta Development dan perumahan ini menjadi portofolio pertamanya.  

Nama Proyek      : Terrascotta Residence

Alamat                 : Jalan Kalimurni Barat, Tanah Baru, Bogor.

Tipe                      : Rumah

Luas Area            : 4.700 M2, 24 unit.

Tipe                      :

Luas bangunan 36 M2, luas tanah 72 M2 harga Rp417 juta

Luas bangunan 45 M2, luas tanah 84 M2 harga Rp498 juta

Luas bangunan 45 M2, luas tanah 92 M2 harga Rp549 juta

Pondasi               : Batu kali + beton bertulang

Dinding               : Bata ringan+ plester+ aci+ cat

Lantai                  : Homogeneous tile ukuran 60X60 cm

Kusen                  : Alumunium (Jendela), Meranti oven (pintu)

Pintu                    : Meranti oven (pintu utama), flus door (dalam), multiplek (kamar mandi)

Jendela                : Alumunium

Atap                     : Baja ringan zincallum

Genteng              : Genteng beton flat

Sanitair                : Merek Toto atau setara

Lantai toilet        : Keramik 25 cm x25 cm

Plafon                  : Rangka hollow gypsum

Air bersih            : Sumur bor + jet pump

Listrik                   : 1.300 watt

Car port               : rabat beton

Fasilitas lain        : Gate cluster dengan security 24 jam, CCTV di beberapa titik jalan lingkungan, dan taman.

Analisis

Perkembangan perumahan di Kota Bogor saat ini semakin menunjukkan tren bergerak ke pinggir kota, karena keterbatasan lahan yang ada di tengah kota. Salah satu rumah yang berada di pinggiran Kota Bogor adalah Terrascotta Residence.

Perkembangan harga properti di Bogor juga terus mengalami peningkatan. Harga tanah di daerah Kencana, Tanah Sareal saat ini sudah mencapai Rp2 juta-Rp2,5 juta, tergantung lokasinya. Harga tersebut melompat cukup tinggi dibanding sekitar 4 tahun lalu yang harganya masih berkisar Rp500 ribu-Rp1 juta. Kenaikannya cukup signifikan, lebih dari 100%.

Daerah Tanah Sareal bisa menjadi pilihan menarik, karena daerah ini dilintasi oleh Tol BORR. Pilihan menuju daerah Kencana bisa melalui pintu keluar Kedung Badak atau bisa juga melalui Salabenda bila nanti Tol BORR seksi 2 sudah selesai.

Saat ini pengerjaannya sudah mencapai 70-an persen, jadi tidak lama lagi pintu tol Salabenda sudah bisa dilewati.

Hal tersebut menjadi keuntungan tersendiri, karena pilihan akses menuju tol semakin banyak. Hal ini melengkapi akses moda commuter line yang berjarak kurang dari 2km dari komplek perumahan.

Saat ini, satu-satunya kendala adalah adanya beberapa jalan rusak menuju stasiun. Namun menurut informasi dari pengembang, jalanan menuju Stasiun Cilebut akan segera dicor. Hal tersebut tentu bisa semakin meningkatkan harga properti di daerah ini.

Sebagai gambaran, berikut ini perbandingan harga beberapa perumahan di Bogor Barat dan Ciomas.

Perumahan

Tanggal

Luas bangunan

Harga

Terrascotta Residence

Juli 2017

45/84

Rp498 juta

Batu Gede Asri

November 2016

40/72

Rp355 juta

River View Cilebut

Mei 2015

47/72

Rp490 juta

 

Dari daftar harga di atas, harga perumahan di sekitar Tanah Sareal dan Cilebut berkisar antara Rp350 juta hingga Rp500 juta. Harga tersebut untuk ukuran bangunan sekitar 40m2 dan tanah antara 70-80m2.

Harga tersebut tentu dipengaruhi juga spesifikasi bangunan dan fasilitas yang tersedia di dalam komplek perumahan. Harga tersebut biasanya sudah termasuk bonus yang ditawarkan oleh pihak pengembang.

Angka 10% menjadi patokan besaran DP minimal untuk KPR di Terrascotta Residence. DP tersebut sudah termasuk biaya IMB, BPHTB, PBB, pemasangan jaringan listrik, dan sumur bor. Harga tersebut belum termasuk biaya proses KPR ((±5% dari plafon KPR) dan biaya appraisal.

