TirtaMaya Residence, Sukoharjo, Jawa Tengah

  • Isnaini Khoirunisa
  • 18 Januari 2016

PT Gading Grahatama merupakan firma yang bergerak di sektor residensial dan telah sukses meluncurkan beberapa proyek perumahan. Diantaranya adalah Puri Alam Asri dan Tirtamaya Town house yang terletak di kawasan Karanganyar.

Sementara itu, Sukoharjo menjadi lokasi pertama yang ditembus dengan proyek bernama TirtaMaya Residence. Memiliki tema mini real estate, perumahan ini membidik kalangan pasar menengah atas.

Alamat: Jalan Mangesti Raya, Gentan, Sukoharjo, Jawa Tengah

Tipe: Rumah

TIPE UNIT

Rumah Executive A. Luas tanah: 153 – 189 m2 Luas bangunan: 124 m2

Harga: Rp1.127.775.000 – Rp1.296.075.000

Rumah Executive B. Luas tanah: 136 – 156 m2 Luas bangunan: 111 m2

Harga: Rp1.005.400.000 – Rp1.098.000.000

Grand Executive A. Luas tanah: 180 – 187 m2 Luas bangunan: 153 – 173 m2

Harga: Rp1.362.900.000 – Rp1.461.625.000

Grand Executive B. Luas tanah: 170 m2 Luas bangunan: 153 m2

Harga: Rp1.316.150.000

Grand Executive A Hook. Luas tanah: 204 m2 Luas bangunan: 173 m2

Harga: Rp1.541.000.000

Grand Executive B Hook. Luas tanah: 198 m2 Luas bangunan: 173 m2

Harga: Rp1.513.050.000

Boulevard. Luas tanah: 312,5 m2 Luas bangunan: 215 m2

Harga: Rp2.332.000.000

SPESIFIKASI BANGUNA

Struktur Bangunan: Beton Bertulang
Pondasi: Batu kali & foot plat
Dinding: Pasangan Batu Bata di plester
Cat: Propan Exterior & Interior
Lantai: Granit 60 x 60 (utama)
Keramik 25 x 20 / 30 x 30 (service)
Atap: Rangka atap baja ringan
Genteng: Pres tanah dicat
Kusen: Kayu Jati (utama)
Alluminium (service)
Pintu Utama: Panil Jati finishing melamin
Pintu Service: Rangka Jati double teakwood finishing melamin
Jendela: Alluminium di cat
Plafond:  Gypsumboard
Sanitair:  Setara American Standard
Railing Tangga:  Variasi besi hollow
Carport:  Grass blok
Air Bersih:  Sumur dengan pompa Shimitzu
Listrik : PLN 2200 Watt 25 titik standard

Analisis

Tidak sulit untuk menemukan perumahan baru di kawasan Gentan Sukoharjo, melihat tren pembangunan rumah klaster yang semakin menjamur. Meski begitu, hanya sedikit diantaranya yang mengadopsi sistem perumahan mewah.

Menurut riset Rumah.com, rata-rata perumahan di kawasan ini dibanderol harga jual di kisaran Rp3 juta sampai Rp5 juta per meter persegi. Rata-rata hunian ini digarap oleh pengembang lokal yang menargetkan pangsa menengah bawah. Sementara itu, TirtaMaya Residence menawarkan harga jual Rp 7,4 juta per meter persegi.

Sesuai slogannya, “Your status starts here”. pengembang TirtaMaya Residence memang membangun hunian dengan image mewah.

Menurut staf pemasaran dari TirtaMaya Residence, Sejak dipasarkan pada tahun 2014, perumahan ini sudah terjual sebanyak 25 unit. Selain konsumen lokal, pembeli rumah menengah atas di Solo banyak berdatangan dari luar daerah.

