The Manzil, Sawangan, Depok

  • Boy Leonard
  • 29 September 2020

Talof Properties dan Provasa adalah pengembang yang sudah berpengalaman sejak tahun 1991. The Manzil Depok menjadi proyek perumahan terbaru yang berada di kawasan Sawangan, Depok. Perumahan ini berdiri di atas lahan seluas 4000 meter dengan desain lingkungan yang nyaman dan hijau.

Nama Proyek: The Manzil Depok

Alamat: Jalan Mangga No.49. RT.06 RW.02. Pasir Putih, Sawangan, Depok, Jawa Barat.

Tipe Unit

Tipe Topaz. Luas Bangunan 42m2. Luas Tanah 84m2. Harga Rp490jutaan.

Spesifikasi Teknis

Pondasi : Batu Kali

Struktur : Beton Bertulang

Dinding : Bata Ringan + Plester + Aci

Lantai : HT 60 × 60

Kusen : Aluminium

Daun Pintu : Engineering Door

Daun Jendela : Aluminium

Kaca : Clear Glass 5 mm

Rangka Atap : Baja Ringan

Penutup Atap : Genteng Beton

Plafond : Gypsum Fin. Cat

Lantai Kamar Mandi : HT 60 × 60

Dinding Kamar Mandi : Keramik

Sanitair : Ex. TOTO (Kloset Duduk)

Analisis

Ulasan Proyek The Manzil, Pasirputih, Depok - 10

Fasad rumah yang ada di The Manzil Depok, bergaya tropical minimalis dengan plafon setinggi 3,2meter yang membuatnya terlihat megah.

Kawasan Pasir Putih Sawangan sudah diramaikan oleh ragam proyek perumahan baru. Harga bangunan per meter perseginya juga terus bersaing di kisaran Rp8juta per meter persegi. Sementara itu, The Manzil Depok membanderol harga di Rp11 juta per meter persegi. Dengan harga tersebut, apa kelebihan yang dimiliki oleh The Manzil Depok?

The Manzil berlokasi di kawasan Pasir Putih yang cukup lengkap dengan berbagai fasilitas umum. Mulai dari sekolah, rumah sakit dan pusat perbelanjaan. Akses menuju pintu tol juga relatif dekat sehingga memudahkan penghuni untuk beraktivitas sehari-hari.

Untuk lingkungan perumahannya, terdiri dari 30 unit rumah yang berdiri di atas lahan seluas 4.000 meter. Namun luasan tersebut tidak semuanya dipergunakan untuk mendirikan rumah. Ada sekitar 60 persen area lahan yang difungsikan untuk area terbuka hijau untuk sosialisasi penghuni.

The Manzil juga memiliki keunggulan di bagian spesifikasi bangunan. Dengan rancangan bangunan yang relatif bebas banjir, serta langit-langit yang memiliki ketinggian 3,2meter, dipastikan kenyamanan penghuni menjadi prioritas utama.

Lahan tanahnya juga cukup luas, sekitar 84m2 sehingga Anda leluasa untuk membangun rumah tumbuh di kemudian hari. Jadi dengan harga yang diatas pasaran, The Manzil tetap punya beberapa keunggulan tersendiri.

Ulasan Proyek The Manzil, Pasirputih, Depok - 11

Temukan banyak pilihan hunian dijual di Depok dengan harga di bawah Rp700 juta di Rumah.com.

Mencari perumahan lain untuk perbandingan, ada Rumello Verde yang berlokasi di Jalan Pasir Putih,  Sawangan. Perumahan dua lantai ini memiliki banderol Rp800jutaan untuk bangunan seluas 84m2. Dengan demikian harga bangunannya ada di kisaran Rp10jutaan.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh Rumello Verde, yakni jaringan fiber optik, smart home system, children playground dan danau mini yang ada di lingkungan perumahan.

Selain itu ada juga Puri Hasanah 6 yang merupakan perumahan skala besar dengan total 155 unit rumah yang akan dibangun. Perumahan ini membanderol harga perdananya mulai dari Rp550jutaan untuk bangunan tipe 45/84. Dengan model yang hampir mirip dengan The Manzil, disediakan beberapa fasilitas sosial seperti jogging track, taman bermain anak, kolam renang, masjid dan gazebo untuk sosialisasi warga.

Jalan tol dan beberapa perkembangan infrastruktur lainnya telah membuat wilayah Sawangan menjadi semakin tinggi harganya yang membuat produk perumahan terus merangkak naik. Hal ini juga bisa dijadikan dasar untuk peningkatan investasi dari produk properti yang kita beli terlebih saat penawaran perdana di The Manzil. Sehingga saat nanti progres di lokasi proyeknya terus berkembang pasti harganya juga akan ikut merangkak naik.

