Umahan Duren Sawit, Jakarta Timur

  • Isnaini Khoirunisa
  • 24 November 2015

PT Prapanca Propertindo mungkin terdengar baru di kancah properti Jakarta. Setelah merilis compact twin house di kawasan Tebet, Umahan Duren Sawit menjadi proyek selanjutnya. Perumahan yang terletak di kawasan Duren Sawit, Jakarta Timur, ini cocok untuk mereka yang mencari rumah menengah berdesain unik.

Alamat                  : Jalan Masjid Al- Wustho, Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Tipe                       : Rumah

Tipe Unit              : Luas bangunan 120 m2, luas tanah 90 m2

Harga Rp 1,9 miliar

Luas bangunan 140 m2, luas tanah 90 m2

Harga Rp 2,5 miliar

Spesifikasi Bangunan

Pondasi                : Beton bertulang

Dinding                 : Batu bata di plester dan di cat emulsi akrilik

Lantai                    : Homogenous tile dan keramik 60×60

Atap                      : Rangka baja ringan dan genteng beton

Plafon                  : Rangka besi dan gypsum di Cat

Pintu                     : Kusen aluminium

Pintu utama menggunakan panel

Pintu lainnya menggunakan dobel triplek

Jendela                : Aluminium dan kaca

Dapur                    : Meja beton berlapis keramik, dengan kitchen sink

Sanitari                 : TOTO atau setara

Listrik                    : 4400 watt

Air                          : PDAM/pompa listrik

Pagar                     : Bagian depan tanpa pagar

Arsitek                  : Atelierprapanca.com

 

Analisis

Pondok Bambu menjadi lokasi tempat tinggal yang menarik untuk Anda pilih. Sejak lama dikenal sebagai kawasan  pemukiman, di daerah ini Anda dengan mudah menemukan beragam fasilitas publik untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. Tidak perlu bujet besar, karena meski berada di kawasan Jakarta, harga tanahnya masih ada di kisaran Rp15 Juta per meter persegi.

Pilihan klaster perumahan juga begitu menjamur hampir di setiap sudut jalan. Meski begitu, keterbatasan lahan memaksa Anda harus berkeliling daerah untuk menemukan perumahan baru. Umahan Duren Sawit mungkin bisa menjadi salah satu opsi. Lokasi strategisnya yang dekat dengan jalan Raya Kalimalang membuat Anda bisa mejangkau pusat CBD Jakarta dan kota Bekasi dengan waktu tempuh relatif cepat.

Umahan Duren Sawit menawarkan unit rumah dengan harga mulai dari Rp2,5 Miliar untuk luas bangunan 140 meter persegi. Bandrol harga yang terbilang cukup terjangkau untuk kategori premium cluster, seperti yang disebut oleh pengembang.

Desain rumah yang elegan dengan tata ruang komplet menjadikan Umahan sebagai buruan bagi keluarga mudah yang mencari rumah pertama atau upgrader yang jenuh dengan rumah sederhananya.

Perumahan Tanggal Luas Bangunan Harga Per meter persegi
Umahan Duren Sawit November 2015 140 2,5 milyar 17.850.000
Fine Living @Duren Sawit Juli 2015 224 1,85 milyar 8.258.000
Fine Living @Duren Sawit November 2015 224 1,9 milyar 8.482.000

Jika membandingkan dengan perumahan lainnya, Umahan Duren Sawit identik dengan Fine Living @Duren Sawit. Beralamat di Jalan Swadaya Duren Sawit, berjarak kurang dari dua kilometer dari Umahan.

Berbeda dengan Umahan, Fine Living telah mengalami kenaikan harga sejak di rilis pada bulan Juli 2015. Untuk perumahan tipe A, B dan C, perumahan ini memiliki harga jual Rp1,9 Miliar, sedikit lebih rendah dibandingkan dengan Umahan. Meski begitu, kenaikannya kurang dari 5 persen, sehingga belum terlalu signifikan.

Di sisi lain, semenjak dibangun pada bulan Agustus, developer tengah berencana untuk meningkatkan harga jual. Hal ini seiring dengan pembangunan unit yang telah berlangsung dan terjual sebanyak dua unit.

Lokasinya yang strategis di kawasan jalan Raya Kalimalang dan jalan Radin Inten membuat prospek investasi begitu pesat di kawasan ini. Anda bahkan bisa menyewakan unit perumahan dengan harga jual di kisaran Rp30juta sampai Rp40 juta per tahunnya.