Perumahan Tanggal Luas Bangunan Harga Per meter persegi
Tirtamaya Residence 15/05/14 135 Rp900.000.000 Rp6.666.000
Tirtamaya Residence 10/01/16 135 Rp1.004.000.000 Rp7.437.037
Lor Inn Residence 15/05/15 150 Rp1.900.000.000 Rp12.600.000

Pembeli hunian ini secara umum punya ikatan emosional dengan Kota Solo, yaitu orang-orang asal Solo yang berkarir di luar daerah atau mereka yang pernah menempuh pendidikan dan berdinas di Solo.

Soal investasi, tingkat kepercayaan investor dari luar kota Solo ini begitu tinggi karena rata-rata capital gain di kawasan Solo Baru berada di angka 15% per tahun. Namun khusus untuk TirtaMaya Residence baru berkisar di angka 8%.

Salah satu penyebab perbedaan capital gain ini adalah lokasi. Di Jalan Mangesti Raya saat ini belum terlalu banyak berdiri perumahan mewah sehingga peminatnya pun belum terlalu tinggi. Selain itu, pengembang juga harus berhati-hati saat menaikkan harga agar tidak terlalu jauh dari harga pasaran dan membuat calon konsumen mundur.

Hal ini berbeda dengan kawasan jalan Ir. Soekarno, sekitar 12km dari TirtaMaya Residence. Perumahan Lor Inn Residence, contohnya, harga per meter perseginya mencapai Rp12,6 Juta. Saat ini, Lor Inn Residence sudah hampir sold out.

Meski demikian, keberanian TirtaMaya Residence ‘mempelopori’ pembangunan rumah mewah di kawasan TirtaMaya Residence dan propsek pembangunan kawasan Gentan akan mengundang semakin banyak pengembang untuk mendirikan perumahan mewah di sini, yang pada akhirnya akan mengerek harga pasaran hunian di kawasan tersebut.

Tampilkan lebih banyak

Detail Properti

Menjadi bagian dari area Solo Baru, perkembangan perumahan klaster di Getan begitu pesat dalam beberapa tahun terakhir. Untuk jalan Mangesti Raya, sudah ada beberapa perumahan seperti Safira Residences dan Puri Artha Sentosa.

Namun jika dibandingkan dengan beberapa klaster lain, TirtaMaya memiliki ciri khas tersendiri yang menjadi nilai keunggulan.

Jika mayoritas perumahan di Getan membidik pasar menengah ke bawah, berbeda halnya dengan TirtaMaya. Mengusung konsep mini real estate, pengembang berupaya menciptakan lingkungan perumahan yang nyaman dan terkesan mewah bagi penghuninya. Kesan ini bisa Anda tangkap setibanya di depan lingkungan perumahan.

Tirtamaya Residence

Lingkungan depan perumahan TirtaMaya Residence

Perumahan ini terlihat rapi karena membagi akses masuk dan keluar menjadi dua pagar. Perpaduan nuansa pedesaan yang asri dengan perumahan berkonsep kontemporer terasa dengan adanya taman hijau bernuansa sawah yang mengapit gerbang masuk.

Tirtamaya Residence

Anda akan disambut oleh pintu gerbang utama dengan gapura megah serta rerumputan hijau.

Tirtamaya Residence menawarkan unit rumahnya dengan kisaran harga mulai dari Rp900 juta hingga di atas Rp2 miliar. Total jumlah rumah yang disediakan sebanyak 46 unit. Anda tinggal memilih satu dari empat jenis rumah yang sesuai dengan kebutuhan.

Masing-masing tipe rumah terdiri dari pilihan A dan B. Untuk Executive antara lain Executive A (153-184 m2/124 m2) dan Executive B (136-156m2/111m2). Kemudian untuk Grand Executive, ada Grand Executive A (180-187m2/153-173m2) dan Grand Executive B (170m2/153m2). Kemudian Grand Executive hook A (204m2/173m2) dan Grand Executive B hook, (198m2/173m2). Sampai yang terakhir dan paling besar adalah tipe Boulevard (312,5m2/215m2).

Soal range harga, ditawarkan bervariatif mulai dari Rp1 milyar sampai dengan Rp2,3 milyar.