Selengkapnya

Detail Properti

Ulasan Proyek The Manzil, Pasirputih, Depok - 05

Kiri: Ilustrasi gerbang depan perumahan The Manzil. Kanan: Proses pembangunan gerbang depan hingga bulan September 2020.

Mencari perumahan baru dengan konsep yang unik dan nyaman memang bukan perkara mudah. Sebab, biasanya kita akan terbentur oleh anggaran yang lebih besar. Namun The Manzil menawarkan pilihan hunian yang berbeda. Dengan banderol Rp500jutaan, pengembang membuat lingkungan perumahan yang asri dengan struktur bangunan berkualitas.

The Manzil Depok berdiri di atas lahan seluas 4.000 meter, dengan jumlah total 30 unit rumah. Semuanya merupakan rumah satu lantai dengan bangunan bergaya tropical minimalis yang sering kita lihat di sejumlah perumahan baru lainnya. Sebenarnya dari depan perumahan kita juga sudah bisa merasakan nuansa minimalis dari kombinasi dinding depan perumahan yang diberi aksen batu bata merah ekspos serta pintu gerbang yang dibalut teralis besi vertikal.

Ulasan Proyek The Manzil, Pasirputih, Depok - 06

Kiri: Deretan rumah yang sudah selesai dibangun di komplek The Manzil. Kanan: Rencana pembangunan unit rumah yang ada di The Manzil, terdiri dari 30 unit rumah yang dibagi ke dalam tiga blok.

Perumahan The Manzil Depok memiliki makna dibalik namanya. Manzil adalah kata yang artinya ‘rumah’ atau ‘tempat tinggal’. Maksudnya, pengembang berharap The Manzil Depok bisa menjadi tempat penghuni menemukan ketenangan dan kenyamanan. Salah satu caranya adalah dengan merancang hunian yang bernuansa hijau.

The Manzil Depok memiliki konsep ruang terbuka 60 berbanding 40. Dimana 40 persen lahan didedikasikan sebagai area terbuka hijau. Hal ini diwujudkan dari taman hijau yang asri, area resapan, tata air yang sesuai dengan standar, dan lebar jalan (ROW) yang lebih besar.

Ulasan Proyek The Manzil, Pasirputih, Depok - 07

Kiri: Ilustrasi fasad bangunan yang didominasi warna cokelat dan krem yang hangat bergaya minimalis. Kanan: Denah ruang untuk tipe standar dimana terdapat dua kamar tidur dan satu kamar mandi.

Kemudian, Perumahan The Manzil Depok juga melakukan pembangunan sesuai dengan perijinan yang dilengkapi siteplan (rancangan pembangunan) dari Pemkot Depok. Dengan demikian setiap tata letak rumah, area resapan, area taman sudah diatur sesuai dengan peraturan dan undang-undang daerah setempat. Level ketinggian rumah dan tata air juga sudah diatur sesuai dengan PEIL Banjir sehingga setiap penghuni akan mendapat ketenangan di saat musim penghujan tiba.

Beralih ke desain bangunan, The Manzil Depok memiliki rumah dengan luas bangunan 42m2 dan luas tanah 84m2. Dengan komposisi tersebut, Anda bisa mendapati rumah tumbuh yang bisa direnovasi menjadi lebih lebar di kemudian hari. Untuk saat ini, kapasitas kamarnya ialah dua buah, dengan satu kamar mandi. Meski demikian, ada tanah di belakang rumah yang cukup lebar untuk diubah sebagai ruangan atau kamar tidur ketiga.

Ulasan Proyek The Manzil, Pasirputih, Depok - 08

Kiri dan kanan: Proses pembangunan beberapa unit rumah yang dibuat dari batu hebel dan struktur bangunan tinggi.

Saat ini perumahan The Manzil Depok masih dalam tahap pembangunan unit rumah sesuai dengan pemesanan dari pembeli. Meski demikian, ada beberapa unit rumah juga yang sudah selesai dibangun dan siap ditempati. Pengembang merancang bangunan rumah dengan konsep yang cukup baik. Hal ini terlihat dari pemilihan material bangunannya.

Sebagai contoh, kusennya dipilih dari bahan UPVC Grade A. Kemudian lantainya juga menggunakan Granit Tile. Selain itu tinggi plafonnya juga sekitar 3,2meter yang membuat ruangan menjadi lebih sejuk.

Ulasan Proyek The Manzil, Pasirputih, Depok - 09

Kiri: Fasilitas taman yang menghiasi sudut perumahan untuk bersosialisasi warga. Kanan: Contoh interior rumah yang sudah diisi kitchen set, set meja makan dan set sofa di ruang keluarga.