Selengkapnya

Detail Properti

Mengunjungi bilangan Jalan Raya Kalimalang, Anda akan banyak menemukan ragam perumahan tapak. Tidak heran, karena daerah ini menjadi salah satu jalan alternatif dari Jakarta menuju Kota Bekasi dan sebaliknya. Jejeran pertokoan yang terdiri dari restoran, rumah makan, minimarket sampai kantor cabang juga menghiasi sisi kanan-kiri jalan.

Townhouse Umahan Duren Sawit terletak di Jalan Masjid Al Wustho, sekitar 1km dari Jalan Raya Kalimalang. Sama halnya dengan sejumlah townhouse lainnya, Umahan terletak agak menjorok dari tepi jalan Raya. Demi memberi nuansa privat bagi penghuninya, jumlah rumahnya pun terbatas dalam lima unit.

Umahan Duren Sawit

Ilustrasi unit rumah Umahan Duren Sawit

Pengembang Mengusung konsep desain arsitektur modern tropis. Rumah ini diklaim pengembangnya sebagai tempat tinggal terbaik dengan nuansa pedesaan. Atmosfer pedesaan ini di terlihat dari pemilihan material alami dan lingkungan yang dikelilingi pepohonan. Nuansa alam ini bisa membuat penghuninya sejenak lupa akan hiruk pikuk perkotaan.

Pengembang tak sembarang memilih material untuk konstruksi pembangunan tiap unit rumah. Sentuhan desain karya firma arsitekur Atelier Prapanca membuat desain yang sederhana tetap bisa terlihat elegan. Pengembang memastikan jika harga yang  di tawarkan sepadan dengan kualitasnya.

Umahan memiliki desain arsitektur kontemporer memiliki unsur model perumahan ala pedesaan Amerika Serikat. Ini terlihat dari model bangunan yang tinggi dengan atap segitiga dan dominasi warna cat cokelat. Hal ini senada dengan tagline yang diusung oleh pengembang, yaitu “Real home that gives the comfort of village”.

Selain nuansa village,  model perumahan modern juga nampak dari desain fasad yang simpel, berpadu dengan kaca jendela lebar. Rumah ini terdiri dari dua lantai, atap unitnya menjulang tinggi berdampingan satu sama lain.

Umahan Duren Sawit

Terdapat pos penjagaan satpam di bagian depan rumah

Selain dekat dengan fasilitas publik unggulan, mulai dari sekolah, rumah sakit, rumah makan, dan pusat komersial, para penghuni juga akan dimanjakan dengan suasana bersahabat di lingkungan perumahan. Salah satu faktornya ialah keamanan yang terjaga dengan penggunaan gerbang satu pintu. Ada juga pos sekuriti yang menyambut setiap tamu yang akan keluar masuk perumahan.

Mengenai kebersihan lingkungan, tak perlu khawatir karena tepat pembuangan sampah berada dekat dengan pos sekuriti sehingga praktis membuang sampah rumah tangga.

Umahan Duren Sawit

Proses pembangunan terakhir (September 2015)

Umahan Duren Sawit

Ilustrasi interior pada ruang utama

Melangkah ke bagian interior rumah, Anda akan dimanjakan dengan visualisasi yang bersih dan terang dengan banyaknya jendela dan penggunaan material kayu. Tak sulit untuk mendekorasi tiap ruang menjadi sudut yang nyaman untuk ditempati karena luas bangunan yang cukup mumpuni.

Di samping ruang utama juga terdapat meja makan dan dapur bersih. Soal kapasitas tempat tidur, Anda tak perlu khawatir karena tersedia tiga kamar tidur dan tiga kamar mandi. Anda bisa berkreasi untuk dekorasi sisa lahan seperti taman belakang rumah dan balkon sebagai penghijauan atau bahkan hewan peliharaan.

Umahan Duren Sawit

Denah lantai satu dan lantai dua. Meski tidak mengakses langsung, namun masing-masing kamar memiliki kamar mandi pribadi.

Umahan Duren Sawit

Letak denah tiap unit rumah di Umahan Duren Sawit. Terlihat ada fasilitas kolam renang di bagian paling ujung town house untuk berolahraga di alam terbuka

Selengkapnya

Lokasi

Umahan Duren Sawit terletak di Kelurahan Pondok Bambu. Seperti kebanyakan nama wilayah di Jakarta, Pondok Bambu diambil dari nama tanaman. Asal-usul Pondok Bambu bermula pada masa penjajahan Belanda. Di daerah ini banyak terdapat pondok atau tempat tinggal sementara yang terbuat dari bambu.