 

Selengkapnya

Detail Properti

Terrascotta Residence adalah perumahan tipe klaster dengan unit terbatas, yaitu hanya 25 unit. Hanya terdapat dua tipe bangunan yaitu tipe 36 dan tipe 45. Semua tipe 36 memiliki luas tanah 72 M2, sedangkan untuk tipe 45 terdapat dua ukuran luas tanah yaitu 84 M2 dan 92 M2.

Ketika sampai di pertigaan menjelang komplek perumahan, sebuah pagar minimalis dan pos keamanan minimalis menyambut kedatangan tamu.

Memasuki komplek perumahan, jalan konblok menyisir bagian sisi kanan komplek perumahan. Sebuah rumah sudah selesai dibangun dan beberapa rumah masih dalam tahap pembangunan.

Luas lokasi klaster 4.700m2 membuat kita segera bisa memetakan komplek perumahan ini. Selain pos keamanan di bagian depan, di sudut depan kanan terdapat taman yang disedikan sebagai fasilitas umum.

Sistem satu gerbang dengan pengamanan 24 jam membuat keamanan perumahan ini terjaga cukup baik. Tembok yang mengelilingi komplek perumahan juga cukup tinggi, lebih dari dua meter.

Terrascotta Residence Bogor

Gerbang perumahan Terrascotta Residence.

Pengembang juga berencana memasang CCTV di beberapa titik komplek perumahan. Hal ini sangat membantu sekuriti dalam menjaga keamanan komplek, karena beberapa titik yang tidak terlihat langsung dari pos kemanan tetap bisa terpantau selama 24 jam.

Fasilitas menarik dari komplek perumahan ini adalah adanya 25 sumur resapan yang terdapat di bawah jalan. Air hujan yang turun akan ditampung di dalam sumur-sumur resapan tersebut, sehingga air tanah tersedia dengan baik.

Cadangan air tersebut akan sangat berguna di musim kemarau, karena rumah di Terrascotta Residence menggunakan air tanah, bukan jaringan PAM.  

Selain sistem sumur resapan yang ramah lingkungan, komplek perumahan ini menggunakan sistem saluran air pembuangan bawah tanah. Jadi air limbah dari kamar mandi lain dapur akan dibuang di got yang tertutup oleh konblok.

Hal ini membuat jalan di perumahan terlihat rapi dan bersih. Bonus kenyamanan penghuni. Jalan di dalam komplek perumahan ini memiliki lebar sekitar 6 meter, cukup lebar.

Terrascotta Residence Bogor

Konblok warna merah adalah jalur got bawah tanah di komplek perumahan.

Masuk ke spesifikasi rumah, pengembang menggunakan batu kali yang dikombinasikan dengan sloof beton untuk pondasi dan kerangka rumah. Bahan ini memang jamak digunakan di berbagai perumahan, karena terbukti memberikan dasar yang kokoh untuk bangunan tembok dan atap di atas.

Tembok rumahnya menggunakan bata ringan yang diplester, diaci, dan dicat. Penggunaan bata ringan ini memiliki kelebihan yaitu pemasangan lebih rapi, cepat, dan juga lebih tahan api. Untuk cat luar ruang digunakan cat tahan cuaca yang membuat warna cat tidak mudah pudar.

Terrascotta Residence Bogor

Pembangunan unit rumah sedang berlangsung.

Lantai rumah menggunakan bahan granit berukuran 60×60 cm. Ubin di perumahan ini menggunakan warna krem untuk bagian dalam dan warna abu-abu tua untuk bagian luar. Warna krem membuat ruangan terkesan lebih luas. Sedangkan penggunaan warna tua untuk ubin di luar menguntungkan, karena bila ada kotoran seperti debu tidak terlalu terlihat.

Terrascotta Residence Bogor

Ubin teras berwana gelap membuat kotoran tersamarkan.

Tinggi plafon di perumahan ini yang mencapi 4,2 meter menguatkan citarasa rumah ramah lingkungan. Plafon tinggi membuat sirkulasi udara dan cahaya bisa mengalir dengan baik. Plafon tinggi ini melengkapi konsep rumah ramah lingkungan.

Ada beberapa jenis bahan untuk pintu rumah. Pertama adaalah daun pintu meranti oven untuk pintu utama. Untuk pintu kamar digunakan flush door atau double teak wood. Sedangkan untuk pintu kamar mandi digunakan multiplek berlapis melamin untuk melindungi dari guyuran air.