Tirtamaya Residence

Terdapat taman hijau yang tertata rapi di tengah lingkungan perumahan.

Selain rumah, pengembang juga memasarkan 12 kavling tanah yang letaknya berdampingan dengan kompleks perumahan yang sudah ready stock. Menurut staf pemasaran Tirtamaya Residence, penjualan kavling ini dilakukan untuk menyiasati perlambatan ekonomi dan meraup konsumen yang lebih luas.

Di kawasan perumahan, Anda akan dimanjakan dengan beberapa taman yang tertata rapi dengan nuansa sawah, dilengkapi dengan kolam ikan. Jalan lingkungan perumahan berlapis paving block dengan lebar jalan seluas 20 meter, sehingga Anda tidak akan kesulitan ketika hendak memarkir kendaraan.

Tirtamaya Residence juga dilengkapi oleh fasilitas klaster, salah satunya adalah rute jogging track sehingga Anda bisa berlari pagi dengan bebas. Soal pengamanan, Anda tak perlu khawatir karena perumahan ini dilengkapi oleh pengamanan sekuriti 24 jam.

Tirtamaya Residence

Lingkungan perumahan dengan lebar jalan delapan meter.

Tirtamaya Residence

View perumahan tipe Executive. Fasadnya didominasi oleh warna cokelat, senada dengan nuansa pedesaan yang diusung.

Tirtamaya Residence

Denah rumah untuk tipe Executive. Terdapat tiga kamar tidur dan dua kamar mandi.

Tirtamaya Residence

Setibanya di depan pintu, Anda akan disambut oleh tangga menuju lantai atas

Tirtamaya Residence

Ruangan kamar yang dibagi dua pada lantai atas. Didominasi oleh interior berwarna putih.

Tirtamaya Residence

Fasad rumah tipe Grand Executive, dilengkapi oleh beberapa atap kerucut yang unik.

Tirtamaya Residence

Proses pembangunan rumah Grand Executive

Tirtamaya Residence

Denah rumah untuk tipe Grand Executive. Terdapat tiga kamar tidur dan dua kamar mandi.

Tirtamaya Residence

Ruang berkumpul keluarga yang cukup luas untuk meletakkan beberapa set sofa

Tirtamaya Residence

Taman dibelakang rumah yang cocok untuk Anda jadikan tempat bersantai

Tampilkan lebih banyak

Lokasi

Pertumbuhan Surakarta atau Solo yang pesat dalam beberapa tahun terakhir membuat banyak developer melirik kota ini untuk menanamkan investasinya. Bahkan, Solo kini dinilai lebih seksi ketimbang Semarang atau Jogjakarta.

Sektor ritel dan pariwisata yang semakin berkembang menjadi faktor yang memperkuat ditambah sektor pariwisata dan ritel yang saling mendukung. Perlahan namun pasti, kota yang berbatasan langsung dengan Solo (disebut Solo Raya) juga turut mendapatkan pengaruh yang besar, salah satunya Sukoharjo.

Sukoharjo dalam bahasa Jawa berarti tanah yang dapat memberikan kesejahteraan. Harapan sang pemberi nama terhadap kawasan yang berjarak sekitar 10 kilometer dari Surakarta itu rupanya terwujud. Sukoharjo kini berkembang menjadi salah satu kawasan favorit untuk bertempat tinggal.

Tingginya minat investor untuk mendirikan proyek properti di lokasi ini tak lepas dari tingginya permintaan dari masyarakat. Tak cukup perumahan sederhana saja, kini tren pengembangan perumahan telah mengarah ke sektor mini real estat.

Tirtamaya Residence

Denah lokasi dari Tugu Lilin Panjang menuju Tirtamaya Residence, berjarak sekitar 2 kilometer.

Hal ini adalah dampak dari semakin terbatasnya tanah di kawasan pusat kota dan besarnya kebutuhan hunian kalangan menengah di dalam kota. Salah satu mini realestat yang tengah dikembangkan adalah Tirtamaya Residence di Gentan, kecamatan di kabupaten Sukoharjo.