Bambu menjadi bahan bangunan favorit karena tanaman ini sangat mudah ditemukan, berbeda dengan kayu yang sulit didapat. Bambu tak bahkan tak cuma digunakan untuk membangun rumah, tetapi juga untuk membuat perabotan. Banyaknya pondok atau rumah yang terbuat dari bambu inilah yang kemudian menjadi identitas wilayah Pondok Bambu.

Umahan Duren Sawit

Kondisi jalan, tepat di depan masjid Al Wustho.

Kini, hutan-hutan bambu jauh berkurang, tergantikan oleh hutan-hutan beton. Ya, Pondok Bambu tak jauh beda dengan sebagian wilayah Jakarta yang terus berkembang. Pondok Bambu kini menjadi salah satu wilayah pemukiman di Jakarta Timur, dengan sejumlah properti komersial seperti ruko dan perbelanjaan. Lokasinya yang dekat dengan pintu tol Klender dan jalan Raya Kalimalang sehingga pembangunan properti semakin padat di kawasan ini.

Menuju lokasi: Untuk tiba di kawasan, Anda bisa memilih dua jalan utama, yaitu jalan M.T Haryono  atau jalan Radin Inten II. Jika datang dari arah pusat bisnis Jakarta, jalan M.T Haryono bisa dipilih. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke jalan D.I  Panjaitan menuju Jalan Raya kalimalang. Lama perjalanan dengan mobil kurang lebih 30 menit dalam kondisi lalu-lintas normal.

Sementara itu jika memilih jalan tol, Umahan dekat dengan pintu keluar tol Jatiwaringin/Klender. Jaraknya sekitar 1,7 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 10-15 menit untuk kondisi lalu lintas lancar.

Lanjutkan perjalanan melintasi jalan Jatiwaringin Raya. Setelah satu kilometer perjalanan, Anda akan bertemu pertigaan jalan Kalimalang, ambil kanan ke arah jalan Pahlawan Revolusi, lalu ke kanan lagi ke Jalan Mashid Al-Wushto. Umahan berjarak sekitar 500 meter dari Masjid Al-Wushto.

Selain mudah di akses menggunakan kendaraan pribadi, Anda juga bisa memilih transportasi umum untuk menuju Umahan Duren Sawit. Salah satunya dengan menggunakan mikrolet M54 jurusan Kampung Melayu-Pondok Bambu. Namun angkutan ini hanya mengantar Anda sampai mulut jalan Masjid Al-Wushto.

Mencari stasiun commuter line (Kereta Rel Listrik/KRL) terdekat? Tak perlu khawatir. Anda bisa naik dari stasiun Cawang yang berjarak kurang lebih 6,8 kilometer. Umahan juga tak jauh dari Bandar Udara Halim Perdanakusumah sekitar delapan kilometer dari perumahan.

Bandara ini kembali melayani penerbangan komersial sejak tahun 2014. Untuk saat ini baru tiga maskapai yang beroperasi di sini yaitu Batik Air, Citilink, dan Susi Air.

Umahan Duren Sawit

Dari jalan Masjid Al Wustho, perhatikan sisi kiri menuju Umahan Duren Sawit

Perumahan: Di kawasan Kalimalang, khususnya sepanjang jalan Masjid Al-Wustho telah menjadi kawasan pemukiman padat penduduk. Tidak hanya kompleks perumahan lama, namun juga ada sejumlah perumahan baru.

Selain Umahan Duren Sawit, Anda juga bisa menemukan beberapa proyek klaster lain, seperti Marba Jasmine Residence. Perumahan-perumahan ini tidak hanya unggul dari segi lokasi strategis, namun juga kelengkapan sejumlah fasilitas publik yang lengkap memenuhi kebutuhan keluarga.

Jika Anda bertempat tinggal di Umahan, tidak perlu khawatir mencari rumah sakit terdekat untuk perawatan di kala darurat.

Rumah Sakit Umum IGD 24 Jam Yadika salah satunya, bisa menjadi andalan Anda untuk berobat. Berjarak kurang lebih 1,6 kilometer dari Umahan, hanya menghabiskan waktu tempuh kurang dari 10 menit saat kondisi lalu lintas lancar.

Meski memiliki spesialis Kebidanan dan Anak, rumah sakit ini juga melayani umum dengan di lengkapi alat penunjang medis seperti radiologi dan laboratorium.