Di dalam lingkungan perumahan juga sudah dirancang taman sebagai ruang terbuka hijau untuk bersosialisasi warga. Taman ini sekarang masih ditanami pepohonan kecil namun nantinya bisa tumbuh besar menjadi area yang rimbun dan teduh untuk bersantai dan berolahraga.

Selain taman, nantinya juga ada fasilitas lain seperti kamera CCTV dan sekuriti yang bertugas 24 jam menjaga keamanan lingkungan.

Apabila Anda tertarik ingin berkunjung, sudah tersedia unit rumah contoh yang diisi oleh perabot lengkap untuk memberikan inspirasi penataan ruang di rumah yang minimalis. Rumah contoh ini dilengkap furnitur yang compact dan built in sehingga terlihat fungsional dan praktis.

Selengkapnya

Lokasi

Ulasan Proyek The Manzil, Pasirputih, Depok - 00

Semenjak dibangunnya akses tol Cinere-Serpong, Sawangan menjadi salah satu kawasan yang berkembang pesat di Depok.

Pengembangan proyek infrastruktur membuat wilayah Sawangan semakin banyak diburu oleh para pengembang mendirikan mini real estate atau perumahan baru. Sawangan juga semakin berkembang karena aksesibilitasnya semakin mudah dengan telah beroperasinya jalan tol Sawangan dari ruas Antasari (TB Simatupang).

Ke depan, Sawangan akan semakin berkembang khususnya dengan pengembangan jalan tol dari Antasari yang telah tersambung hingga ke Sawangan dan segera tersambung hingga Bojong Gede, Bogor, pada akhir tahun ini.

Infrastruktur lainnya yang akan menyusul tahun depan yaitu tol Depok-Balaraja yang akses in-out-nya berada di Perempatan Gaplek (RE Martadinata) yang akan menghubungkan akses tol ini dengan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) maupun Bogor Outer Ring Road (BORR).

Menuju Lokasi

Ulasan Proyek The Manzil, Pasirputih, Depok - 01

Jarak dari pusat bisnis Jakarta (SCBD Sudirman) ke The Manzil Depok sekitar 26km. Foto: Google.

Akses yang paling mudah dari Jakarta untuk menuju ke The Manzil Depok tentunya dari Jalan tol Antasari-Depok masuk dari TB Simatupang dan keluar di exit Sawangan (Km. 11). Dari tol ini belok kiri dan menyusuri Jalan Raya Sawangan sepanjang sekitar 2km hingga bertemu pertigaan Tugu Batu kemudian belok kiri dan dari sini lokasi perumahan sekitar 300 meter.

Jika datang dari Lebak Bulus, rutenya melalui Pasar Jumat, Pasar Ciputat, Jalan Dewi Sartika, Jalan RE Martadinata hingga melewati flyover Perempatan Gaplek, dan belok kiri di Perempatan Serua ke Jalan Abdul Wahab hingga bertemu dengan Jalan Raya Sawangan dan Pasir Putih. Dari sini jalurnya memang lebih jauh dan relatif macet.

Ruas Jalan Raya Sawangan juga merupakan akses jalan yang dilewati banyak transportasi umum. Ada begitu banyak pilihannya seperti angkot D07 dari Terminal Depok-Pasar Citayam melalui rute ITC Depok-Margonda-Kartini Siliwangi-Pancoran Mas (Sawangan)-Jalan Pitara-Jalan Raya Cipayung-Pasar Citayam.

Ulasan Proyek The Manzil, Pasirputih, Depok - 12

Kiri: Pertigaan Tugu Sawangan Baru, Jalan Raya Sawangan-Jalan Pasir Putih. Kanan: Jalan Raya Pasir Putih.

Kemudian D21 dengan rute Pasir Putih-Kampung Bedahan-Jalan Parigi-Jalan Kampung Kandang-Jalan Kampung Duren-Bojongsari-Pasar Parung. D03 Terminal Depok-Pasar Parung dengan rute Stasiun Depok Baru-Jalan Nusantara-RS Bhakti Yuda-Pancoran Mas-DTC-Jalan Raya Sawangan-Jalan Raya Muchtar-Pasar Parung.

Ada juga angkot D25 Bedahan-Curug. Rutenya melalui Sawanga-Jalan Raya Muchtar-Jalan Abdul Wahab-Jalan Cinangka-Jalan Serua-Pondok Petir-Curug. Untuk kereta komuter yang terdekat ke Stasiun Depok Baru yang berjarak sekitar 9km.

Ulasan Proyek The Manzil, Pasirputih, Depok - 11

Temukan banyak pilihan hunian dijual di Depok dengan harga di bawah Rp700 juta di Rumah.com.