Menuju Lokasi: Jalan Mangesti Raya bisa ditempuh melalui jalan utama Surakarta Semarang/Surakarta Jogja. Dari sini Anda menuju ke selatan hingga pertigaan Brigjen Slamet Riyadi, lalu belok ke kiri.

Berputarbaliklah setelah melewati perlintasan kereta api dan ikuti jalur ke kiri, ke Jalan Transito, yang berdampingan dengan rel kereta. Jalan Transito akan membawa Anda tiba di pertigaan Dr. Radjiman, kembali berbeloklah ke kiri. Di sini Anda akan bertemu Tugu Lilin Pajang. Berbeloklah ke kanan.

Terus saja kurang lebih 2km hingga tiba di persimpangan Mangesti Raya, ambil arah kanan. TirtaMaya Residence ada di sebelah kiri, 1km setelah persimpangan. Rute dari Jalan Raya Surakarta-Semarang ini bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 15 menit.

Selain mengendarai kendaraan pribadi, Anda juga bisa menjangkau TirtaMaya Residence menggunakan transportasi umum. Namun sayangnya tidak ada kendaraan yang mengantarkan Anda persis sampai pintu gerbang perumahan. Dari area Kertasura, Anda bisa menumpang Batik Solo Trans (BST) koridor 4 (Kartasura-Solo Baru) yang berakhir sampai di jalan Veteran, Lotte Wholesale Solo, sekitar 5km dari Tirta maya Residence.

Untuk keluar kota, Stasiun Purwosari hanya berjarak 5 kilometer dari perumahan. Stasiun yang terdapat di jalan Slamet Riyadi No.502 ini melayani percabangan jalur kereta api antara Surabaya dengan Wonogiri. Stasiun ini juga menjadi pemberhentian kereta api yang melewati jalur selatan setelah stasiun Solo Jebres dijadikan cagar budaya oleh Pemerintah Surakarta.

Hunian ini juga pas bagi Anda yang kerap bepergian ke luar kota ataupun ke luar negeri, Hunian ini jaraknya hannya 14km dari bandar udara internasional Adi Soemarmo. Anda hanya butuh waktu sekitar 25 menit untuk tiba di sini dengan

Tirtamaya Residence

Tampak depan TirtaMaya Residence dari jalan Mangesti Raya. (Foto: Google Earth)

Perumahan: Jika memperhatikan area Gentan, Anda akan menemukan beberapa kompleks perumahan dengan model klaster. Ya, tren perumahan klaster memang sudah banyak ditemui di kawasan Sukoharjo.

Kawasan ini tak jauh dari fasilitas-fasilitas umum seperti sekolah, rumah sakit, pusat perbelanjaan modern, hingga tempat rekreasi.

Untuk sekolah, Anda bisa menyekolahkan buah hati di beberapa pusat pendidikan yang ada di sekitar perumahan. Di jenjang taman kanak kanak, Anda bisa menyekolahkan mereka di TK Islam Kanita Tiara. TK ini menerima murid berusia 4 sampai 6 tahun. Jarak dari perumahan ke sekolah ini sekitar 1,7 kilometer atau sekitar delapan menit berkendara mobil.

Sementara untuk sekolah usia dini, TK Islam Kanita Tiara juga menyediakan pendidikan kelompok bermain Fatimah yang menerima murid mulai dari usia 2,5 sampai 4 tahun. Soal fasilitas, sekolah ini menyediakan mainan penunjang kreativitas anak, alat tulis dan lukis, ruang gedung dengan pendingin udara, dan mendapatkan makanan ringan.

Tirtamaya Residence

Murid-murid SMPIT Ar-Risalah Sukoharjo mulai tahun pelajaran 2015/2016 menempati gedung baru. (Foto: http://ar-risalah.org/index.php/smpit-ar-risalah)

Sejumlah sekolah dasar juga tersedia di sekitar Getan. Sementara untuk sekolah swasta terdapat Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Ar- Risalah dan Sekolah Al Azhar 21 Solo Baru.