Sementara itu, untuk perawatan buah hati yang sedang sakit, Anda bisa memeriksakan ke Rumah Sakit Ibu dan Anak Bunda Aliyah. Beralamat di Jalan Pahlawan Revolusi No.100 Pondok Bambu, rumah sakit ini memiliki jarak kurang lebih 2,1km dari hunian. Selain spesialis di bidang pemeriksaan tumbuh kembang anak, Anda juga bisa memeriksakan kesehatan kandungan. Salah satu dokter kandungan yang cukup banyak di rekomendasikan ialah Dr. Siti Musrifah, SpOg.

Umahan Duren Sawit

Ruang perawatan kelas Suite di Rumah sakit Bunda Aliyah paling eksklusif dengan ruang keluarga khusus (Foto: http://www.bundaaliyah.com/index.php/p/view/14/rawat-inap)

Melangkah sekitar 1 kilometer dari rumah, Rumah Sakit Harum Sisma Medika bisa menjadi pilihan perawatan kesehatan keluarga. Hanya membutuhkan waktu tempuh kurang dari lima menit berkendara mobil, rumah sakit ini menerima lebih dari 50 klaim asuransi, termasuk BPJS Kesehatan. Selain bisa berkonsultasi psikiatri, gizi dan senam osteoporosis, rumah sakit ini juga melayani terapi wicara dan fungsi pemeriksaan treadmill dalam.

Soal pendidikan, Umahan Duren Sawit juga dikelilingi oleh beragam pusat pendidikan unggulan untuk buah hati. Misalnya untuk sekolah dini, ada  Sekolah Internasional Kinderfield yang berjarak hanya 500 meter dari hunian.

Menyediakan program kelas untuk usia mulai dari Toddler (1,5-2 tahun),  Preschool (2-4 tahun), Kindergarten (5-6 tahun) sampai Primary (6-12 tahun). Dengan sistem pembelajaran berstandar internasional, anak-anak diajar menjadi kreatif berkreasi lewat kegiatan luar kelas seperti field trip, summer class dan pertunjukan tampil di atas panggung.

Umahan Duren Sawit

Kegiatan belajar kelas kindergarten di Sekolah Internasional Kinderfield (Foto: http://www.kinderfield.sch.id/EN/school-profile)

Jika orang tua ingin melanjutkan pendidikan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi, berjarak 700 meter dari rumah juga terdapat Highfield Secondary School. Menjadi sekolah lanjutan Kinderfield, Highfield menyediakan program pendidikan berstandar nasional plus bagi siswa SMP dan SMA.

Dilengkapi dengan beragam fasilitas lengkap, sekolah ini juga memiliki minibus sekolah yang mengantar siswa siswi untuk berangkat dan menjemput dari sekolah.

Mengenai kualitas pengajaran, sekolah ini mengadopsi standar Universitas Cambridge sebagai pusat tes internasional. Uniknya, para siswa tidak hanya fokus terhadap keahlian akademisnya, namun juga ditunjang dengan program talenta ekstrakulikuler yang harus mereka pilih. Mulai dari bidang estetika, olahraga, musik, menulis, matematika sampai dengan klub sains.

Umahan Duren Sawit

Sekolah Highfield Secondary school yang bisa di capai sekitar 10 menit berkendara mobil dari Umahan (http://www.highfield.sch.id/EN/)

Untuk orang tua yang membutuhkan pendidikan berbasis Islami, maka Jakarta Islamic School bisa menjadi salah satu pertimbangan. Jaraknya kurang lebih 2,1 kilometer dari Umahan sehingga tidak menyita waktu lama untuk mengantar jemput anak sekolah.

Jakarta Islamic School beralamat di Jl. Manunggal 1 No.17 Komplek Kodam, Jakarta Timur. Menyediakan program pendidikan mulai dari jenjang SD hingga SMA. Selain di ajarkan kurikulum berstandar internasional dengan nilai-nilai Islami, para siswa juga lebih nyaman belajar di kelas dengan kapasitas siswa hanya 12-16 di bawah naungan satu guru.

Beberapa sekolah negeri juga terletak begitu dekat dari hunian. Misalnya SMP Negeri 135 (750 meter), SMP Negeri 51 (1,6 kilometer) dan SMP Negeri 117 (2 kilometer). Sedangkan untuk SMA ada SMA Negeri 61 (1,9 kilometer), SMA Negeri 71 (650 meter) dan MAN 9 (650 meter).

Sementara itu, jika Anda mencari kampus terdekat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, ada beberapa pilihan. Salah satunya ialah Universitas Borobudur yang berjarak 1,5 kilometer dari perumahan. Kampus ini memiliki program pascasarjana dengan konsentrasi Manajemen dan Hukum serta program Doktor Ilmu Ekonomi dan Hukum.

