9 Jawaban

askguru expert
PropertyGuru
Replied Agu 6, 2020
Halo, sobat rumah!

Umumnya agen properti formal atau broker biasanya akan memperoleh pembayaran komisi (marketing fee) antara 2% – 3,5% dari nilai transaksi, sesuai dengan target penjualan dan waktu yang disepakati. Makin tinggi nilai properti, biasanya makin rendah persentase komisinya.

Komisi mereka bisa mencapai 5% apabila jasanya digunakan mulai dari bantuan pemasaran, administrasi, sampai pada tahap akad kredit. Untuk persewaan (bukan jual beli), komisi agen properti juga bisa mencapai 5%.

Tak jarang pula, fee agen properti tradisional atau independen (calo) bergantung pada negosiasi dengan penjual atau pembeli. Terkadang mereka tidak meminta dalam bentuk persentase dari nilai transaksi, tetapi mematok nominal tertentu.

Contohnya, agen properti independen mematok jasa sebesar Rp10 juta pada harga sebuah rumah yang terjual antara Rp80 juta hingga Rp100 juta. Jika dipersentasekan, besarnya biaya jasa atau komisi agen tersebut antara 5% – 10% dari nilai jual.

Di sisi lain, para calo juga kerap menggunakan cara kedua untuk memperoleh fee yang dikenal dengan istilah “titip harga”. Artinya, mereka menaikkan harga properti yang ditawarkan oleh penjual. Hal ini dilakukan dengan tujuan menguji pasar. Jika dengan harga tersebut tak ada peminat, maka si calo akan menurunkannya.

Secara normatif, yang berhak memberikan komisi adalah penerima pembayaran atau penjual. Namun bisa juga ditanggung bersama antara penjual dan pembeli sesuai kesepakatan.

untuk lebih lanjut, bisa cek panduannya di sini:
https://www.rumah.com/panduan-properti/tips-aman-beli-rumah-lewat-agen-properti-19587

Semoga membantu!
Sindra Sari .
Sindra Sari .
Replied Mei 18, 2014
edithbaby000115@yahoo.com Melissa Davey
edithbaby000115@yahoo.com Melissa Davey
Replied Jan 3, 2017
I will need your help my friend,Mail me at (melissadavey2016@gmail.com)
I got your profile on and i saw you are a nice person and i will like to share something with you that will
benefit you and the orphanage in your country.
well i know you will thank me later but i wait for your reply.
Fifi Kwee
Fifi Kwee
Replied Mar 9, 2017
Pembagian komisi tergantung pembicaraan diawal dan level matketing untuk marketing pemula dan profesional sdh pasti beda
Fredy .
Fredy .
Replied Nov 20, 2017
Dede .
Dede .
Replied Sep 8, 2018
kalo marketing inhouse rata rata 1%
kalo marketing ga digaji 2.5 sd 3%
Dedi Aprianto
Dedi Aprianto
Replied Jan 9, 2019
Pada tanggal 3 Agustus 2017, Pemerintah Republik Indonesia telah mengundangkan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51/M-DAG/PER/7/2017 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti (“Permendag No. 51/2017”). Jasa jual beli properti meliputi menerima dan melaksanaan pekerjaan menjual dan/atau membeli properti sesuai dengan perjanjian tertulis dengan komisi minimal 2% dan maksimal 5% dari nilai transaksi. Jasa sewa-menyewa properti meliputi menerima dan melaksanaan pekerjaan untuk mencari penyewa atau menyewakan properti sesuai dengan perjanjian tertulis dengan komisi minimal 5% dan maksimal 8% dari nilai transaksi. Kami Siap Membantu memasarkan unit rumah Anda untuk Area Jaksel , Jaktim dan Area Bekasi. Silahkan WA ke 0812 1314 3168
Dorry .
Dorry .
Replied Feb 26, 2019
2% s/d 5% sesuai peraturan Deperindag no 51 th. 2017
Reni .
Reni .
Replied Feb 18, 2020
Bila jual 2-3 % dari harga transaksi
Bila sewa 5% dari harga transaksi