Ar-Risalah, yang baru selesai direnovasi pada bulan Agustus 2015,. terletak di kawasan Gambiran, Cermani. Jaraknya hanya sekitar 2,2 kilometer dari perumahan. SMPIT ini menyediakan program unggulan seperti terjemah Al Qur’an, Tahsin dan Tahfizh, elektronika dan menjahit.

Sementara itu, Al-Azhar 21 Solo sekitar 5 kilometer dari hunian. Sekolah ini menyediakan fasilitas seperti ruangan kelas berpendingin udara, laboratorium komputer, IPA dan ruang seni, sampai dengan Unit Kesehatan Sekolah dan Perpustakaan.

Sedangkan untuk pendidikan menengah, Anda bisa memilih SMK Pembangunan Nasional Sukoharjo. Sekolah ini terletak sekitar 1,9km dari perumahan, sehingga hanya menyita waktu tempuh sekitar 7 menit. SMA lain yang bisa menjadi pilihan ialah SMA Al Islam 1 Surakarta yang berjarak sekitar 6,3 kilometer dari rumah.

Tirtamaya Residence

Gedung Yayasan Majlis Pengajian Islam Assalaam (Foto: http://assalaam.or.id/id/)

Bagi orangtua yang ingin menyekolahkan buah hatinya di asrama, sekitar empat kilometer dari hunian terdapat SMP-SMA Insan Cendekia Al Mujtaba. Untuk kurikulum pendidikan, boarding school ini menerapkan nilai IPTEK dan IMTAK untuk memperkaya ilmu pengetahuan para santrinya.

Pesantren lain berjarak sekitar 6km dari TirtaMaya Residence adalah Ma’had Ilm Al- Madinah di kawasan Jalan Brigjen Slamet Riyadi dan Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam. Pesantren yang disebut terakhir initerbilang populer di kalangan wali murid karena fasilitas dan kapasitas gedungnya yang cukup luas.

Untuk perguruan tinggi terdapat Universitas 11 Maret (13 km) dan Universitas Muhammadiyah Solo (7 km). Keduanya menyediakan pendidikan sampai jenjang pascasarjana.

Selain sekolah, lokasi rumah sakit yang dekat hunian juga menjadi pertimbangan awal bagi pencari hunian. Salah satunya adalah Rumah Sakit Islam Surakarta, lokasinya sekitar 5 kilometer dari perumahan.

Rumah sakit yang sudah berdiri sejak 25 tahun lalu ini menyediakan kapasitas ruang inap sebanyak 214, dengan 67 dokter spesialis. RSI Surakarta juga menjadi anggota dari The TEMOS International Network dan The Global Hospital Guide dengan kelengkapan alat medis yang mereka miliki.

Menariknya, RS ini juga mengoleksi tanaman langka di sekitar lingkungan seperti pohon sosis Afrika, pohon bodhi, dan beberapa lagi yang lain.

Rumah sakit Dokter Oen Solo Baru juga terletak hanya lima kilometer dari perumahan. Soal pelayanan, RS ini sudah lama dikenal lengkap dengan fasilitas penunjang seperti endoskopi, CT Scan USG dan radiologi. Rumah sakit ini awalnya merupakan lahan hibah seluas 12 hektar dari pemilik Batik Keris.

Tirtamaya Residence

Gerbang depan yang menyambut ke RS Dr. Oen Solo Baru (Foto: http://www.droensolobaru.com/lain2/galeri-foto/fasilitas-pelayanan)

 

Rumah Sakit Kasih Ibu bisa menjadi rujukan saat si kecil mendadak demam atau influenza. Letaknya juga relatif dekat dari rumah, hanya sekitar 4,3 km. Mereka juga memiliki empat layanan unggulan yaitu Klinik Diabetes Terpadu, Laparoskopi, Fakoemulsifikasi dan Hemorroidal Arteri Ligation (HAL) untuk penanganan wasir.