Bagi Anda yang fokus dengan bidang studi hukum, Universitas Krisnadwipayana bisa menjadi perguruan tinggi swasta unggulan. Terbukti dari akreditasi A yang diraihnya untuk program S1, S2, dan S3. UNKRIS menyediakan kelas reguler dan karyawan (ekstensi), dengan pengajaran dari dosen handal dan terkemuka.

Selain UNKRIS, ada juga UKI atau Universitas Kristen Indonesia yang berada di Jl. Mayjen Sutoyo No. 2 Cawang. Jaraknya sekitar 6 kilometer atau 30 menit berkendara mobil dari hunian.

Anda tak perlu khawatir saat tak sempat memasak. Sejumlah rumah makan dan restoran tersebar di sekitar Umahan Duren Sawit. Salah satu restoran cepat saji yang bisa Anda sasar ialah McDonald’s dan KFC yang terletak di Jalan Raya Kalimalang. Di sepanjang jalan ini juga terdapat Martabak Kubang, PHD Delivery, Texas Chicken, Ayam Lepaas, sampai dengan Sushi Miya8i.

Umahan Duren Sawit

Restoran cepat saji KFC dan McDonald’s berjarak kurang dari 1 kilometer dari Umahan Duren Sawit (Foto: Google Earth)

Keberadaan kompleks ruko dan pertokoan di sepanjang jalan Kalimalang dan Jatiwaringin juga tidak hanya dilengkapi dengan bank, tetapi juga minimarket seperti Alfa Mart, Indomaret dan 7Eleven. Ada juga swalayan Tip Top yang berjarak 800 meter dari hunian yang siap melengkapi kebutuhan belanja bulanan keluarga.

Untuk berbelanja kebutuhan harian, Anda bisa menuju Mall Cipinang Indah yang terletak di jalan Cenderawasih. Mal ini berdiri di atas lahan seluas 3 hektar dengan total luas bangunan 50.000 meter persegi dan lima lantai. Anda bisa berbelanja bulanan di Carrefour, mencari perabot dan perkakas rumah tangga di ACE Hardware, serta menonton film Hollywood terbaru di bioskop XXI.

Jika ingin melangkah lebih jauh, beberapa pusat perbelanjaan mewah juga bisa Anda tuju, seperti Kota Kasablanka yang berjarak 10 kilometer atau Summarecon Mal Bekasi sejauh 12 kilometer dari hunian. Selain sama-sama menyediakan bioskop Cineplex XXI, kedua supermal ini juga menyediakan ragam tenant berkelas internasional dan berbagai event yang menarik untuk di kunjungi.

Umahan Duren Sawit

Mal Cipinang Indah menjadi salah satu pusat hiburan keluarga terdekat dari hunian (Foto: PT Cipinang Indah)

Selengkapnya

Ringkasan

Mencari perumahan baru di kawasan Jakarta tentu bukan urusan mudah. Selain lahan yang semakin menyempit, harga jualnya juga selangit. Namun jangan menyerah dulu sebelum menengok Jakarta Timur. Kotamadya ini menyediakan banyak pasokan lahan dengan kawasan yang terus berkembang. Umahan Duren Sawit bisa menjadi contohnya.

Berada di sekitar Jalan Raya Kalimalang, lokasi Umahan sangat strategis dalam menjangkau distrik bisnis (CBD) Jakarta maupun ke kota industri Bekasi. Jangan khawatir soal fasilitas dan aksesibilitas, karena pintu tol Jatiwaringin/Klender hanya berjarak 1,7km dari perumahan.

Meski begitu, untuk rumah dengan total luas bangunan 140 meter persegi, harga jualnya cukup tinggi yakni hampir Rp18juta per meter persegi.

Umahan Duren Sawit memiliki prospek investasi yang menjanjikan. Jika Anda berniat mengontrakkan unit rumah sebagai sumber profit, harga sewanya berada di kisaran Rp50juta sampai Rp70 juta per tahunnya.

Dengan harga jual dan lokasi strategis yang di milikinya, Umahan Duren Sawit sangat cocok untuk di pilih sebagai hunian keluarga muda dari kalangan menengah ke atas.

Selengkapnya
Eric Wong

Isnaini Khoirunisa

Penulis adalah content writer Rumah.com. Untuk berkomunikasi dengan penulis, Anda dapat mengirim email ke: isnainikhoirunisa@rumah.com atau melalui Twitter: @isnaainaa

Masukan