Ruang tamu di rumah ini mendapat porsi cukup luas. Untuk tipe 36 luasnya 13,5m2 dengan panjang 4,5m dan lebar 3m.

Ruang tamu terlihat lega, karena terdapat tiga jendela di bagian depan dan satu di bagian belakang, sehingga cahaya yang masuk berlimpah. Untuk tipe 45 lebih lega lagi dengan luas 17,5m2.

Terrascotta Residence Bogor

Ruang tamu dengan ubin warna cerah dan banyak jendela membuat ruang terlihat luas.

Masing-masing kamar juga dilengkapi dengan sepasang jendela, jadi cahaya yang masuk cukup berlimpah. Total ada delapan jendela untuk tipe rumah 36.

Hal ini semakin menguatkan konsep ramah lingkungan yang ditawarkan oleh pengembang. Hal ini menjadi keuntungan, karena rumah yang sirkulasi udara dan cahayanya baik bisa mendukung kesehatan penghuninya.

Menuju ke kamar mandi, sanitair di dalamnya juga menggunakan bahan berkualitas yaitu merek Toto. Fasilitas sanitair terdiri dari closet duduk, shower, dan jet shower. Dinding di kamar mandi menggunakan keramik minimalis yang mengombinasikan warna cokelat, krem, dan putih.

Terrascotta Residence Bogor

Kamar mandi dengan dinding bergaya minimalis.

Di sudut rumah dekat halaman belakang terdapat dapur dan sink untuk cuci piring. Warna keramik dindingnya mirip dengan keramik dinding kamar mandi, sedangkan warna lantai untuk sink serupa dengan lantai dalam rumah.

Terrascotta Residence Bogor

Dinding dapur persis dengan dinding kamar mandi.

Carport di perumahan ini menggunakan rabat beton. Standar bahan untuk lantai carport yang cukup kuat untuk dijadikan parkir mobil. Car port berukuran 3x5m ini cukup untuk parkir mobil tipe minibus.

Terrascotta Residence Bogor

Satu rumah yang sudah selesai proses pengerjaannya.

Hal menarik dari rumah di Terrascotta Residence adalah di halaman depan rumah ditanami rumput dan pohon peneduh. Hal ini akan menambah keasrian rumah dan yang pasti teras rumah Anda bakal jadi tempat favorit untuk bersantai, karena sejuk dan teduh.

Terrascotta Residence Bogor

Kiri: Floorplan tipe 36. Kanan: Floorplan Tipe 45.

Selengkapnya

Lokasi

Kota Bogor adalah daerah yang identik dengan curah hujan tinggi dan hawa yang sejuk. Hal tersebut bukan anggapan semata, karena menurut dari dari Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika, curah hujan di Kota Bogor berkisar 3.500 mm-4.000 mm per tahun. Angka ini lebih tinggi dari daerah lain di Jabodetabek yang berkisar di angka 2.500-3.000 mm pertahun.

Curah hujan tinggi ini membuat Kota Bogor memiliki suhu yang relatif sejuk dan memberikan suasana nyaman. Faktor-faktor inilah yang membuat banyak orang menjadikan Bogor sebagai kota idaman untuk dijadikan tempat tinggal.

Faktor investasi juga menjadi pertimbangan lain mengapa orang memilih Bogor untuk dijadikan tempat tinggal. Pertumbuhan infrastruktur di Bogor memang terus digenjot dalam beberapa tahun belakangan ini. Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) adalah infrastruktur yang sudah terlihat dan dilanjutkan saat ini.

Pembangunan infrastuktur di daerah tetangga, yaitu Kabupaten Bogor, membuat akses ke Kota Bogor semakin banyak. Pembangunan jalan dari Pemda Cibinong ke Parung misalnya, akan memberikan akses alternatif bagi orang yang tinggal dan akan bepergian ke daerah Bogor Barat.

Terrascotta Residence Bogor

Jarak dari Stasiun ke Terrascotta Residence hanya sekitar 1,7km. Gambar: Google.

 Menuju Lokasi: Terrascotta Residence merupakan satu perumahan yang terletak di Kelurahan Kencana, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor. Daerah ini berbatasan langsung dengan Cilebut, sebuah Desa yang masuk Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor.