Fasilitas Sekitar

Sawangan merupakan wilayah dengan begitu banyak fasilitas pendidikan, kesehatan, hingga komersial. Di sepanjang rute Jalan Raya Sawangan hingga kawasan Pasir Putih, kita tidak akan mengalami kesulitan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari maupun untuk sarana pendidikan anak-anak.

Ulasan Proyek The Manzil, Pasirputih, Depok - 02

RSUD Depok dan RS Permata Depok, dua RS terdekat dari perumahan.

Tidak jauh dari perumahan, ada sarana kesehatan yang besar yaitu RS Permata Depok (3,5km) dan Klinik Pratama Tugu Sawangan Baru (3,4km). Selain itu ke RSUD Depok jaraknya sekitar 5,6km selain ada juga Puskesmas Sawangan sekitar 4,3km. Yang lebih jauh RS Bhakti Yuda berjarak 8,3km ada RS Brawijaya di Bojongsari dengan jarak sekitar 11km.

Ulasan Proyek The Manzil, Pasirputih, Depok - 03

Sekolah Yapan serta SDN Pasir Putih bisa menjadi pilihan sekolah putra putri Anda.

Untuk sarana pendidikan ada begitu banyak pilihan hanya di Pasir Putih maupun Sawangan. Di lokasi ini fasilitas pendidikan mulai SDN Pasir Putih 03 (1,8km), SDN Pasir Putih 02 (1,3km) dan TK-SDIT-SMP-SMK Bina Mulia (1,1km).

Untuk tingkat lebih tinggi ada SMP-SMA-SMK Yapan (3,4km), Madrasah Ibtidaiyah Umwathul Huda, dan Madrasah Ibtidaiyah Al Khoeriyah, yang rata-rata berjarak sekitar 3km dari perumahan The Manzil Pasir Putih.

Selain itu juga ada SMAN 5 Depok (3,4km), SMAN 12 Depok (3,2km), serta SMK Al Muhtadin (4,1km). Jika ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas ada Universitas Indonesia (15km) dan Universitas Gunadarma (11km) yang jaraknya relatif terjangkau dari hunian.

Ulasan Proyek The Manzil, Pasirputih, Depok - 04

Dua mall terdekat dari Rumello Verde ialah DTC Mall dan Mal The Park.

Sementara untuk mal maupun pusat perbelanjaan, pilihan yang terdekat yaitu Depok Town Center (DTC) (6km) di Jalan Raya Sawangan. Ada juga mal besar yang baru dibuka yaitu Mal The Park di koridor Bojongsari yang jaraknya sekitar 10km. Diantara dua mal ini ada banyak fasilitas komersial seperti supermarket Giant, Alfa Midi, mini market, pasar tradisional, toko perkakas DIY, dan sebagainya.

Wilayah Sawangan khususnya di kawasan Pasir Putih juga terdapat banyak tempat rekreasi. Misalnya Taman Wisata Pasir Putih, Putri Duyung Waterpark, D’kandang Amazing Farm, sarana rekreasi dan outbond Pondok Zidane, Sawangan Golf Hotel & Resort, dan sebagainya.

Selengkapnya

Ringkasan

Mau beli rumah? Siapkan uang ekstra untuk dana tak terduga. Simak rincian dana untuk mengajukan KPR berikut ini!

Sawangan kini menjadi salah satu lokasi favorit berburu perumahan baru di kawasan Depok. Selain harga tanahnya yang masih cukup terjangkau, aksesibilitasnya juga semakin membaik dari waktu ke waktu. Khususnya sejak jalan tol Depok Antasari mulai beroperasi dan mempermudah akses menuju Jakarta.

The Manzil Depok menjadi salah satu perumahan baru yang berlokasi di kawasan Pasir Putih, Sawangan. Perumahan yang berdiri di atas lahan seluas 4.000 meter ini dilengkapi dengan taman dan security 24 jam untuk fasilitas sosialnya.

The Manzil juga memiliki siteplan dan desain bangunan yang dirancang secara serius oleh pengembang. Selain memiliki porsi lahan terbuka hijau sebesar 60 persen dari total area siteplan, rumah yang dibangun juga memiliki ketinggian ideal yang membuatnya relatif aman dari banjir. Dengan banderol harga Rp500jutaan, serta spesifikasi bangunan yang baik maka The Manzil Depok bisa menjadi salah satu pilihan yang patut dipertimbangkan.

Tertarik melihat review properti lain di Depok? Lihat pilihannya di sini!

Bagi Anda yang masih memiliki pertanyaan seputar membeli rumah, temukan jawabannya di Panduan Rumah.com. Anda juga bisa mengajukan pertanyaan melalui Tanya Properti.

Selengkapnya
Eric Wong

Boy Leonard

Penulis adalah senior content writer di Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: boyleonard@rumah.com

Masukan