TirtaMaya Residence berada di kawasan strategis di Solo Baru yang lengkap dengan ragam mal dan perbelanjaan modern lainnya. The Park Solo jaraknya hanya sekitar 3,5 kilometer dari TirtaMaya Residence.

Mal ini tidak hanya dilengkapi oleh apartemen dan kompleks ruko disekitarnya, namun juga tenant yang lengkap. Mulai dari bioskop Cineplex21, departemen store Metro, ragam restoran ternama sampai dengan outlet kecantikan dan Lotte Mart swalayan.

Tirtamaya Residence

Panorama di bagian depan mal the Park Solo (Foto: http://mall.theparksolo.com/news_and_media)

 

Berjarak sekitar 500 meter dari The Park, terdapat pusat perbelanjaan modern lain bernama Hartono Lifestyle Mall. Pusat perbelanjaan ini lebih menyasar kelas menengah dengan ragam tenant kuliner, fashion dan hiburan. Sebut saja Hartono Platinum Cineplex, Crown Pool Cafe dan Matahari Departement Store.

Sementara itu, juga ada Solo Grand Mall yang berjarak 5,6 km dari hunian. Mal dengan tujuh lantai ini terbilang lengkap dengan beberapa tenant menengah. Mulai dari Grand Cinema 21, Hypermart, BreadTalk, Matahari Dept Store, Timezone, dan beberapa restoran cepat saji lainnya. Pilihan belanja lainnya juga bisa Anda temukan di Solo Paragon (8km) dan Carrefour Solo Baru (1,9 km).

Tirtamaya Residence

Keramaian di depan perbelanjaan Pusat Grosir Solo (Foto: http://pusatgrosirsolo.com/)

Jika punya waktu lebih untuk menghabiskan akhir pekan, Anda bisa menuju ke arah Alun-Alun Lor untuk berbelanja di Pasar Klewer, Pasar Beteng atau pusat grosir PGS (Pusat Grosir Solo).

Selain mengamati kekayaan budaya Keraton yang ada di Solo, di Alun-Alun Lor ini Anda juga bisa berbelanja multiproduk seperti batik dan fashion dengan harga yang miring. Nikmati pemandangan sore hari yang indah sembari menumpang becak di sekitar wilayah keraton.

Stadion sepak bola Manahan Solo juga hanya berjarak sekitar 6,5 kilometer dari TirtaMaya Residence. Anda bisa olahraga berlari mengelilingi lingkungan luar stadion atau sekedar jogging dan bermain badminton bersama keluarga.

Tampilkan lebih banyak

Ringkasan

Sukoharjo adalah salah satu kota yang menjanjikan untuk investasi. Sektor ritel dan pariwisata di kawasan ini mulai berkembang.

Hal ini pada akhirnya diikuti dengan perkembangan sektor properti. Hunian-hunian dengan konsep cluster mulai bermunculan. Kawasan ini mulai dilirik orang sebagai alternatif ketimbang tinggal di Semarang atau Yogyakarta karena harganya yang masih relatif rendah.

Setelah pasar perumahan-perumahan baru kelas menengah mulai stabil di kawasan ini, pengembang mulai mencoba-coba mengembangkan hunian mewah, salah satunya adalah TirtaMaya Residences.

Dengan membidik pasar menengah ke atas, Tirtamaya Residence menawarkan perumahan klaster dengan harga mulai dari Rp1milyar sampai Rp2 milyar per unitnya. Lokasinya yang strategis di area Gentan membuat Anda tak kesulitan menjangkau berbagai pusat perbelanjaan dan sekolah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Meski begitu, karena lokasinya yang belum populer sebagai kawasan hunian mewah, capital gain-nya pun tidak setinggi di kawasan mewah lain yang sudah mapan. Namun untuk mereka yang ingin menyicipi kemewahan kota Solo Baru dengan harga yang relatif terjangkau, perumahan ini layak untuk dipertimbangkan.

Tampilkan lebih banyak
Eric Wong

Isnaini Khoirunisa

Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

Masukan