Untuk menuju daerah ini, transportasi paling mudah adalah menggunakan commuter line. Anda bisa naik kereta jurusan Bogor. Anda yang dari Bekasi bisa transit di Manggarai, sedangkan yang dari arah Tangerang bisa transit di Stasiun Tanah Abang. Dari kedua stasiun tersebut, Anda tinggal pilih kereta jurusan Bogor.

Kereta jurusan Bogor tersedia cukup banyak. Sekitar 10 menit sekali kereta jurusan Bogor akan lewat. Anda juga bisa menginstal aplikasi jadwal commuter line di smartphone. Ada beberapa aplikasi jadwal commuter line yang akan memudahkan Anda melihat jadwal kereta, harga tiket, hingga kereta terdekat yang akan datang.

Bila sudah sampai stasiun Cilebut, Anda bisa naik angkot 19 jurusan Cilebut-Bubulak. Angkot ini tersedia cukup banyak dengan tarif Rp3000 untuk sampai lokasi.

Bila Anda ingin lebih cepat, Anda bisa menggunakan ojek dengan tarif sekitar Rp10 ribu. Waktu tempuh dari Stasiun Cilebut ke Terrascotta Residence hanya sekitar 5-10 menit, karena jaraknya hanya 1,7km.

Menggunakan mobil pribadi juga cukup mudah untuk menuju lokasi. Bila Anda melaju dari arah Jakarta atau Bekasi, masuklah ke Tol Jagorawi, setelah itu sambung ke Tol BORR. Keluarlah di pintu Kedung Badak lalu berputar balik ke arah Jalan Raya Cilebut. Setelah itu ikuti jalan sampai Stasiun Cilebut.

Dari pertigaan Stasiun Cilebut Anda belok kiri ke arah Jalan Raya Pendidikan. Lalu Anda akan bertemu Jalan Raya Kencana dan lokasi sudah dekat. Bila Anda sudah sampai Pesona Cilebut 2, maka lokasi Terrascotta Residence tinggal sekitar 300 meter lagi.

Anda yang naik sepeda motor bisa menggunakan jalur Jalan Raya Bogor hingga sampai Cibinong City Mall. Setelah itu belok dan masuk Jalan Tegar Beriman hingga mentok di pertigaan Bambu Kuning. Setelah itu ikuti jalan di pinggir rel kereta api sampai Stasiun Cilebut. Setelah itu ikuti seperti jalur mobil.

Anda juga bisa naik bus. Bila Anda dari arah Kampung Rambutan, naiklah bus jurusan Bogor. Turunlah di Perempatan Kedung Badak. Setelah itu Anda bisa naik ojek menuju ke lokasi. Cara ini lebih mudah dibanding Anda naik angkot, karena harus berpindah dua kali.

Perumahan

Bogor adalah sebuah kota yang cukup padat, apalagi daerah tengah kota. Meski begitu, daerah ini tetap jadi idaman banyak orang. Daerah yang relatif bebas banjir menjadi salah satu alasannya. Kota yang sudah berumur 535 tahun saat ini memiliki berbagai fasilitas penunjang yang lengkap.

Kepadatan perumahan di tengah kota membuat pemukiman bergeser ke daerah pinggir, salah satunya adalah Tanah Sareal, sebuah kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor. Area Tanah Sareal memanjang dari daerah Kedung Badak hingga Kemang.

Meskipun berada di daerah pinggir, tapi Tanah Sareal merupakan lokasi yang strategis, karena letaknya yang dekat dengan Stasiun Cilebut dan dilewati Tol BORR. Bahkan dua pintu keluar Tol BORR yaitu Kedung Badak dan Salabenda yang sedang dibangun masuk di wilayah Kecamatan Tanah Sareal.

Salah satu perumahan yang ada di daerah Tanah Sareal adalah Terrascotta Residence. Perumahan ini terletak di Kelurahan Kencana yang hanya dipisahkan jalan dengan Desa Cilebut Barat. Hal inilah yang membuat Terrascota berjarak sangat dekat dengan Stasiun Cilebut.

Fasilitas di daerah Kencana ini cukup lengkap. Pusat perbelanjaan sekelas minimarket bertebaran di daerah ini. Alfamart Kencana hanya berjarak sekitar 300 M dari perumahan. Selain itu terdapat Indomaret di Kampung Curug yang berjarak sekitar 600 M.

Pusat perbelanjaan yang lebih besar jaraknya juga tidak terlalu jauh. Bila ingin ke Yogya Mall di Cimanggu, pusat perbelanjaan ini hanya berjarak sekitar 4,5km. Tak jauh dari lokasi tersebut terdapat Lottemart di Pertigaan Yasmin yang berjarak sekitar 6km.

Anda yang suka berbelanja di pasar tradisional, terdapat Pasar Induk Kemang yang berjarak hanya 3,1km. Status pasar induk tentu saja memberikan garansi bahwa pasar ini menyediakan berbagai kebutuhan harian yang Anda perlukan secara lengkap.

Terrascotta Residence Bogor

Alfamart Kencana hanya berjarak sekitar 300 meter dari perumahan.

Anda yang berencana melakukan renovasi rumah bisa mengunjungi Mitra 10 yang terletak di Cimanggu dengan jarak sekitar 4,5km.

Toko bangunan di Cimanggu ini menyediakan berbagai bahan bangunan cukup lengkap mulai dari keperluan eksterior dan interior. Jadi Anda tak perlu khawatir bila ingin langsung mempercantik penampilan rumah Anda.

Selain fasilitas perbelanjaan, berikut ini daftar fasilitas pendidikan, kesehatan, dan rekreasi di sekitar Terrascotta Residence:

Fasilitas Pendidikan:

-TK Nurul Huda (±250 M) dan TK Islam Mutiara (±1,5km).

-SDN Cilebut 1  (±900 M), SDN Kencana 2 (±650 M), SDN Cilebut 5 (±1,5 M), SDN Sukadamai 2 (±1,5 M), dan SDN Kencana 1 (±1,8km).

-SMP Nusa Bangsa (±3,5km), SMP Putra Pakuan (±4km), SMPN 19 Kota Bogor (±5,6km), SMPN 3 Cibinong (±5,2km), SMPN Bojonggede (±6km), dan SMP Al-Azhar Syifa Budi Cibinong (±6km).   

– SMK Intelektual Bangsa (±1,2km), SMAN 2 Cibinong (±4,2km), SMAN 8 Bogor (±7km), SMAN 10 Bogor (±6,8km), dan SMK Kencana bakti (±100 M).

-Universitas Ibnu Khaldun (±4,7km), Institut Pertanian Bogor  (±12km—Kampus Baranangsiang maupun Dramaga), dan Universitas Pakuan (±12km).

Terrascotta Residence Bogor

SDN Cilebut 5 yang berjarak kurang dari 2km dari Terrascotta Residence.

Fasilitas kesehatan:

– Puskesmas Pembantu Kencana (±300 M).

– Puskesmas Mekarwangi (±1,9km).
– RS Hermina (±5km).

– RSUD Kota Bogor (±8km).

– RS PMI (±10km).

-RS Marzuki Mahdi (±10km).

– RSUD Cibinong (±11km).

Terrascotta Residence Bogor

Puskusmas Pembantu Kencana, fasilitas kesehatan terdekat dari komplek perumahan.

Sarana rekreasi:

– Situ Gede (±10km). Taman rekreasi alam di daerah Bubulak.

– Nirwana Water Park (±12km), Wahana air di dekat Stadion Pakansari.

– Ah Poong (±13km), Sarana rekreasi air plus rumah makan.

Selengkapnya

Ringkasan

Tanah Sareal merupakan satu kecamatan di sisi utara Kota Bogor adalah salah satu lokasi menarik yang bisa dijadikan pilihan membeli properti. Lokasinya strategis, karena sangat dekat dengan Stasiun Cilebut dan dekat dengan pintu tol BORR.

Melihat kisaran harga tanah yang meningkat 3-4 kali lipat dalam 4 tahun terakhir, prospek daerah ini cukup menarik, termasuk untuk dijadikan pilihan investasi. Apalagi pembangunan infrastruktur seperti jalan mulai diperbaiki di daerah ini.

Bila Anda sedang mencari rumah yang memudahkan aktivitas dan mobilitas Anda, Terrascotta Residence bisa jadi salah satu pilihannya.

Tertarik melihat ulasan untuk hunian lain di area Parung dan Bogor? Lihat pilihannya di sini! (Agung Marhaenis)

Boy Leonard

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan